Cara Memperbaiki Error di Acupoint Azdah v.3.17


Pada tahun ke 4 ini yaitu tahun 2022 aplikasi Acupoint Azdah sudah mencapai pada versi 3.17 dimana pada versi ini cukup banyak perubahan diantaranya adalah penambahan titik Akupunktur Tung, beberapa perbaikan pada system paket, system migrasi paket, system login, system notifikasi dan system share titik.

Walaupun pada versi ini telah membawa banyak perbaikan tetapi ada error yang tak terduga muncul setelah versi ini dirilis ke Google Playstore, yaitu error yang mencakup pada menu Pencarian dan Akupunktur Tung.

Penyebab Error Acupoint Azdah

Error dilaporkan oleh salah satu user Acupoint Azdah yang telah lama menggunakan Acupoint Azdah sejak tahun 2020 dari versi 2.6.

Error ini muncul pada user premium atau user yang menggunakan Acupoint Azdah PRO & SPRO

Error muncul di menu Pencarian titik pada Acupoint Azdah v.3.17


Hasil dari penelusuran dari beberapa tes kondisi saat aplikasi Acupoint Azdah digunakan terdapat error database dengan nilai variabel nol sehingga menu Pecarian dan Akupunktur Tung tidak dapat dibuka.

Hal ini disebabkan karena sistem fitur share titik yang harus dapat mengakses ke penyimpanan internal sehingga dapat berjalan di system lingkungan Android 11.

Solusi

Dari penjelasan diatas solusi yang didapat adalah mengizinkan apk Acupoint Azdah untuk dapat mengakses penyimpanan internal walaupun notifikasi untuk akses izin ini bisa muncul di aplikasi Acupoint Azdah tetapi dibeberapa kondisi notifikasi tersebut tidak muncul sehingga mau tak mau harus dilakukan secara manual.

Solusi Cara Cepat

Tekan tahan pada icon Acupoint Azdah lalu pilih Info Apl

Pilih Perizinan Apl

Pilih File dan Media

Set ke opsi Izinkan


Dari Menu Pengaturan Android

Masuk menu Aplikasi atau Kelola Aplikasi lalu cari aplikasi Acupoint Azdah > Perizinan Apl > Pilih Media & File > lalu tekan izinkan

Jika Acupoint Azdah sudah dapat akses ke penyimpanan internal dan error masih tetap muncul silahkan bersihkan cache Acupoint Azdah atau lakukan penghapusan dan install kembali Acupoint Azdah nya lalu lakukan kembali cara diatas jika notifikasi izin akses penyimpanan tidak muncul di aplikasi Acupoint Azdah.

Note :

  • Pada beberapa merk handphone pengaturan untuk mengizinkan akses ke penyimpanan internal dapat berbeda-beda, jadi kawan-kawan dapat mencarinya di Google sesuai merk handphone yang sedang digunakan.
  • Jika masih belum teratasi silahkan kontak saya via wa disini

Pengemuman

Kabar kurang menyenangkan setelah diketahui adanya bug error diversi 3.17, saya langsung memperbaikinya di versi Acupoint Azdah 3.18 pada tanggal 6 Februari 2022 namun apalah daya ketika akan merilis versi baru lagi ke PlayStore, pihak google mempunyai aturan baru tentang hukum kebijakan privasi dan keamanan untuk publish aplikasi ke Playstore sehingga aplikasi Acupoint Azdah 3.18 tertahan 2x pada tanggal 7 dan 8 Februari 2022 tidak dapat di rilis ke Playstore walaupun Acupoint Azdah menyimpan data user untuk mengaktifkan paket PRO tetapi data tidak disebarkan, bahkan saya sendiri tidak mengetahui satu orangpun sandi user Acupoint Azdah.

Permasalah muncul karena salah satu source code pada Acupoint Azdah yang mengalami Zip Path Traversal Vulnerability.

Untuk masalah ini saya masih belum menemukan solusi bahkan dibeberapa forum yang saya ikuti belum ada secercah harapan, sehingga kemungkinan akan memakan waktu untuk Acupoint Azdah mendapatkan update terbaru lagi.

Akhir kata saya mengucapkan Terima Kasih telah menggunakan aplikasi Acupoint Azdah, saya harap aplikasi ini dapat bermanfaat bagi kawan-kawan.

Salam Sehat.



Gabung di Channel Telegram Terapi Jarum

JOIN Telegram
Kamu sedang belajar Akupunktur atau masih bingung titik apa yang harus di pilih ketika berhadapan dengan pasien? Tenang.... Cukup buka aplikasi Acupoint Azdah pilih bagian menu Utama, pilih Titik Kasus. Disana sudah ada titik akupunktur apa saja yang harus dipilih. Mudah bukan!
Coba Install Sekarang