Terapi Bekam untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi


Apa itu Kolesterol ?

Kolesterol adalah suatu zat lemak yang sangat diperlukan oleh tubuh yang diproduksi oleh hati yang beredar didalam darah.

Kolesterol sangatlah diperlukan oleh tubuh, karena kolesterol juga mempunyai andil dalam pembentukan dinding-dinding sel pada tubuh, sebagai pembentuk vitamin D (sangat berguna bagi kesehatan tulang), membantu proses pembentukan asam dan garam empedu dalam proses emulsi lemak didalam tubuh, merupakan sumber energi bagi tubuh dan merupakan bahan dasar dari pembentukan sebagian hormon didalam tubuh manusia.

Beberapa hormon seperti hormon progesteron, estrogen dan testosteron adalah contoh hormon yang terpenting pada manusia yang semuanya berasal dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol.

Hormon estrogen adalah hormon yang mempunyai kadar yang sangat banyak pada wanita, yang sangat besar pengaruhnya pada perkembangan ciri kelamin sekunder wanita seperti pada payudara, pengaturan siklus haid dan pembentukan sel-sel telur yang sehat. Kekurangan hormon ini mempunyai dampak menyebabkan gangguan reproduksi pada wanita. Sedangkan hormon lainnya seperti hormon progesteron sangatlah penting untuk mempertahankan kehamilan karenanya kekurangan pada hormon ini pada wanita hamil dapat meningkatkan resiko keguguran.

Sedangkan pada pria kekurangan testosteron berdampak pada turunnya fungsi seksual, produksi sperma yang rendah dan pembentukan otot yang tidak sempurna. Rendahnya kadar hormon ini pada pria juga berpengaruh pada kelelahan kronis (kelelahan yang berkelanjutan), gangguan ereksi dan bahkan dapat menimbulkan depresi.

Karena itulah kolesterol ini menjadi suatu zat yang sangat penting bagi tubuh manusia.
Akan tetapi bila kolesterol didalam darah terlalu berlebihan (Hiperkolesterolemia) maka dapat menimbulkan berbagai masalah didalam tubuh dan menjadi pemicu timbulnya beberapa penyakit antara lain penyakit darah tinggi, penyakit jantung, stroke, batu empedu dan gagal ginjal.

Faktor gaya hidup yang kurang sehat menjadikan kolesterol tinggi semakin banyak dijumpai didalam masyarakat mulai dari masyarakat kalangan atas sampai dengan masyarakat kalangan bawah pun dapat menderita penyakit kolesterol tinggi ini. Faktor makanan yang tidak dijaga kandungan nutrisinya, penambahan zat-zat kimia, serta konsumsi lemak berlebih menjadi pemicu utama fenomena ini.

Mengatur pola makan agar menjadi seimbang (pola makan yang sehat) merupakan faktor utama yang dapat merubah tingkat (kadar) kolesterol didalam darah, walaupun sebenarnya tidak semua kolesterol itu mempunyai dampak yang buruk terhadap diri manusia, hanya kolesterol yang termasuk didalam kategori kolesterol LDL sajalah yang mempunyai efek yang buruk sedangkan jenis kolesterol HDL malah merupakan jenis kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat didalam tubuh.
Batas normal ketinggian kolesterol adalah 160 – 200 mg/dL.

Kadar kolesterol tinggi dapat diturunkan dengan obat simvastatin, akan tetapi obat ini mempunyai efek samping yang dapat mempercepat timbulnya katarak pada mata bagi mereka yang sensitif pada obat ini, karena itu ada alternatif lain yaitu dengan memberikan atorvastatin yang mempunyai efek samping yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan simvastatin. Atorvastatin sekarang sudah ada generiknya.

Penderita kolesterol tinggi tidak akan merasakan gejala penyakit ini sama sekali. Biasanya mereka baru mengetahui bahwa mereka itu menderita kolesterol tinggi setelah dinyatakan menderita beberapa penyakit seperti yang telah disebutkan diatas.

Walaupun demikian sebagian orang akan merasakan sakit kepala dan pegal-pegal ditubuh sebagai gejala awal. Gejala ini muncul sebagai akibat kurangnya oksigen yang beredar didalam darah dan kadar kolesterol yang tinggilah yang menyebabkan aliran darah menjadi kental sehingga darah tidak dapat membawa oksigen secara maksimal.

Terapi Bekam untuk Kolesterol.

Solusi yang tepat untuk mengatasi “penyakit” kolesterol tinggi ini menurut kaidah Thibbun Nabawi tentunya adalah dengan mengamalkan bekam secara intensitas, bekam secara berkala yang dilakukan hanya oleh ahlinya.

Adapun titik-titik bekam pada “penyakit” kolesterol tinggi ini meliputi titik bekam sunnah dan titik bekam organ yang terkait dengan pembentukan sel-sel darah seperti organ hati dan limfa, ditambah dengan titik-titik beberapa organ dan titik-titik bekam bukan organ lain yang terkait, begitu pula dengan titik bekam meridian di sekujur tubuh tidak bisa diabaikan bagi yang menginginkan penyembuhan secara total.

Sedangkan untuk penjagaan kesehatan agar “penyakit” kolesterol tinggi ini tidak bertambah parah dan agar tidak menimbulkan penyakit lain seperti penyakit darah tinggi, jantung dan stroke maka bekam sunnah sudah mencukupi, tentu saja dengan intensitas rutin secara berkala (konsultasikan dengan terapis anda).

Disamping itu penderita “penyakit” kolesterol tinggi ini juga sangat dianjurkan untuk menggunakan sarana penyembuhan lain seperti yang telah diwasiatkan oleh Rasulullah saw seperti memperbanyak do’a dan bersedekah serta mengkonsumsi herbal.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI