Kenali Sejak DINI dengan Mengamati Bentuk Pusar



Ada suatu cara untuk memeriksa tentang keadaan daerah pusat perut dan organ dalam cukup dengan memeriksa bentuk pusat perut atau pusar. Sebelum melakukan pemeriksaan selalu perhatikan bentuk dan letak pusat perut sebelum memulainya. Pusat perut serupa dengan terowongan dan terbagi atas tiga bagian lingkaran luar, dinding sisi dan bagian dasar.


Pusat perut hendaknya bulat ditengah dan simetris, hendaknya ketat dan bersifat pegas, tidak keras dan kaku, atau lunak dan lemah. Dinding sisinya harus simetris dengan bagian dasar atau lantainya berada di tengah lingkaran.

Pusat perut dapat tertarik ke satu arah atau lebih, dapat berbentuk tegak, mendatar, melintang, seperti tetesan air, terpendam, menonjol ke luar atau terpuntir searah atau berlawanan dengan putaran jarum jam.

Dengan beberapa latihan, kita dapat merasakan bahwa dengan membaca ke tiga bagian pusat perut, kita dapat menentukan tertarik dengan cara dan ke arah mana. Perubahan bentukpusat perut menunjukan arah dan letak kekakuan, daerah penumpukan dan penyumbatan. Kadang hal ini menunjukan organ atau sistem mana yang terlibat dan seberapa dalam.

Bebagai Bentuk Tarikan Pusat Perut

Bayangkan sebuah lingkaran dengan diameter dibagi menjadi 8 diletakan diatas pusar, kemudian perhatikan kerah mana puasar tertarik menurut ke delapan arah tadi. Perhatikan juga apakah tertarik ke satu arah atau lebih secara bersamaan, maka jika anda memahami organ mana yang berada pada tiap bagian garis yang ke delapan dan dikaitkan dengan perubahan tarikan pusat tubuh, biasa ditentukan kerah mana ketidakseimbangan tubuh terkena.

Penarikan dapat hanya mempengaruhi jaringan permukaaan atau system organ tertentu, tapi biasanya penarikan mempengaruhi bagian tengah tubuh baik dibagian permukaan atau lebih ke dalam lagi serta mempengaruhi lebih dari satu organ atau system. Ingatlah pula penarikan dapat mengubah bentuk bagian tengah tubuh dan sistem pertama yang terpengaruhi adalah system Qi Pusat perut, jika sistem Qi tidak berada di tengah maka tubuh fisik juga tidak berada di tengah hal ini akan menciptakan ketidakseimbangan emosi, system dan organ.

Pusat perut tertarik ke pinggang kiri

  1. Pusat perut yang tertarik ke arah kiri bawah dapat berhubungan dengan ketegangan bagian atas kanan yang mempengaruhi hati, kantung Empedu, jejunum (usus 12 jari) dan Ginjal kanan serta mengakibatkan nyeri jaringan syaraf pinggang atau tungkai kiri.
  2. Kalau indung telur kiri tertarik menjauhi bagian tengah, dapat mengakibatkan masalah haid. Rabalah dengan lembut ke sisi kiri indung telur dan rahim serta mencarin adanya ketegangan. Mungkin ada simpul kekacauaan dekat indung telur atau antara indung telur dan rahim.

Pusat perut tertarik ke bawah

  1. Kalau pusat perut tertarik ke bawah menuju bagian tengah kelamin, mungkin ada ketegangan pada jaringan syaraf di belakang perut (solar pleksus) dan dada atas. Tonjolan pusat perut dapat juga turut tertarik ke bawah.
  2. Hal ini dapat mengakibatkan disepsia dan nyeri yang kronis, dapat pula mengakibatkan tekanan pada usus, mungkin mengakibatkan masalah mental dan mimpi buruk. Usus halus adalah organ pasangan dari Jantung, maka masalah pencernaan apa saja dapat menyebabkan Jantung kepanasan.
  3. Tarikan dapat mempengaruhi sisi atas dan bawah sehingga dapat mengakibatkan nyeri bagian bawah. Ketegangan dapat menyebabkan usus terkunci.
  4. Wanita dapat merasakan masalah haid dan kesuburan jika liang rahum tertarik menjauhi bagian tengah.
  5. Pada pria dapat ditemui adanya kekacauan dekat tulang kemaluan atau bawah Kandung Kemih, dekat kelenjar prostate yang bisa mengakibatkan masalah prostate atau Kandung Kemih.

Pusat perut tertarik ke pinggang kanan

  1. Kalau pusat tertarik kearah bagian kanan bawah dari pinggul dan cenderung mengarah ke sisi kiri atas, maka kita bisa merasa tidak terpusat. Ini dapat mempengaruhi pancreas, Lambung, Limpa dan Ginjal kiri dan dapat menarik jaringan syaraf pinggang menjauhi bagian tengah sehingga menyebabkan nyeri tungkai kanan.
  2. Pada wanita, indung kanan yang tertarik ke satu sisi dapat mengakibatkan masalah haid. Perabaan lembut pada sisi kanan indung telur dan rahim dapat menunjukan adanya simpul kekacauan dekat indung telur atau di antara indung telur dan rahim.

Pusat perut tertarik ke sisi kanan

  1. Kalau pusat perut tertarik ke atas sisi kanan atas dari pinggul maka sisi usus halus akan terasa kencang dan nyeri, masalah disepanjang daerah ini dapat terjadi baik dibagian permukaan atau lebih dalam lagi dan hal ini akan mempengaruhi fungsi usus dan Ginjal kiri atau kanan.
  2. Tarikan ke sisi kanan dapat mengakibatkan kekejangan pada sisi kanan atas dan mempengaruhi hati serta kantung Empedu. Ini akan menyebabkan kekejangan pada tungkai dan pinggang kiri serta mempengaruhi bagian akhir Usus Besar.

Pusat perut tertarik ke sisi kiri atas

  1. Pusat perut yang tertarik ke sisi kiri atas dapat mengakibatkan kekejangan pada sisi kanan bawah, menarik jaringan syaraf pinggang menjauhi bagian tengah dan menyebabkan nyeri di kanan. Ada kemungkinan timbulnya masalah pada pancreas, Lambung, Limpa dan Ginjal kiri.
  2. Pada wanita masalah haid bisa terjadi
  3. Tarikan ini menunjukan masalah pada katup antara Usus Besar dan halus (katup ileocecal) dan proses pencernaan.

Pusat perut tertarik ke sisi kiri

Kalau pusat perut tertarik ke sisi kiri pinggul, sisi kanan usus dapat terasa kencang dan nyeri, hal ini dapat menyebabkan masalah pada garis tengah baik berada di permukaan atau lebih dalam lagi dan Ginjal jugabisa terpengaruh.





Pusat perut tertarik ke sisi kanan atas


  1. Pusat perut yang tertarik ke sisi kanan atas dapat menyebabkan kekejangan di sisi kiri bawah, menarik pleksusu pinggang menjauhi bagian tengah dan menyebabkan nyeri pada tungkai kiri, ini bisa menghasilkan masalah pada hati, kantung Empedu dan Ginjal kanan.
  2. Pada wanita masalah haid bisa terjadi
  3. Tarikan ini menunjukan adanya masalah pada bagian akhir Usus Besar dan proses pencernaan.


Pusat perut tertarik ke atas

  1. Pusat perut yang tertarik ke atas dapat menarik tonjolan pusat ke atas pusar yang seharusnya berada di bawahnya. Hal ini dapat menyebabkan pencernaan yang buruk, sembelit, sifat asam, penyakit Jantung dan gangguan kepribadian.
  2. Pada wanita, ini akan menarik liang rahim menjauhi bagian tengah dan mengakibatkan masalah haid.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter