Ads 720 x 90

7 Prinsip Keyakinan Seorang Muslim Terhadap Sehat dan Sakit


Definisi Sehat

Definisi Sehat umumnya yang kita pahami adalah suatu kondisi tubuh dalam keadaan segar dan bugar, sedangkan sehat dalam defenisi dokter adalah ketika kinerja organ berfungsi normal, tetapi ternyata pengertiannya tidak demikian. Dikutip dari situs definisimu.blogspot.com Undang- Undang N0. 23 Tahun 1992 menyatakan bahwa sehat meliputi 4 aspek yaitu :
  1. Kesehatan Badan (Fisik)
  2. Kesehatan Sosial
  3. Kesehatan Mental / Rohani
  4. Kesehatan Ekonomi

Hal tersebut didasarkan pada batasan kesehatan menurut WHO, maka dengan 4 aspek di atas, definisi sehat tidak hanya diukur dari fisik saja, tetapi dapat di ukur dengan aspek-aspek lainnya.
"Orang yang memiliki fisik, mental, sosial dan ekonomi yang baik sehingga dapat hidup sejahtera dan produktif dapat dikatakan sebagai seseorang yang memiliki kondisi sehat."

Defini Sakit

Dikutip dari situs id.m.wikipedia.org tentang definisi sakit adalah suatu persepsi atau pandangan seseorang merasa kesehatannya terganggu, maka pada saat persepsi itulah seseorang dapat dikatakan sakit.

Sakit dan Penyakit Merupakan Hal Yang Berbeda

Jika sakit merupakan persepsi dimana kondisi kesehatan tubuh terganggu.
"Sakit dan penyakit itu berbeda. Seseorang dapat merasa dirinya sehat (tidak ada sakit ataupun penyakit), namun jika merasa tidak sehat, itulah sakit."

Dengan kutipkan kata diatas seseorang merasa fisiknya tidak sehat bisa terjangkit penyakit, tetapi jika merasa sepenuhnya sehat, mereka tidak sehat.

Definisi Penyakit adalah proses fisik dan patofisiologis (ilmu yang mempelajari gangguan fungsi organ, meliputi asal muasal penyakit, permulaan perjalanan penyakit dan akibatnya [dikutip dari situs www.academia.edu]) yang sedang berlangsung dan dapat menyebabkan keadaan tubuh atau pikiran menjadi tidak normal.

Sehat dan sakit adalah bagian dari persepsi kita sebagai manusia, persepsi merupakan bagian dari keyakinan, maka bagi seorang mu'min keyakinannya dapat mempengaruhi sehat dan sakit.

Prinsip-prinsip Keyakinan Seorang Mu'min terhadap Sehat dan Sakit.

Sebagai seorang muslim kita berkeyakinan pada prinsip bahwa sehat dan sakit adalah satu keadaan yang bernilai kebaikan kepada seseorang, siapapun dia. Prinsip-prinsip tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Kesehatan dan penyakit merupakan milik Allah SWT dan hal tersebut merupakan refleksi keimanan seseorang.
  2. Kesehatan merupakan nikmat yang harus dioptimalkan dalam keterkaitan pengabdian terbaik hanya untuk Allah SWT.
  3. Kesehatan merupakan pemberian mutlak Al Khaliq. Dan karenanya merupakan amanah yang harus dipelihara dengan ikhtiar memelihara kesehatan sebagaimana yang diajarkan Allah dan rasul-Nya.
  4. Sakit dan penyakit yang diderita seorang mukmin merupakan bagian dari sebuah perjalanan kehidupan dengan ujian sakit dan penyakit, seorang mukmin harus memiliki kesadaran spiritual, bahwa Allah telah mengingatkan akan sangat berharganya kesehatan.
  5. Dengan sakit dan penyakit dapat menempa kejiwaan yang pasrah dan sabar, dan merupakan rangkaian menuju anak tangga sebuah kesuksesan yang lebih besar
  6. Bahwa sakit dan penyakit merupakan methode terbaik Allah SWT dalam rangka menggugurkan dosa-dosa yang dilakukan para hamba-Nya dan sekaligus untuk menaikan derajatnya di hadapan Allah SWT.
  7. Bahwa Allah telah menurunkan pada seluruh penyakit terdapat obat-obat yang dapat menyembuhkan.

Sumber :

Telah hadir Apk Acupoint Azdah Petunjuk Praktis Akupunktur dengan kelebihan :

  • 361 Titik Akupunktur
  • List daftar titik yang informatif
  • Mudah digunakan
  • Apk Offline
  • Fitur Pencari

Unduh Sekarang!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI