Beranda
Analisa Diagnosa
Artikel Menarik
3 Analisa Diagnostik SARIAWAN

Seriawan atau stomatitis aftosa (stomatitis aphtosa) adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi. (Sumber Wikipedia)
  1. Penyebab umum sariawan adalah sindrom panas, baik apakah panas yang berasal dari panas-ekses (Re-Shi) ataupun panas-defisien (Re-Xu). Jika berasal dari panas-ekses, maka sariawan lebih terasa sakit dan merah, sebaliknya jika berasal dari panas-defisien sariawan tidak terlalu sakit dan mengarah ke warna pucat.
  2. Dari letak timbulnya sariawan-pun dapat didiagnosis organ yang mengalami disharmoni. Jika terletak di gusi maka berasal dari sindrom panas organ Lambung atau Usus Besar, dimana jika terjadi pada gusi bagian atas arahnya ke organ Usus Besar dan jika terjadi pada gusi bagian bawah arahnya ke organ Lambung.
  3. Jika terjadi di lidah maka berkenaan dengan disharmoni meridian Jantung dan jika sariawan terjadi di pipi bagian dalam maka terjadi disharmoni di meridian Lambung.

Penulis blog

Tidak ada komentar