Ads 720 x 90

Karakteristik Akupresur Perawatan Kesehatan

Akupresur perawatan kesehatan adalah suatu metode fisiologis merawat kesehatan dengan teknik manipulasi yang sesuai pada permukaan tubuh kita. Teknik manipulasinya sangat bervariasi, gerakannya lembut ringan, aplikasinya fleksibel, praktis dikerjakan, lingkup pemanfaatannya luas, sesuai bagi pria wanita tua maupun muda, fisik kuat ataupun lemah, ada atau tanpa gejala penyakit, semuanya dapat dilakukan teknik manipulasi berbeda untuk perawatan kesehatannya.

Akupresur perawatan sangat memandang penting latihan “qi” atau energi. Misalkan latihan Zhan Zhuang Gong atau Yang Sheng Zhuang (站桩功/养生桩) dalam posisi berdiri diam, yang dikembangkan dari metode perawatan kesehatan dan “silat ilmu dalam” (内功拳) jaman kuno, badan dan keempat anggota badan dalam postur tertentu, seluruh atau bagian tertentu tubuh dalam kondisi olahraga statis berkelanjutan dengan tingkat ketegangan tertentu, perhatian terpusat, pikiran tenang, untuk membawa efek menyehatkan menguatkan fisik, mencegah dan terapi penyakit. 

Teknik Zhan Zhuang Gong dewasa ini adalah rangkuman oleh Wang Xiang Zhai (王芗斋), dipraktikkan untuk merawat dan menjaga kesehatan dan terapi tekanan darah tinggi, penyakit tukak, lemah saraf, penyakit menstruasi dan berbagai penyakit menahun lain. Ilmu pernapasan atau Tu Na Gong (吐纳功) adalah metode olah energi yang terutama melatih gerakan napas yang khusus. “Tu” berarti menghembuskan napas, “Na” berarti menarik napas, satu hembusan dan satu tarikan napas membentuk satu siklus napas, maka disebut juga sebagai latihan atur napas. Kalangan olah energi menganggap kitab “Lao Zi-Bab 29” (《老子·二十九章》) yang pertama kali menulis tentang Tu Na Gong. Rumus 6 kata (六字诀) atau rumus panjang umur 6 kata, rumus 6 kata panjang umur penghalau penyakit, dll adalah suatu metode latihan energi dengan cara pada waktu menghembuskan napas sambil melafalkan dalam hati kata “xu, he, hu, si, cui, xi”. Dipercaya bahwa setiap kata tersebut mewakili satu organ dalam, yaitu kata 
  • xu” mewakili Hati
  • he” mewakili Jantung
  • hu” mewakili Limpa
  • si” mewakili Paru-paru
  • cui" mewakili Ginjal
  • xi” mewakili Tripemanas

Manfaat dari Akupresur Perawatan Kesehatan Tampak Pada Berbagai Aspek:

  1. Mengatur fungsi saraf, memperbaiki tingkat rangsangan dan hambatan di lapisan permukaan otak, membebaskan ketegangan dan kelelahan otak, juga dapat menurunkan kepekaan lapisan permukaan otak terhadap nyeri, berefek menenangkan.
  2. Memperkuat daya tahan tubuh, memacu sirkulasi darah, mempercepat pengeluaran sampah metabolisme, memperbaiki pencernaan penyerapan gizi dan utilisasinya, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
  3. Memperbaiki sirkulasi darah, membuat kapiler darah di daerah yang diakupresur melebar, memacu penyerapan produk peradangan, meredakan bengkak radang, melenyapkan bengkak sembab dan bekuan darah setempat dll. Jika pada suatu penyakit terjadi kulit setempat putih pucat, layu kering, menyusut, mengendur, maka akupresur dapat memperbaiki peredaran darah setempat, memperkuat pasokan darah ke daerah sakit, membuatnya secara bertahap menjadi kemerahan, berkilau, padat penuh, kembali ke kondisi normal seharusnya.
  4. Meredakan otot keram, melenyapkan kelelahan, meningkatkan daya kerja otot dan daya tahan melawan penyakit, mengubah kondisi semi-sehat menjadi kondisi sehat.
Kesimpulannya, akupresur perawatan kesehatan sangat baik untuk melenyapkan fatig, membangkitkan semangat, memulihkan kekuatan fisik, mencegah penyakit, menghambat penuaan, terhadap kondisi semi-sehat (subklinis) dengan keluhan utama letih lelah khasiatnya cukup memuaskan.

Akupresur perawatan kesehatan tidak memiliki teknik khusus, teknik Tuina yang umum dapat digunakan untuk akupresur perawatan kesehatan. Teknik akupresur perawatan kesehatan pada umumnya sederhana dan mudah dikerjakan, dalam pengerjaannya menekankan pada kenyamanan, ritmisitas, terkoordinasi dan berkelanjutan, tenaga yang digunakan juga lebih ringan dibandingkan manipulasi terapeutik. Teknik manipulasi yang umum digunakan mencakup an, mo, cha, rou, na, pai, kou, wei, cuo, dou (按、摩、擦、揉、拿、拍、叩、熨、搓、抖等) dll. (penjelasannya dapat melihat buku “Akupresur Mandiri untuk Keluhan yang Umum”).

Akupresur perawatan kesehatan menekankan pada pencegahan, dianjurkan untuk melakukannya di setiap waktu dan tempat yang memungkinkan sesuai kegiatan masing-masing dan harus dilakukan secara rutin. Terutama harus mementingkan daerah kepala wajah, melalui akupresur mata, telinga, mulut, hidung, dapat memperkuat organ dalam, mengatur merawat esensi tubuh (Jing), energi (Qi), dan jiwa (Shen).

Dalam perkembangannya selama ribuan tahun, telah dihasilkan berbagai rangkaian gerakan senam, misalnya senam pernapasan Ba Duan Jing (八段锦) yang terdiri dari 8 segmen gerakan senam yang klasik dan anggun, pada mulanya dijumpai dalam kitab “Yi Jian Zhi” (《夷坚志》) dan “Dao SHu” (《道枢》). Selanjutnya telah dikembangkan berbagai pola variasinya yang unik. Postur tubuh melakukannya dibagi dua, yaitu duduk dan berdiri. Latihan dengan posisi duduk bersifat tenang lembut lambat, intensitas geraknya relatif kecil, sedangkan posisi berdiri bentangannya besar, intensitas geraknya relatif besar. Selain itu yang juga dapat dipraktikkan adalah “12 Duan Jing”, “Chen Zhen Ren Chuang Shang Gong Fa”, “Dao Ying Fa Xian Shu”, “Yan Nian Jiu Zhuan Fa” (十二段锦、陈真人床上功法、导引法仙术、延年九转法) dll. Di jaman Sui-Tang, pada waktu melakukan akupresur di permukaan tubuh sering kali dioleskan juga krem herbal, maka berkembanglah metode yang selain dapat mencegah lecetnya kulit, juga menggabungkan efek obat herbal dan teknik akupresur.

Pada waktu melakukan akupresur, selain pikiran harus terpusat, khususnya fisik dan mental harus rileks, memadukan gerak dan diam, memadukan akupresur titik tertentu dengan latihan fisik, ditambah senam kebugaran dll untuk memperkuat fisik, memperbaiki derajat kesehatan. 

Pada waktu akupresur, pemilihan titik harus tepat, tenaga harus pas. Tenaga terlalu kecil tidak membawa hasil, terlalu kuat mudah timbul fatig, mudah melukai kulit. Akupresur harus dilakukan bertahap, frekuensinya dari sedikit sampai banyak, tenaga dari ringan lalu bertahap bertambah berat, jumlah titik juga dapat ditambah secara bertahap sesuai kebutuhan. Durasi akupresur perawatan kesehatan setiap kali dianjurkan 20 menit, paling baik di pagi hari sebelum turun ranjang dan malam sebelum tidur masing-masing satu kali, yang penting harus ada keyakinan, kesabaran dan tekad. Untuk memperkuat efeknya, mencegah kulit terluka, pada waktu akupresur dapat memakai zat pelicin, seperti bedak, minyak esensial, krem urut, dll. Jika dijumpai kulit setempat luka, borok, patah tulang, tuberkulosis, tumor, berdarah dll. maka tidak boleh melakukan akupresur di situ. Pada waktu akupresur mandiri, tangan sedapat mungkin langsung menyentuh kulit. Sesudah akupresur jika badan berkeringat, harus menghindari angin agar tidak masuk angin atau flu. Selain itu, pada waktu kelaparan, terlalu kenyang, sehabis minum banyak bir atau terlalu lelah, tidak sesuai melakukan akupresur.

Akupresur perawatan kesehatan Tiongkok bersifat ekonomis dan praktis, tidak membutuhkan peralatan terapi khusus, dapat dilakukan kapan dan di mana saja, aman dan handal, mudah dipelajari dan dipergunakan, tanpa efek samping, sehingga sangat disukai masyarakat umum. Pada orang normal, akupresur perawatan kesehatan dapat memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit, berefek menjaga kesehatan. Bagi penderita dapat meredakan gejala lokal, mempercepat proses pulihnya fungsi, dilakukan secara rutin dapat membawa hasil yang sangat baik. Karena lingkup manfaat akupresur perawatan kesehatan sangat luas, efeknya menonjol, maka bukan hanya popular dan berkembang terus di Tiongkok, tapi juga menyebar ke luar negeri, menjadi perhatian masyarakat luas.

Kini di Tiongkok tidak hanya terdapat banyak sekali kaum tengah baya dan lanjut usia memakai akupresur perawatan kesehatan untuk memperkuat fisik ataupun terapi terhadap pinggang linu, nyeri punggung, flu, pencernaan terganggu, lemah saraf dan gejala penyakit lainnya. Tidak sedikit juga kaum muda dengan sering melakukan akupresur titik Tianfu, Jingming, Sibai, Taiyang dll. untuk mencegah dan terapi miop dan melenyapkan keletihan mata (disebut senam perawatan kesehatan mata). Di samping itu, sejumlah olahragawan menggunakan akupresur perawatan kesehatan sebagai kegiatan persiapan pra-tanding dan kegiatan pemulihan pasca tanding, untuk memperkuat fungsi jaringan organ tubuh, meningkatkan prestasi olahraga dan melenyapkan keletihan.

Dewasa ini, terdapat banyak aliran akupresur perawatan kesehatan, metodenya sangat bervariasi, tapi umumnya dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni akupresur seluruh tubuh dan akupresur setempat, posisi tubuhnya bebas, dapat duduk ataupun berbaring. Pada umumnya terdapat akupresur lengan, wajah kepala, telinga, dada perut, pinggang tungkai, gema gendang, mengetukkan gigi berkumur, menggosok pusat kaki, menotok titik (seleksi titik berdasarkan penyakit, jari sebagai pengganti jarum) dll. Meluasnya penggunaan berbagai metode akupresur perawatan kesehatan memberi andil positif bagi peningkatan konsistensi fisik, mencegah timbulnya penyakit bagi masyarakat luas.

Telah hadir Apk Acupoint Azdah Petunjuk Praktis Akupunktur dengan kelebihan :

  • 361 Titik Akupunktur
  • List daftar titik yang informatif
  • Mudah digunakan
  • Apk Offline
  • Fitur Pencari

Unduh Sekarang!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI