Diagnosis Sindrom 6 Meridian Pada Jalur Tranformasi Waigan


Dalam pemeriksaan penyakit, mula-mula membedakan penyakit menjadi Waigan (akibat patogen luar), atau neishang (akibat gangguan dari organ dalam). Gejala penyakit waigan umumnya dimulai dari luar (Biao) menuju ke dalam (Li). Perkembangan penyakit Waigan dari Biao ke Li menunjukkan pola dan ciri-ciri tertentu. Terapinya terfokus pada mengusir patogen. Sedangkan terapi penyakit Neishang terfokus pada menunjang Zhengqi.

Pakar TCM selanjutnya membagi penyakit waigan menjadi dua golongan yaitu Shanghan dan Wenbing. Formulasi diagnosis penyakit Shanghan berlandaskan pada diagnosis enam meridian. Sedangkan diagnosis Wenbing berlandaskan pada diagnosis Wei-Qi-Ying-Xue atau diagnosis Sanjiao.

Diagnosis enam meridian paling awal dikemukakan dalam kitab SHANGHANZABINGLUN karya ZHANG ZHONGJING (tahun 150-219). Kitab tersebut membahas secara terinci tentang diagnosis enam meridian. Berikut ini dikemukakan garis besarnya.

Diagnosis enam meridian membagi fase perkembangan penyakit waigan menjadi enam tahapan atau enam fase, masing-masing fase memiliki sindrom yang khas. Keenam fase itu adalah penyakit atau sindrom Tai Yang, Yangming, Shaoyang, Taiyin, Shaoyin dan Jueyin. Uraian diagnosis enam meridian sesungguhnya juga mengulas isi dari penyakit Zangfu dan 12 meridian, tetapi difokuskan hanya untuk penyakit waigan akibat patogen dingin (Hanxie).

Penyakit Shanghan dimulai sejak patogen angin dingin menyerang dari permukaan tubuh. Jika Zhengqi tidak berhasil mengatasi patogen tersebut, ia akan menelusuri meridian masuk ke organ dalam. Jadi prosesnya dari Biao menuju li, dengan manifestasi yang khas. Transformasi sindrom enam meridian itu sering kali terkait dengan kuat lemahnya Zhengqi, Xieqi, konsistensi tubuh dan terapi yang didapat.

Jalur Transformasi Penyakit Waigan Pada Umumnya

Taiyang (Meridian Usus Kecil, Kemih) -> Yangming (Meridian Usus Besar, Lambung) -> Shaoyang (Meridian Sanjiao, Empedu) -> Taiyin (Meridian Paru, Limpa) -> Shaoyin (Meridian Jantung, Ginjal) -> Jueyin (Meridian Perikardium, Hati).

Penyakit taiyang timbul pada fase awal patogen luar menyerang permukaan tubuh. Disebut juga sindrom Biao (Biaozheng).

Penyakit Yangming timbul saat patogen luar angin dingin bertransformasi menjadi patogen panas atau patogen kering, langsung menyerang organ Zangfu, mengenai area yang terkait meridian Yangming. Dapat juga disebabkan terapi yang kurang memadai sehingga Jinye terkuras lesu. Manifestasinya Yangqi masih kuat, tetapi Xieqi sangat berlebih sehingga reaksi sangat keras.

Penyakit Shaoyang timbul apabila sindrom Biao belum membaik, Xieqi mulai menyerang ke dalam, namun belum mencapai organ dalam hingga belum sampai taraf sindrom Yangming, fase peralihan ini termasuk sindrom Banbiao-Banli (separuh permukaan, separuh dalam).

Penyakit Taiyin lokasinya di dalam, manifestasinya berupa sindrom lembap dingin defisien (Xuhanshizheng). Patogen dari fase penyakit tiga-Yang masuk ke Jiao tenga, atau disebabkan oleh Yang Limpa-Lambung lemah.

Penyakit Shaoyin menunjukkan penyakit di Jantung-Ginjal, timbul Xuhan (dingin defisien) yang parah, kondisi tubuh mundur layu secara keseluruhan.

Penyakit Jueyin merupakan fase terakhir dari pertarungan Zhengqi dan Xieqi. ZHENGQI sudah layu, Yi-Yang kacau sekali. Sindrom yang tampak sangat kompleks.

Sindrom Taiyang

- Angin Luar atau Biao Lemah atau Zhongfeng-Biaoxu

Gejala : Sakit kepala, demam, berkeringat, tidakut angin, nadi mengambang lambat.

- Dingin Biao atau Biao kuat atau Shanghan-Biaoshi

Gejala : Tidakut dingin, demam, tidak berkeringat, sesak, kepala leher dan sekujur tubuh nyeri, nyeri persendian. Selaput lidah putih tipis, nadi mengambang tegang.

Sindrom Yangming

- Dalam panas dan kering atau Yangming Jingzheng

Gejala : Demam tinggi, berkeringat banyak, sangat haus, muka merah, gundah. Nadi besar, selaput lidah kuning kering.

- Panas ekses lambung usus atau Yangming-Fuzheng atau sindrom organ Fu Yangming

Gejala : Badan panas, gelombang panas sore hari, sembelit, perut penuh menolak ditekan, gelisah cemas, yang parah bicara kacau, kesadaran turun. Nadi tenggelam ekses bertenaga, selaput lidah kuning kering atau hitam hangus berduri.

Sindrom Shaoyang

- Setengah Biao, Setengah Li

Gejala : Mulut pahit tenggorok kering, pandangan kabur, dingin panas bergiliran, iga dada penuh, tidak nafsu makan, gundah, mual. Selaput lidah putih, nadi senar.

Sindrom Taiyin

- Limpa-lambung Xuhan (dingin defisien)

Gejala : Perut kembung penuh, kadang nyeri kadang tidak, suka hangat suka ditekan, diare, muntah, tidak nafsu makan. Lidah pucat selaput putih, nadi lambat atau perlahan lemah.

Sindrom Shaoyin

- Yangxu dingin dalam

Gejala : Takut dingin, mental layu, tangan-kaki sedingin es, diare, tinja berisi makanan tidak tercerna, mual, haus suka minum hangat, urin jernih panjang. Lidah pucat selaput putih, nadi tenggelam halus.

- Yinxu api membara

Gejala : Jantung gelisah, susah tidur, mulut tenggorok kering, urin kuning. Ujung lidah merah, kering kurang selaput, nadi tipis cepat.

Sindrom Jueyin

- Campuran Dingin Panas

Gejala : Haus tiada henti, dingin panas bercampur, dalam dada nyeri panas, lapar tidak ingin makan, apabila makan akan muntah, anggota badan sedingin es. Selaput lidah putih kotor, nadi senar cepat.

Secara keseluruhan, penyakit meridian Yang termasuk Biao, kebanyakan sindrom panas, ekses; penyakit meridian Yin termasuk Li, kebanyakan sindrom dingin, defisien. Oleh sebab itu dalam terapi penyakit tiga meridian Yang terutama dengan mengeliminasi Xieqi sedangkan terapi penyakit tiga meridian Yin terutama dengan mendukung membantu Zhengqi.

Sumber :
BUKU MATERI AJAR KOMPETENSI DASAR ILMU SINSHE/ TCM LEMBAGA SERTIFIKASI KOMPETENSI SINSHE INDONESIA, Sim Kei Ji, WILLIE JAPARIES

Gabung di Channel Telegram Terapi Jarum

JOIN Telegram
Kamu sedang belajar Akupunktur atau masih bingung titik apa yang harus di pilih ketika berhadapan dengan pasien? Tenang.... Cukup buka aplikasi Acupoint Azdah pilih bagian menu Utama, pilih Titik Kasus. Disana sudah ada titik akupunktur apa saja yang harus dipilih. Mudah bukan!
Coba Install Sekarang
null