Ads 720 x 90

3 Penyebab Vertigo Menurut Teori Akupunktur


Merupakan gejala yang sering menyertai gangguan alat keseimbangan dalam telinga tengah. Gejala yang timbul berupa pusing seolah bumi berputar yang pada kasus ringan dapat reda dengan memejamkan mata, tapi pada kasus yang berat selain seolah bumi berputar yang hebat sehingga sulit berdiri tegak, timbul juga rasa mual, muntah disertai keringat dingin.

1. Akibat Sindroma Gan Yang Shi Re (Api Hati yang membara)

Sifat Kayu (hati) mudah teragitasi emosinya sehingga mudah cemas, depresi dan marah yang akan merusak unsur Yin Hati sehingga Yang Hati menjadi ekses. Api Hati dalam kondisi tertentu akan menimbulkan angin yang mempunyai sifat bergerak dan naik ke atas kepala menyebabkan perasaan seolah bumi berputar.

Selain dari itu defisiensi pada Yin Ginjal akan menyebabkan kegagalan memberi Chi pada Hati (Air kering Pohon merana), kekurangan Chi Hati menyebabkan Yang Shi Hati yang kemudian menimbulakan angina yang naik ke kepala menimbulkan perasaan pusing tujuh keliling.

Kadang defisiensi Ginjal (bagian bawah) dan ekses Hati (bagian atas) timbul secara bersamaan.

Gejala utama : 

Pusing tujuh keliling yang meningkat bila marah, mudah tersinggung, muka merah, mata merah, telinga berdenging, rasa pahit dimulut, gangguan mimpi, lidah merah dengan selaput kuning dan nadi teraba tegang dan cepat.

Prinsip terapi :

Gunakan titik-titik pada meridian Hati dan Ginjal untuk meningkatkan unsur Yin dan menenagkan unsur Yang. Tonifikasi pada titik Shenshu dan Taixi untuk menambah unsur Air Ginjal dan sedasi titik Ganshu, Xingjian dan Fengchi untuk menenangkan Yang Hati.
Shen Shu (BL. 23 Titik Shu Ginjal)
Tai Xi (Ki. 3 Sungai Besar)
Gan Shu (BL. 18 Titik Shu Hati )
Xing Jian (Liv. 2 Diantara Dua Jalan)
Feng Chi ( GB. 20 Telaga Angin )

2. Qi Xue Xu (Kelemahan energi dan darah)

Jantung dan limpa dapat rusak akibat fungsi organya bekerja secara berlebihan, kurang istirahat atau kelemahan setelah sakit berat. Defisiensi Chi Limpa akan menyebabkan fungsi membentuk energi dan darah menjadi lemah akibatnya terjadi defisiensi Chi Xue dan defisiensi Chi Xue pada otak akan menyebabkan tujuh kelililng.

Gejala utama : 

Pusing tujuh keliling di ikuti dengan muka pucat, mudah lelah dan lesu, tidak nafsu makan apalagi setelah bekerja berat akibat defisiensi Chi, jantung berdebar-debar dan sulit tidur akibat defisiensi Xue, warna kulit tidak bercahaya, bibir dan kuku pucat serta rusak, lidah pucat dengan nadi lemah dan kecil, jika kondisi berat bisa terjadi hilang kesadaran.

Prinsip terapi :

Untuk menambah Chi Xue, gunakan titik-titik pada meridian Ren, Kantung Kemih dan Lambung dengan teknik tonifikasi bisa juga dengan moksa akan lebih baik. Moksa titik Baihui untuk menaikan Chi Xue ke kepala sehingga dapat meredakan pusing, Guanyuan untuk memperkuat Chi primer dan Pishu, Zuzanli dan Sanyinjiao untuk memperkuat limpa lambung membentuk Chi Xue.
Bai Hui ( GV. 20 Ratusan Ketangkasan )
Pi Shu (BL. 20 Titik Shu Limpa )
Guan Yuan ( CV. 4 Gerbang Utama )
Zu San Li ( St. 36 Tiga Mil atau Kaki)
San Yin Jiao ( Sp. 6 Titik Persimpangan Tiga Yin )

3. Stagnasi Reak lembab dari dalam

Akibat makan yang tidak teratur dan kerja terlampau keras yang akan mengganggu fungsi limpa lambung sehingga transportasi dan transformasi makan terganggu. Gangguan fungsi tersebut akan membentuk reak lembab yang akan mengganggu aliran Chi dan naik turunnya Yin dan Yang sehingga menimbulkan pusing tujuh keliling.

Gejala utama : 

Pusing tujuh keliling disertai rasa berat di kepala akibat gangguan Yang sejati oleh reak lembab, rasa tertekan di dada dan rasa mual akibat obstruksi daerah Zhong Jiao, reak berlebihan, tidak nafsu makan dan mengantuk akibat defisiensi yang Limpa, selaput lidah yang putih dan lengket serta nadi lembut dan bergelombang sebagai tanda meningkatnya reak lembab dalam tubuh.

Prinsip terapi :

Pilih titik Asosiasi/ Shu-belakang dan titik Waspada/ Alarm/Mu-depan dari limpa lambung untuk menghilangkan lendir dan menurunkan lembab. Titik Pishu dan Zhongwan untuk memperkuat limpa lambung sehingga dapat menurunkan riak lembab, Fenglong sebagai Luo meridian lambung untuk menurunkan Chi dan menghalau riak, Touwei sebagai titik simtomatik kasus pusing tujuh keliling, Neguan untuk merelaksasi dada, mengatur Chi serta menyelaraskan Chi lambung untuk membuang mual.
Pi Shu (BL. 20 Titik Shu Limpa )
Zhong wan ( CV. 12 Perut Bagian Tengah )
Feng Long (St. 40 Penuh)
Tou Wei ( St. 8 Ikat Kepala )
Ne Guan (Pc. 6 Gerbang Bagian Dalam)

Telah hadir Apk Acupoint Azdah Petunjuk Praktis Akupunktur dengan kelebihan :

  • 361 Titik Akupunktur
  • List daftar titik yang informatif
  • Mudah digunakan
  • Apk Offline
  • Fitur Pencari

Unduh Sekarang!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI