Pedoman Tekhnologi Formulasi Sediaan Berbasis Extrak PDF


Mutu obat tradisional sangat tergantung kepada mutu bahan baku yang digunakan dan cara membuatnya. Bahan baku obat tradisional dapat berupa simplisia atau ekstrak, namun ekstrak memiliki beberapa kelebihan antara lain lebih mudah distandardisasi sehingga lebih mudah menjamin konsistensi mutunya.

Dalam upaya meningkatkan mutu obat tradisional serta menjamin konsistensi mutu produk setelah dipasarkan, Pemerintah mendorong industri obat tradisional untuk menggunakan ekstrak sebagai bahan baku seraya diikuti dengan penerapan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB).

Untuk lebih memahami teknologi ekstraksi bahan baku tumbuhan obat dan teknologi pembuatan sediaan obat tradisional, Badan POM dengan dibantu oleh para pakar dari berbagai bidang keilmuan terkait, telah berhasil menyusun buku yang diberi judul “Pedoman Teknologi Formulasi Sediaan Berbasis Ekstrak”.

Buku ini berisi pedoman mengenai teknologi formulasi beberapa bentuk sediaan padat dari satu atau lebih jenis bahan baku yang sering digunakan untuk terapi pengobatan maupun pencegahan. Dengan Terbitnya buku ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat pada umumnya maupun kalangan industri obat tradisional pada khususnya.

Akhirnya saya mengucapkan selamat dan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan memberikan konstribusi sehingga Buku “Pedoman Teknologi Formulasi Sediaan Berbasis Ekstrak” ini dapat diterbitkan.

Jakarta, Januari 2012

Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Kompelemen Badan POM RI Drs. Ruslan Aspan, MM, Apt

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI