Pengertian dan Kaedah Iridologi Iris Mata


Sahabat Terapi Jarum Pengertian dan Kaedah Iridologi Iris Mata secara etimologi iridologi berasal dari kata ‘ iri’ yang berarti iris mata dan logos yang berarti ilmu. Jadi iridologi adalah ilmu yang mempelajari tentang iris mata. Adapun secara istilah iridologi adalah suatu kaedah (cara) menganalisa penyakit melalui perubahan warna, rupa, bentuk dan simbol-simbol yang terdapat pada iris mata. Iris mata manusia dapat menggambarkan sistem tubuh, kekuatan dan kelemahannya, tahap kesehatan ( levels of health ) dan perubahan yang terjadi dalam tubuh. Selain iris mata organ dalam sistem tubuh manusia juga digambarkan oleh usus. Kedua bagian tubuh manusia ini secara bersama-sama akan menggambarkan keseluruhan organ dalam sistem tubuh. Berikut ini adalah gambar tentang kedudukan organ dalam sistem tubuh yang digambarkan oleh iris mata dan usus. Melalui analisa pada iris mata di sebelah kiri dan kanan, maka kita mampu mengenali berbagai tanda yang mewakili bagian badan ( tubuh) tertentu. Dengan cara ini akan memudahkan para herbalis (perawat) membuat rumusan secara lengkap mengenai disease dan disorder pesakit (pasien) serta membuat sinergi penawar (obat) yang tepat.
"Mata adalah pelita tubuh.
Jika matamu baik,
teranglah seluruh tubuhmu..."
Seperti sidik jari, setiap orang memiliki peta mata yang berbeda satu sama lain. Peta mata adalah fakta yang dapat dibaca. Melalui iris, mata membentuk sebuah peta yang menggambarkan kondisi kesehatan tubuh.

Mata merupakan organ yang sangat berharga. Tanpa dia, kemampuan kita untuk mengenal dunia luar akan sangat terbatas. Mata memang suatu hasil rancangan yang unik sekali, kombinasi dari kamera otomatis 3 dimensi yang mampu mengatur sendiri (auto-focus), yang sanggup merekam gambar-gambar bergerak dengan sangat baik dan mengirimkan informasi tersebut ke otak kita, memungkinkan kita mengambil keputusan dengan cepat dan tepat sesuai dengan info yang diberikan oleh mata kita.

Namun kemampuan mata tidak terbatas hanya di situ saja. Selain sebagai jendela untuk melihat dunia luar, mata ternyata juga bisa digunakan untuk melihat "dunia dalam", yaitu tubuh kita. Apakah kita sedang mengalami gangguan kesehatan? Atau apakah kita memiliki bibit penyakit yang belum terasa sakitnya? Mata mampu memberitahukan hal-hal sedemikian!

Iridologi (Inggris: Iridology) adalah ilmu yang mempelajari pola dan susunan serat pada iris mata. Selama jangka waktu ratusan tahun, banyak ahli iridologi yang telah mempelajari pola-pola pada mata ini, dan menghubungkannya dengan problem-problem kesehatan tertentu, kekuatan dan kelemahan fisik seseorang, dan karakter kepribadiannya. Melalui pengamatan dan observasi secara empiris ini, mereka mendapati adanya pola-pola yang beraturan, yang mengindikasikan adanya kelemahan fisik dalam diri seseorang, karena orang-orang yang memiliki pola iris mata sama ternyata mengalami problem kesehatan yang sama. Observasi ini merupakan dasar dari Analisa Iridologi Konstitusional (Constitutional Iridology Analysis), dan kemudian hasilnya disusun dalam sebuah peta mata. 

Banyak ahli percaya bahwa mata adalah cermin dari segala sesuatu yang ada dan terjadi di dalam tubuh manusia. Kondisi yang sekarang dialami merupakan akumulasi dari sejumlah proses yang telah berlangsung beberapa waktu lamanya - yang seringkali tidak diketahui atau dirasakan gejalanya. Iridologi dapat digunakan agar kita dapat menyeimbangkan nutrisi dan gaya hidup kita, untuk mendapatkan kesehatan yang prima, baik secara fisik, mental maupun emosi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter