Beranda
Analisa Diagnosa
Artikel Menarik
4 Bau Badan yang Menunjukan Kondisi Kesehatan Tubuh

Salam Terapi Jarum - Bau badan atau istilah kerennya adalah bromidrosis adalah bau yang diakibatkan karena berkembangnya bakteri pada tubuh. Berkembangnya bakteri bertambah dengan cepat dikarenakan keluarnya keringat, hal ini sering kita alami tentunya dan tidak jarang orang-orang mencari solusi untuk menghilangkan bau badannya.

Beberapa orang mencari alasan bagaimana menghilangkan bau badan, karena dirinya mencium bau badannya sendiri atau karena orang didekatnya berbicara bahwa badannya bau.

Alasan Kenapa bisa kita terkadang tidak dapat mencium bau badan sendiri tapi orang lain dapat menciumnya?

Dalam sebuah Jurnal Nature tahun 2014 menyebutkan bahwa indra penciuman manusia dapat mengenali 1 triliun jenis bau di dunia, tetapi ironisnya ketika reseptor bau dihidung lelah dalam mendeteksi bau badan diri sendiri membuat reseptor tersebut lelah sehingga pada akhirnya berhenti mendeteksi bau yang keluar pada badan kita. Untuk lebih jelas tentang hal ini anda bisa mengunjungi referensi dari tribunJogja.com disini.

Bau badan walaupun sering dialami setiap orang ternyata menyimpan informasi tentang kondisi kesehatan tubuh kita. Dalam ilmu pengobatan timur (kontemporer atau tradisional) juga pengobatan kedokteran modern memperhatikan hal ini.

Ada 4 Bau Badan yang diamati dalam pengobatan Timur ini yang saya dapatkan pada sumber buku Perubatan Jawi Teknik Diagnosis & Perawatan karya Tn. Haji Ismail bin Ahmad.

1. Bau Badan yang Kuat dan Menusuk Hidung

Kondisi seperti ini menandakan bahwa seseorang sedang sakit. Hal tersebut dapat terjadi karena tubuh sedadng bekerja untuk menyingkirkan racun atau partikel asing, baik itu bakteri ataupun virus dari dalam tubuh, sehingga salah satu reaksi dari metabolisme tersebut membuat bau badan yang kuat dan menusuk hidung.

2. Tubuh Berbau Bawang Putih

Hal ini disebabkan orang tersebut terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih walaupun tidak setiap orang memakan bawang putih akan bau badan, hal tergantung pada kelembapan tubuhnya secara menyeluruh. Jika kelembapan pada tubuhnya tidak terkendali dan ia memakan bawang putih maka bau badannya akan seperti bawang putih.

3. Kaki yang Berbau

Kaki yang berbau disebabkan karena banyak mengkonsumsi daging hewan

4. Organ Seks & Ketiak yang berbau.

bau yang timbul pada organ seks atau ketiak disebabkan karena banyak mengkonsumsi produk-produk keju dan susu

Penulis blog

Tidak ada komentar