Acupoints

Sp 6. Sanyinjiao / San Yin Ciao (Titik Persimpangan Tiga Yin)

Azdah Blogger Azdah Blogger
Januari 04, 2019
0 Komentar
Beranda
Acupoints
Sp 6. Sanyinjiao / San Yin Ciao (Titik Persimpangan Tiga Yin)

Lokasi

3 Cun ditas Malleolus Internus/ Medialis atau 3 cun ke atas dari air mata kaki bagian dalam

Sifat

Menggiatkan aktifitas Limpa, membantu pencernaan, melancarkan sumbatan-sumbatan Tripemanas bawah, mengatur hormon perempuan dan laki-laki, menyembuhkan rematik, mengeruk energi vital dan melancarkan darah, menutrisi Xue dan Yin

Khasiat

Menormalkan fungsi Limpa Lambung, gangguan pencernaan, Usus bunyi, perut kembung, diare, haid tidak teratur, keputihan, kesukaran melahirkan, pendarahan terus, rahim turun, nyeri pada penis, ngompol, nyeri rematik tungkai bawah, ejakulasi dini, beser mani, radang testis, susah buang air kecil, susah tidur, diabetes, haid sakit, haid terlambat, kesulitan melahirkan, keputihan, pendarahan, pembengkakan, sakit perut, lemah lesu, kencing manis.

Jarum

Tegak lurus sedalam 0,5 – 0,9 cun

Teknik

Menusuk-nusuk, pijatan dengan penguatan dan jarang dengan pelemahan, dilarang bagi wanita hamil !!! Rangsangan Bu-tonifikasi dapat memperpendek masa partus atau menjadi lebih cepat melahirkan dan rangsangan Xue (sedasi) merupakan Kontra Indikasi atau larangan bagi wanita hamil muda.

Moksa

Kerucut 5 – 10 buah, batang 5 menit

Catatan
SP-06 digunakan untuk mentonifikasi Limpa pada semua sindrom defisiensi Limpa dengan manifestasi tidak nafsu makan, diare dan tubuh merasa lelah-lemah. Seringkali juga dikombinasikan dengan ST-36 Zusanli untuk memperkuat Qi pada Jiao tengah serta cukup efektif untuk mentonifikasi qi dan Xue dalam mengatasi lelah kronis. Disamping tonifikasi Qi, SP-06 merupakan salah satu titik utama untuk mengeliminasi lembab, baik lembab-panas maupun lembab dingin terutama pada jiao bawah. SP-06 juga memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap Xue, dimana SP-06 dapat menutrisi Xue dan Yin serta seringkali digunakan pada kasus Xue-Xu ataupun Yin-Xu, dan biasanya dikombinasikan dengan ST 36 Zusanli.

Istimewa

Titik pertemuan tiga meredian Yin kaki (Limpa, Ginjal dan Liver)
Lihat Gambar


Penulis blog

Tidak ada komentar