Sp 9. Yinlingquan / Yin Ling Cuen (Mata Air dan Bukit Yin)

Lokasi

Dibawah Condylus Medialis Tibiae Dalam Sebuah Lekukan yang Terletak Medial dari Origo m.Sartorius atau Dibawah ujung tulang kering bagian atassebelah dalam.

Sifat

Mengatur Limpa dan Ginjal, menghilangkan sumbatan karena lembab, mengusir penyakit angin dan dingin, mengatur aktifitas Kandung Kemih.

Khasiat

Tidak nafsu makan karena perut dingin, radang Usus, kencing tidak terkendali, kencing sedikit, radang sendi lutut rasa nyeri dari pinggang sampai lutut, mani terlepas, tidak bisa kencing sehabis operasi, edema.

Jarum

Tegak lurus sedalam 0,5 - 1 cun

Teknik

Mencubit dengan kuku, memijat

Moksa

Kerucut 3 buah, batang 3 –5 menit

Titik LU 05 & SP 09 memiliki pengaruh untuk mengharmonikan Qi berbalik dan menaikkan Qi. Titik ini dapat digunakan ketika terjadi disharmoni pada meridian Taiyin. Bersama itu penggunaan keduanya dapat mentransformasikan lembab dengan menstimulasi pergerakan dari Qi. Ketika pasangan titik ini diaplikasikan maka akan terjadi mekanisme pergerakan naik dan turun di dalam Paru serta menstimulasi pergerakan Qi-Limpa ke arah atas. Berkenaan dengan fungsi Qi-Limpa, kedua titik tersebut dapat dihubungkan dengan aksi herba seperti Fu Ling dan Zhu Ling.

Istimewa

titik He
Lihat Gambar


Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI