Penanganan Buang Air Kecil pada Aspek Akupunktur


Buang air kecil pada malam hari diluar kesadaran yang dibarengi oleh mimpi-mimpi atau tidak dan dapat terjadi beberapa kali dalam semalam.

Ngompol masih dianggap wajar jika terjadi dintara anak-anak umur < 3tahun, tapi jika terjadi pada anak yang sudah menjelang awal balig (> 8 tahun) dianggap sebuah kelainan.


Penyebab

Dari aspek akupunkture ngompol diartikan sebagai adanya kelainan pada organ yang bertanggung jawab terhadap Sen (kejiwaan) yaitu Jantung dan Ginjal. Sedangkan dari teori Zang Fu, maka ngompol dianggap sebagai gagalnya fungsi organ yang bertanggung jawab terhadap pengaturan cairan, yaitu Ginjal dan Limpa.

Gejala tambahan berupa nafsu makan kurang, cepat letih, kulit pucat dan lain-lain.

Diagnosis; ngompol, Si, Han (Yin), di dalam organ Ginjal – Jantung yang disebabkan faktor PPD karena defisiensi organ Air (K. Kemih – Ginjal).

Titik terapi :

Titik utama adalah titik Mu dan Shu K. Kemih (CV. 3 dan Bl. 28), Ginjal (GB. 25 dan Bl. 23), Jantung (CV. 17 dan Bl. 15) dengan manipulasi tonifikasi, amat baik dibarengi moksibasi di bagian Xia Ciao.

Ginjal dan K. Kemih mempunyai hubungan luar dalam (sejodoh), pengambilan titik Mu dan Shu dimaksudkan untuk memperbaiki organ-organ tersebut. Sedangkan moksibasi pada Xia Ciao dimaksudkan untuk mengalirkan Qi ke dalam organ yang terdapat di dalamnya (K. Kemih danGinjal).

Titik-titik penunjangnya adalah Sp. 6 dan Liv. 1, disertai titik-titk lain tergantung pada gejala yang dominan, misalnya kurang nafsu makan dengan St. 36 dan Sp. 6, ngompol dengan mimpi-mimpi dengan Ht. 7.

Titik Sp. 6 dipilih karena merupakan titik pertemuan 3 meredian Yin kaki (Limpa-Ginjal-Liver), yaitu meredian yang bertanggung jawab akan kelancaran Qi di dalam apparatus urogenetalis. Moksibasi daerah Xia Ciao untuk merangsang perbaikan fungsi organ Ginjal, K. kemih dan CV serta meredian Chung.

Catatan :
Akupunkture merupakan terapi alternatif yang efektif untuk kasus ngompol, sebagai stimulan untuk syaraf yang mengontrol BAK. Ngompol yang disebabkan penyakit dalam misalnya malformasi alat kelamin, rakhitis asimtomatik, penyakit syaraf pusat, parasit dalam (endoparasit) dan lain-lain perawatanya harus didahului dengan upaya menghilangkan penyebab-penyebabnya dahulu.

Titik telinga dapat dijadikan alternatif, yaitu pilih 2 –3 titik sekali perawatan ( Ginjal, K. Kemih, Brain dan Subcortex) dengan jarum ditinggal 10 – 20 menit. Jarum impian dapat dipakai pula dan dapat ditanamkan selama 3 – 5 hari, asalkan pasien tidak alergi terhadap logam atau tidak ada infeksi lainya.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI