Ads 720 x 90

14 Manfaat Buah Pisang Si Buah Surga


Pisang merupakan buah yang sudah tidak asing kita lihat dan kita dengar, salah satu buah yang biasanya sering ada di tempat tinggal kita, tapi selain dari itu ternyata buah Pisang merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam Al Qur’an surah Al Waqi’ah ayat ke 29 dibawah ini :

وَطَلْحٍ مَنْضُودٍ

Artinya :
dan pohon Pisang yang bersusun-susun (buahnya). [Qs : Al-Wāqi`ah : 29]

Dalam suatu penelitian pada latihan berat selama bahwa dengan mengkonsumsi 2 buah Pisang saja dapat memberikan energi selama 90 menit untuk latihan berat tersebut. Hal ini dikarenakan kandungan zat pada buah Pisang selain buah ini memiliki serat, buah Pisang pun memiliki 3 jenis gula alami :
  1. Sukrosa 
  2. Fruktosa 
  3. Glukosa 

Sehingga dengan kandungan zat gula dan serat pada Pisang dapat memberikan manfaat pada pencernaan dan tubuh berupa supply energi yang alami dan menjaga tubuh agar tetap fit.

Selain dari manfaat Pisang sebagai supply energi, Pisang-pun memiliki manfaat lain yang dapat mencegah dan menangani beberapa penyakit diantaranya :

Depresi :

Depresi merupakan suatu gangguan mental dengan ciri-ciri suasana hati yang tertekan secara belebihan, sehingga mengakibatkan labilnya suatu emosional, hilangnya keinginan untuk beraktifitas, bahkan dikarenakan gangguan mental ini dapat membuat seseorang melakukan hal buruk dan bunuh diri.

Penelitian yang dilakukan oleh MIND terhadap penyakit Depresi, pada hasil survei tersebut dinyatakan bahwa banyak orang yang depresi merasa dirinya lebih baik setelah ia memakan buah Pisang. Hal tersebut dikarenakan pada kandungan piisang terdapat zat tryptophan, zat tersebut sejenis protein yang akan berubah menjadi serotonin, zat tersebut inilah yang membuat seseorang yang mengidap depresi menjadi lebih relax.

Diabetes :

Penyakit yang akrab dengan masalah pada gula darah ini, ternyata dapat di atasi dengan mengkonsumsi buah Pisang. Hal ini ternyata terdapat kandungan vitamin B6 dalam buah Pisang, vitamin B6 ini berfungsi untuk mengendalikan tingkat gula atau zat glukosa dalam darah dan akan dapat mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik.

Anemia :

Anemia adalah suatu penyakit dimana kondisi tubuh dalam kekurangan darah, penyakit anemia sering terjadi pada setiap umur dan lebih sering pada usia produktivitas antara 18 – 40 tahun ke atas, hal ini dipicu oleh berbagai penyebab, seperti sering begadang, terlalu over dalam beraktifitas, pola pikir yang berlebihan dll.

Buah Pisang ternyata dalam menangani permasalahan anemia, itu dikarenakan pada Pisang terdapat zat besi yang tinggi, sehingga buah Pisang dapat merangsang produktifitas hemoglobin pada tubuh.

Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi :

Penyakit darah tinggi pada zaman sekarang sering kita temui disemua lapisan masyarakat, penyakit yang sepele tetapi jangan dianggap remeh, karena boleh jadi masalah Darah Tinggi ini menandakan suatu penyakit yang lebih serius.

Buah Pisang yang unik ternyata dapat menangani masalah darah tinggi, pada Pisang terdapat banyak kalium namun rendah garam, sehingga Pisang jika dikonsumsi dapat menurunkan masalah darah tinggi.

Selain dari itu mohon di ingat bagi anda yang mengalami masalah darah tinggi untuk mengurangi konsumsi garam berlebihan dan lebih banyak minum air juga tentunya mengkonsumsi buah surga yang disebutkan dalam al qur’an seperti buah Pisang.

Menambah Kemampuan Otak :

Sebuah penelitian yang dilakukan kepada 200 siswa di Twickenham (Middlesex), ketika mengkonsumsi Pisang baik itu pada saat sarapan, waktu istirahat dan makan siang, ternyata setelah 200 siswa tersebut mengkonsumsi Pisang kemampuan otak mereka meningkat saat dilakukan beberapa tes, hal ini dikarena terdapat kandungan kalium yang tinggi pada buah Pisang. Jadi buah Pisang dapat membantu Kemampuan Otak anda dalam belajar suatu hal yang baru dan menyenangkan.

Sembelit :

Apakah anda sekarang sedang sembelit atau susah buang air besar ? Jika ada Pisang dirumah anda sekarang, itu solusinya makanlah buah Pisang. Dalam Pisang terkandung suatu zat bernama zat Fiber yang sangat banyak, zat tersebut berfungsi untuk mengembalikan fungsi pencernaan anda, Pisang akan membantu proses pencahar dalam pencernaan sehingga hal ini sangat cocok untuk anda yang mengalami masalah sembelit.

Obat Mabuk :

Apakah anda termasuk orang yang mabuk kendaraan baik darat, laut maupun udara ? Jangan lupa bawa Pisang dan madu ya...

Buatlah milkshake Pisang yang ditambah dengan madu sebagai pemanisnya. Manfaat ini dapat menenangkan perut anda ketika anda merasa mabuk kendaraan.

Mulas, Sakit Perut dan Luka Lambung :

Pisang memiliki efek antasida (suatu efek alkali yang dapat menetralkan asam lambung) pada tubuh, sehingga jika anda mengkonsumsi Pisang, maka dapat membantu permasalahan pada perut dan lambung anda.

Mual di Pagi Hari (Morning Sickness) :

Mengkonsumsi Pisang antara waktu makan dapat membantu menjaga kandungan gula darah dan menghindari mual dipagi hari.

Gigitan Nyamuk :

Selainnya dagingnya, ternyata kulit Pisang memiliki manfaat juga, diantaranya manfaat tersebut dapat mengatasi permasalah kulit seperti mengurangi pembengkakan dan iritasi pada kulit.

Syaraf :

Dalam Pisang terdapat Vitamin B yang sangat tinggi, hal ini bermanfaat untuk membantu menenangkan fungsi sistem saraf tubuh.

Bagi Para Perokok :

Buah Pisang mengandung Vitamin B6, B12 serta kalium dan magnesium, zat tersebut dapat membantu tubuh untuk efek penghentian nikotin.

Stress :

Kandungan Kalium dalam Pisang adalah mineral yang penting, hal ini akan membantu menormalkan detak Jantung, mensupply lebih banyak oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Pada saat stress, metabolisme tubuh akan meningkat, hal ini dapat mengurangi kadar kalium. Mengkonsumsi buah Pisang dapat memenuhi kebutuhan Kalium, sehingga dapat membantu anda untuk mengurangi dampak stress.

Stroke :

Menurut penelitian di The New England Journal of Medicine, makan Pisang sebagai bagian dari diet teratur dapat menurunkan resiko kematian karena stroke sebanyak 40% !

Demikian beberapa manfaat buah Pisang si Buah Surga, jika buah Pisang ini dibandingkan dengan Apel maka perbandingannya Pisang mengandung ;
  • Protein 4x lipat, 
  • Karbohidrat 2x lipat , 
  • Zat Fosfor 3x lipat, 
  • Vitamin A dan zat besi 5x lipat, 
  • Kandungan vitamin dan mineral lainnya 2x lipat. 
  • Pisang kaya kandungan kalium dan merupakan salah satu makanan dengan nilai terbaik, 

Hindari menyimpan Pisang di dalam Kulkas, hal ini dapat membuat proses pematangan Pisang menjadi lambat, selain dari itu kelembaban dan ruang gelap seperti kulkas akan dapat membusukkan Pisang.

Semoga bermanfaat.
Selamat menikmati buah Pisang si Buah Surga


Telah hadir Apk Acupoint Azdah Petunjuk Praktis Akupunktur dengan kelebihan :

  • 361 Titik Akupunktur
  • List daftar titik yang informatif
  • Mudah digunakan
  • Apk Offline
  • Fitur Pencari

Unduh Sekarang!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI