Ads 720 x 90

Efek Samping Terapi Lintah yang Perlu Diketahui


Terapi lintah atau Hirudotherapy atau Leech Therapy adalah sebuah metode pengobatan menggunakan lintah (hirudo medicinalis) untuk tujuan Medis dan Kecantikan dengan cara membiarkan lintah mengambil darah pada titik titik tertentu.

Selain terapi ini memiliki segudang manfaat baik untuk masalah kesehatan ataupun untuk perawatan seperti kecantikan, ternyata ada beberapa efek samping dari terapi ini, diantaranya adanya rasa sakit atau nyeri, gatal dan keluarnya darah secara terus-menerus.

Rasa Sakit atau Nyeri akibat gigitan lintah berlangsung 1-5 menit awal ketika lintah mulai menggigit, setelah efek bius dari enzim lintah masuk ke peredaran darah rasa nyerinya akan hilang.

Kekurangan Darah.

Penerapan lintah pada pasien oleh Terapis yang bukan ahlinya dan penegakan diagnosa yang kurang tepat dapat menimbulkan efek kehilangan banyak darah pada pasien, hal ini dapat menimbulkan efek tidak sadarkan diri atau pingsan.

Pendarahan yang berlangsung setelah lintah terlepas kurang lebih 1 - 48 Jam, ini adalah hal wajar dikarenakan adanya efek enzim yang mengencerkan darah. Untuk penanganannya perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang dapat menambah cairan dan tidak usah hawatir karena ini adalah efek normal dari terapi lintah.

Sedangkan rasa gatal pada sekitar bekas luka gigitan lintah merupakan hal yang wajar terjadi, hal ini karena terjadi pelukaan pada permukaan kulit, rasa gatal yang terjadi biasanya karena pemulihan jaringan oleh tubuh yang muncul karena antibodi terhadap rangsangan hasil gigitan lintah. Untuk penanganannya bisa dioleskan minyak lintah atau lendir yang dihasilkan oleh lintah, lendir atau minyak lintah memiliki fungsi manfaat untuk kulit khususnya menghilangkan rasa gatal

Bekas Luka karena Gigitan Lintah

Gigitan Lintah akan menimbulkan bekas gigitan (luka parut) yang akan hilang tergantung dari bagaimana kondisi kulit dan tubuh pasien.

Alergi

Enzim yang disuntikan lintah kedalam tubuh bisa jadi dapat menimbulkan efek alergi pada tubuh, hal tersebut terjadi diakibat karena banyaknya toksid pada tubuh sehingga bereaksi menjadi gatal-gatal, walaupun jarang sekali bahkan tidak pernah hal ini terjadi. Mengkonsumsi obat penghilang rasa gatal diperbolehkan namun alangkah lebih baik dengan minum air kelapa hijau atau susu murni.

Telah hadir Apk Acupoint Azdah Petunjuk Praktis Akupunktur dengan kelebihan :

  • 361 Titik Akupunktur
  • List daftar titik yang informatif
  • Mudah digunakan
  • Apk Offline
  • Fitur Pencari

Unduh Sekarang!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI