Titik Akupunktur Masalah Jantung Arterioklorosis


1. Penyakit Jantung Arterioklorosis karena kurangnya Yang

Merupakan gejala tidak cukupnya koroner sehingga menghambat saluran darah dan mengurangi oksigen yang sampai pada jantung, biasanya terlihat pada asterioklorosis koroner. Alteri koroner adalah saluran utama yang mengirim darah ke jantung. Bila cadangan lemak dan kolesterol pada didingnya mengakibatkan penyempitan atau penggumpalan, aliran darah ke jantung terhalang dan terjadilah Angina pectoris.

Pengobatan Cina tradisional mengatakan bahwa angina pektoris sebagian besar akibat pembekuan aliran Qi Xue di jantung, yang berhubungan dengan kategoritalic (sakit dada karena gangguan sirkulasi).

Gejala : 

rasa sakit mendadak dan sesaat dibawah tulang dada dan sebelumnya jantung terasa sesak, kekurangan nafas atau bengkak di dada, seringkali merambat ke bagian lengan kiri atas leher dan bahu. Seringkali diakibatkan oleh rasa lelah, kekecewaan emosional, dingin berat atau terlalu kedinginan.

Tujuan terapi : 

Mengatur aliran Qi Jantung, memperlancar peredaran darah dan menghilangkan bekuan darah

Titik terapi : 

Neiguan (S.J 6)
Danzhong (Ren 17)
Xinshu (BL. 15)
Feishu (BL. 13)
Ximen (SJ. 4)

2. Penyakit Jantung Arteriklorosis akibat stagnasi darah Extravasated

Gejala utama :

Rasa sakit terutama pada dada, tidak dapat bernafas dengan lancar juga rasa flustered dan tidak bisa menenangkan syaraf dengan mudah.

Titik terapi :
Sama dengan titik diatas hanya saja ditambahkan titik Ginshu (BL.17)
Organ jantung merupakan organ vital disamping otak dan dapat menderita karena kelainan :
  • Fungsi Jantung itu sendiri 
  • Kelainan dalam organ yang lain,tetapi karena sangat erat fungsinya dengan jantung maka jantung ikut menderita seperti hubungan istimewa jantung dengan organ Ginjal, liver dan paru-paru. 
  • Kondisi tubuh yang sedemikian rupa sehingga mepersulitkan fungsi jantung, misalnya obesitas, malnutrisi, merokok, tidak olah raga, dan lain-lain. 
Khusus dalam akupunkture, karena jantung adalah “rumahnya Shen (Jiwa)”, maka apabila Shen terganggu maka jantung ikut terganggu fungsinya demikian sebaliknya.


Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI