Acupoints

LI 4. Hegu/Heku/Hequ/He Kuk (Kumpulan Lembah)

Azdah Blogger Azdah Blogger
Januari 04, 2019
0 Komentar
Beranda
Acupoints
LI 4. Hegu/Heku/Hequ/He Kuk (Kumpulan Lembah)

Lokasi :

Pertengahan Sisi Radial Os Metacarpal Ii Pada Dorsum Manus. Pada tempat yang paling tinggi jika ibu jari dan jari telunjuk dirapatkan.

Sifat : 

Mengeluarkan panas luar, mengusir angin, membersihkan Qi Paru-Paru, melancarkan Qi Usus Besar dan Lambung

Khasiat : 

Sakit kepala depan dan samping, sakit tenggorokan, mata merah bengkak, mimisan, sakit gigi, bengkak muka, lumpuh, bayi mencret, kaki tangan kejang, sakit panas tidak keluar keringat, haid tidak datang, kesulitan melahirkan, buang air besar susah, diare, batuk pilek, badan panas, demam, influensa, gatal-gatal, lumpuh separo badan, alergi.

Jarum : 

Tegak lurus sedalam 0.5-0.8 cun, pada perempuan hamil tidak boleh menggunakan metode Bu-tonifikasi, tetapi dengan metode Xu-sedasi

Teknik :

mencubit dengan kuku, memijat, mencubit, menggosok.

Moksa : 

Kerucut 3-5 buah, batang 3-7 menit.

Catatan : Ada istilah dalam Chinese Medicine, “Mian Kou Hegu Shou”, yang kurang lebih artinya “muka dan mulut dapat dicapai oleh hegu”. Hegu atau LI-04 merupakan suatu titik distal yang cukup penting untuk mengatasi permasalahan di muka dan di mulut seperti deviasi mata dan mulut akibat serangan patogen angin, lumpuh di wajah dan lainnya
Istimewa  : Hegu/Heku/Hequ/He Ku merupakan titik Yuan/Yen (titik sentral) dari Meridian Usus Besar.
Artinya, titik ini merupakan tempat organ Usus Besar terpancar ke sepanjang meridiannya. Jika ada  gangguan atau hambatan di Meridian Usus Besar, titik ini merupakan sentralnya.

Peringatan : Wanita hamil muda jangan ditekan, sekalipun tanpa Acupoint, bisa merangsang keguguran.

Lihat Gambar

Penulis blog

Tidak ada komentar