10 Pengobatan Herbal Mengatasi Batu Ginjal


Penderita batu ginjal tidak memberikan gejala yang khas, bahkan pada beberapa penderita tidak menunjukan keluhan sama sekali atau sering disebut “Silent Stones” (batu gagu) sehingga mendadak harus dioprasi karena sudah besar, batu ini biasanya besar bulat dan licin sehingga tidak mengganggu aliran air seni hingga tidak terasa mengganggu pinggang.

Keluhan akan terasa ketika batu sudah mulai menyumbat, infeksi atau pendarahan. Gejala bisa berupa nyeri pinggang, kencing berdarah, rasa pegal dipinggang yang menjalar ke perut. Pada kondisi yang berat penderita akan merasakan nyeri yang sangat atau “kolik” sampai ke perut. Nyeri ini bisa timbul terus-menerus atau hilang timbul. Keluhan ini hamper mirip dengan kram otot perut, bedanya pada penderita kram otot perut penderita berusaha tenang dan tidak bergerak-gerak, tapi pada penderita batu ginjal penderita sangat kesakitan dan bergerak-gerak sambil memegangi daerah pinggang atau perut yang terasa sakit. Kadang juga disertai sesak nafas, badan berkeringat karena menahan sakit, bahkan sampai shock.

Kolik batu ginjal (terutama sebelah kanan) ini juga harus dibedakan dengan kolik karena radang usus buntu atau batu empedu, karena letaknya juga diselah kanan bawah dan atas.

Jenis Batu Ginjal :

Batu infektif (karena Infeksi) 

Terdiri dari kalsium-amonium-magnesium-fosfat dan batu ini mudah terbentuk dalam air seni yang bersifat Basa. Warna batunya kekuningan (krem) dan kadang diatas permukaanya ada bintik-bintik hitam oleh karena ada darah yang melekat disitu.

Batu Metabolit

  • Kalsium oksalat adalah jenis batu metabolit yang sering ditemukan, kira-kira 90 % dari jenis batu yang ditemukan. Penyebabnya adalah karena ekresi (pengeluaran) yang berlebihan dari makanan yang mengandung oksalat seperti the, coklat, jambu mede dll. Batu kalium oksalat bersifat keras, berwarna keabu-abuan, dengan permukaan tidak rata bahkan sering meruncing yang menyebabkan pendarahan. 
  • Asam urat, yang terbentuk akibat makan makanan yang mengandung asam urat secara berlebihan seperti jeroan, kacang-kacangan dll. Sifat batu ini keras dengan permukaan yang licin dan warnanya coklat keemasan. Batu asam urat ini satu-satunya yang bersifat Radio-opaque yang artinya dengan foto roentgen tidak akan terlihat, sehingga dalam pemeriksaan harus dibantu dengan pemeriksaan IVP (Intra Vena Pyelografi) dengan cara memasukan bahan “kontras” ke dalam pembuluh balik. 
  • Kalsium Fosfat, batu ini akan muncul pada penderita yang berbaring terlalu lama karena sakit, koma dll dan warna batunya putih lunak. 

Tata Laksana Terapi

  1. Dengan Refleksi 
  2. Akupunktur, akupresure, Apitherapi 
  3. Herba 

Resep I

Daun keji beling 1/2 genggam
Kunyit 3 ruas
Garam dapur 1 sendok teh
Air bersih secukupnya

Cara pembuatan :

Daun keji beling dan kunyit ditumbuk bersama-sama hingga lumat, rebus denmgan 1 ½ gelas air hingga tinggal 1 gelas, setelah itu tiriskan dan saring untuk memisahkan dengan ampasnya, masukkan gaan ke dalam air ramuan tadi kocek-kocek hingga terbentuk ramuan yang padu.

Aturan pakai :

Sipenderita diminta untuk meminum ramuan tadi secara teratur 2x ½ gelas per hari sampai gejala penyakit kencing batu hilang.

Resep II

Daun kumis kucing 1 genggam
Nanas 1 buah
Akar pohon aren 1 genggam
Daun meniran 1 genggam
Kunyit 2 ruas
Gula aren 1 bungkal
Air bersih 1 liter

Cara pembuatan :

Daun kumis kucing, akar pohon aren, saun meniran dan kunyit dicuci higga bersih. Nanas dikupas hingga tinggal daging buahnya saja. Semua bahan ditumbuk hingga lumat, setelah lumat direbus dengan 1 liter air bersih hingga tinggal ½ liter. Setelah itu tiriskan dan saring untuk diambil airnya.

Aturan pakai :

Sipenderita diminta untuk meminum ramuan di atas secara teratur 3x 1 gelas per hari sampai gejala kencing batu hilang atau sembuh.

Resep III

Bonggol jagung muda 6 buah
Lobak putih 1 kerat
Air bersih 1 liter

Cara pembuatan :

Bonggol jagung muda diparut hingga lumat , lobak putih ditumbuk bersama bonggol jagung muda hingga lumat, setelah itu rebus dengan 1 liter air hingga air tinggal setengahnya, angkat dan tiriskan, sambil menunggu dingin saring untuk diambil airnya.

Aturan pakai :

Sipenderita diminta untuk meminum ramuan di atas 3x 1 gelas per hari hingga gejala kencing batu hilang (biasanya berupa ketidak lancaran kencing).

Resep IV

Daun keji beling 1 genggam
Daun kumis kucing 1/2 genggam
Daun meniran 1 genggam
Gula batu secukupnya
Air bersih .secukupnya

Cara pembuatan :

Ketiga jenis daun diatas dicuci bersih, rebus dengan 1 liter air hingga rebusan tinggal setengahnya, setelah itu bubuhi dengan gula batu secukupnya. Lalu angkat dan tiriskan , sambil menunggu dingin saring untuk diambil airnya.

Aturan pakai :

Sipenderita diminta untuk minum air ramuan tadi secara teratur 3 X 1 cangkir per hari hingga gejala kencing batu hilang.

Resep V

Akar alang-alang 1 genggam
Akar pohon enau (akar aren) 1 genggam
Adas pulosari secukupnya
Air bersih secukupnya

Cara pembuatan :

Kedua jenis akar tadi dicuci bersih, set elah bersih direbus dengan 1 liter air, dibubuhi adas pulosari dan gula batu, dikocek-kocek hingga merata , setelah air tinggal setengahnya tiriskan dan saring untuk diambil airnya.

Aturan pakai :

Sipenderita diminta untuk minum air ramuan di atas secara teratur 3 X 1 gelas per hari sampai sembuh.

Resep VI

Daun ilalang 10 helai
Akar pohon enau (akar aren 1 genggam
Gula batu secukupnya
Air bersih secukupnya

Cara pembuatan :

Daun alang-alang dan akar pohon enau dicuci bersih, rebus dengan air 1 liter sambil dibubuhi gula batu, kocek-kocek hingga larut, angkat dan tiriskan bila airnya tinggal setengahnya, kemudian saring untuk diambil airnya.

Aturan pakai :

Sipenderita dimintak untuk minum ramuan di atas 3 x 1 cangkir per hari sampai penyakit kencing batunya sembuh.

Resep VII

Daun alpukat 1 genggam
Temulawak 1 ruas
Kunyit 1 ruas
Gula batu secukupnya
Air bersih secukupnya

Cara pembuatan :

Daun alpukat, temulawak dan kunyit dicuci bersih, setelah bersih tumbuk hingga lumat, setelah lumat rebus dengan air 1 gelas sambil dibubuhi gula batu hingga air rebusan tersisa setengahnya, saring untuk diambil airnya.

Aturan pakai :

Sipenderita diminta untuk meminum air ramuan diatas secara teratur 3 x 1 sloki per hari sampai penyakit kencing batu yang diderita sembuh .

Resep VIII

Daun tapak dara 1 genggam
Adas pulosari secukupnya
Gula batu secukupnya
Air bersih secukupnya

Cara pembuatan :

Daun tapak dara dicuci higga bersih, setelah bersih rebus dengan 1 liter air sambil dibubuhi adas pulosari dan gula batu secukupnya, serta dilakukan pengocekan selama perebusan, setelah air tinggal setengahnya angkat dan saring untuk diambil airnya.

Aturan pakai :

Sipenderita diminta meminum ramuan diatas secara teratur 3 X 1 cangkir per hari hingga penyakit kencing batu sembuh.

Resep IX

Kelapa muda yang masih ‘kemlamut’ 1 butir
Kuning telur ayam kampung 1 butir

Cara pembuatan :

Kelapa muda yang masih ‘kemlmut’ diambil daging dan airnya, kemudian daging kelapa muda dan airnya dibubuhi kuning telur ayam kampung, kocek-kocek hingga terbentuk ramuan yang padu.

Aturan pakai :

Sipenderita diminta untuk minum ramuan tadi secara teratur 2 X 1 resep per hari hingga kencing batu yang dideritanya sembuh.

Resep X

Akar bunga matahari 1 genggam
Batang bagian bawah bunga matahari 1 genggam
Gula batu secukupnya
Air bersih secukupnya

Cara pembuatan :

Akar dan batang bunga matari dicuci bersih, rebus dengan 2 liter air sambil dibubuhi gula batu secukupnya, dikocek-kocek hingga padu, seelah air rebusan tinggal setengahnya angkat, tiriskan dan saring untuk diambil airnya.

Aturan pakai :

Sipenderita diminta untuk minum secara teratur ramuan di atas 4 X 1 gelas per hari hingga penyakit kencing batu sembuh.



Related Posts

Subscribe Our Newsletter