Ads 720 x 90

Asal Usul Akupresur Perawatan Kesehatan

Metode perawatan kesehatan di Tiongkok memiliki sejarah yang sangat panjang. Sejak lebih dari dua ribu tahun silam, dalam kitab Huang Di Nei Jing (Kitab Kaisar Kuning) sudah tercantum: 
Huangdi bertanya: orang jaman dahulu, rata-rata usia seratus tahun dan masih kuat; orang jaman sekarang, usia setengah abad sudah pada lemah, mengapa berbeda? 
Dijawab oleh Qibo: orang jaman dulu, mengerti jalannya [Dao], berpedoan pada Yin-Yang, dengan perhitungan, minum makan terukur, bangun istirahat teratur, tidak bekerja berlebihan, maka fisik dan mental lengkap, dapat hidup sesuai kodrat, usia lewat seratus tahun baru meninggal. 

Sedangkan orang jaman sekarang tidak demikian, minum arak bagai sup, hidup tidak teratur, mabuk masuk kamar, Jing [sarinya] habis terpakai, energi normalnya terkuras… maka setengah abad sudah payah.” Oleh karena itu, bagaimana supaya sehat dan panjang umur, kuncinya pada apakah mengerti dan melaksanakan jalan perawatan perlindungan kesehatan. Bab pertama Kitab Kaisar Kuning “Shang Gu Tian Zhen Lun <上古天真论>” terutama memaparkan tentang metode perawatan kesehatan dan pencegahan penyakit. Bab berikutnya, “Si Ji Tiao Shen Da Lun” lebih lanjut memaparkan: “orang luhur tidak terapi sesudah sakit tetapi sebelum sakit, tidak terapi sesudah kacau tapi sebelum kacau. Jika sudah sakit lalu diberikan obat, sudah kacau lalu ditertibkan, ibarat sudah haus baru menggali sumur, sudah perang baru membuat tombak, sudah terlambat!” 

Dalam kitab dinasti HanHuai Nan Zi.bab16” 《淮南子·卷十六》 tertulis:
“terapis yang baik, biasanya menterapi penyakit yang tanpa penyakit, maka tanpa penyakit; orang luhur sering menangani masalah tanpa masalah, maka tanpa masalah.” 
Zhang Zhong Jing juga menjuluki “terapi sebelum sakit” sebagai “terapis kelas atas”, dengan demikian jelas pentingnya upaya pencegahan penyakit. Perbaiki atap sebelum hujan, lebih utamakan preventif daripada kuratif, tidak hanya pada upaya melakukan berbagai cara pencegahan aktif sebelum timbul penyakit (sebelum sakit cegah dulu), tapi juga pada berbagai upaya mencegah penyakit yang sudah timbul tidak berkembang, berubah atau kambuh (sesudah sakit cegah berubah).

Perawatan kesehatan, dikenal dengan sebutan lain seperti perawatan kehidupan, perlindungan kehidupan, perlindungan kesehatan, dll. Istilah perawatan kesehatan (Yang Sheng) ditemukan dalam bab “Zhuang Zi” 《庄子》. Yang dimaksud adalah perawatan, perlindungan terhadap kehidupan, kesehatan, memperkuat kehidupan, mencegah penyakit, berupaya menuju kondisi sehat dan panjang umur.

Dalam ilmu kesehatan tradisional Tiongkok (TCM), perawatan kesehatan mencakup perawatan dengan diet, obat, akupunktur dan moksibusi, olah-napas (qigong), wushu dan berbagai seni perawatan lainnya. Perawatan kesehatan dan pemeliharaan kesehatan pada dasarnya memiliki makna yang selaras.

Akupresur (disebut juga Anmo atau Tuina) perawatan kesehatan merupakan salah satu metode tradisional Tiongkok yang bertujuan utama merawat kehidupan memperpanjang usia, mencegah penyakit melindungi kesehatan.

Ia meliputi berbagai jenis metode akupresur perawatan dan perlindungan kesehatan, seperti akupresur perawatan kesehatan mandiri, akupresur perawatan kesehatan pasif, akupresur perawatan kesehatan seluruh tubuh, akupresur perawatan kesehatan daerah kaki, akupresur mengurangi kegemukan, akupresur mandi dan lainnya.

Pemanfaatan akupresur untuk mencegah dan terapi penyakit, menyehatkan fisik memperpanjang umur, memiliki riwayat sejak ribuan tahun silam di Tiongkok. Misalkan dalam Kitab Kaisar Kuning tertulis:
“Jangan lepaskan akupresur, jangan tinggalkan jarum, alirkan energi ke daerah defisiensi, energi mental segera pulih.” 

Itu menunjukkan di era Qin-Han akupresur sudah menjadi metode penting terapi dan perawatan kesehatan. Di era Jin, Ge Hong juga menyebutkan metode akupresur terapi energi, sayang kitab ini sudah lenyap. Dalam kitab “Yang Sheng Yan Ming Lu” karya Tao Hong Jing (陶弘景《养生延命录》)dari era dinasti Utara-Selatan terdapat bab khusus tentang akupresur terapi energi, terdapat catatan
“sehari-hari kedua tangan saling digosokkan sampai panas, panaskan mata 3 kali, lalu dengan jari memijat keempat sudut mata, membuat mata terang. … menggosok tangan sampai panas untuk meraba wajah, dari atas ke bawah, menghalau energi patogen membuat wajah cemerlang. Juga, menggosok tangan sampai panas, gosokkan ke tubuh, dari atas ke bawah, disebut mandi kering, membuat orang tahan terhadap cuaca angin dingin, nyeri kepala panas dingin, berbagai penyakit dilenyapkan.” 
Isi bab tersebut banyak dikutip dan dianjurkan berbagai kitab lainnya. Akupresur mandiri juga tercatat dalam kitab “Shang Qing Xiu Shen Yao Shi Jing” 《上清修身要事经》dan karya kaum Tao dinasti Selatan lainnya.

Di era dinasti Song, Chen Zhi dalam kitab “Yang Lao Feng Qin Shu” 《上清修身要事经》 menyebutkan, orang lanjut usia sering menggosok titik Yongquan di telapak kaki, membuat berjalan langkahnya ringan lincah, mental penuh semangat. Pakar kesehatan terkenal Sun Simiao sangat menganjurkan akupresur olah napas, dalam kitabnya “Bei Ji Qian Jin Yao Fang-Yang Xing” 《备急千金要方·养性》 menyebutkan,
“akupresur sehari tiga kali, setelah satu bulan berbagai penyakit lenyap, berjalan bagai kuda berlari, inilah cara merawat tubuh.” 
Ungkapan Sun ini merupakan rangkuman pengalaman perawatan kesehatan di era sebelumnya, ditambah pengalamannya sendiri, sangat berpengaruh bagi generasi selanjutnya.

Tampak jelas, bahwa akupresur perawatan kesehatan merupakan warisan pusaka ilmu kesehatan leluhur. Ia menggunakan teori ilmu kesehatan sebagai pedoman, memakai berbagai manipulasi atau alat bantu untuk merangsang bagian atau titik tertentu di tubuh, untuk meningkatkan atau memperbaiki fungsi faal tubuh, melenyapkan kelelahan dan mencegah serta terapi penyakit. Metode ini sederhana dan mudah dilakukan, ekonomis dan praktis, indikasinya luas, bebas dari rasa pahit obat, tanpa nyeri tusukan jarum, maka sangat disenangi dan diperhatikan orang. Menurut pendapat Badan Kesehatan Dunia (WHO),
“Akupresur akan berperanan sangat penting dalam perawatan kesehatan di abad ke-21.”
Tidak peduli di masa lalu masa kini ataupun masa depan, akupresur perawatan kesehatan akan memainkan peranan yang semakin penting dalam memperkuat fisik dan menyehatkan tubuh, memperpanjang usia dan aspek lainnya.

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Acupressure

Telah hadir Apk Acupoint Azdah Petunjuk Praktis Akupunktur dengan kelebihan :

  • 361 Titik Akupunktur
  • List daftar titik yang informatif
  • Mudah digunakan
  • Apk Offline
  • Fitur Pencari

Unduh Sekarang!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI