St 25. Tianshu / Tien Su (Tiang Pintu Gerbang Surga)

Lokasi

Pada Garis Lateral Perut Ii, Setinggi Umbillicus atau 1 Cun diatas pusar lalu geser 2 Cun atau 1 Cun di bawah titik Taiyi / Tay I (St 23)

Sifat

Meregulasi Usus, meregulasi Lambung dan Limpa, menggerakan Qi dan melancarkan Xue, mengeliminasi lembab, mengeliminasi panas di Lambung dan Usus

Khasiat

Penyakit-penyakit Lambung, kolitis (radang Usus Besar), beri-beri, muntah-muntah dan edema, perut atas, kurang nafsu makan, kaki dingin, tekanan darah rendah.

Jarum

Jarum 1-1,5 Cun, tegak lurus sedalam 0,7-1 Cun

Teknik

Menusuk-nusuk, menekan ringan dan memijat

Moksa

kerucut 5 – 15 buah, batang 5 – 20 menit – untuk appendicitisacuta ditusuk jarum hasilnya lebih baik, untuk appendicitischronics di moksa hasilnya lebih baik (harap dibedakan dengan enteritis/radang Usus) untuk gangguan kewanitaan ditusuk jarum hasilnya lebih baik
Catatan
ST-25 dapat digunakan untuk mengatasi sindrom ekses pada organ Lambung, dengan rasa sakit dan distensi yang mengarah ke perut. Juga dapat digunakan untuk menghentikan diare yang diakibatkan defisiensi Limpa.

Ketika distimulasi dengan menggunakan moksa, maka ST-25 dapat mentonifikasi dan menghangatkan Limpa dan Usus dan merupakan titik spesial untuk diare kronis yang berasal dari sindrom Yang-Limpa defisien. Pada kasus ini, ST-25 dikombinasikan dengan CV-06 dan ST-37. Salah satu karakteristik penting dari titik ini adalah dapat mempengaruhi uterus dan proses menstruasi, maka itu titik ini dapat digunakan untuk mengatasi sakit ketika menstruasi dengan cara menggerakan Qi dan Xue, dan juga ST-25 dapat mengeliminasi lembab di Usus serta edema, maka itu ST-25 dapat mengobati diare yang berasal dari sindrom lembab disamping defisiensi Limpa.

Istimewa

titik Mu Usus Besar


Lihat Gambar

 

Related Posts

Subscribe Our Newsletter