Ads 720 x 90

7 Manfaat dari Meminum Air Nabidz Kurma (Kurma Infused Water)


Pernah dengar tentang Infused Water, pasti sebagian dari anda yang segala mengusahakan agar badan tetap sehat dan bugar pasti pernah mendengar tentang Infused Water.

Dikutip dari Hellosehat.com, Infused Water adalah Air Mineral atau air segar yang dicampurkan berbagai jenis buah-buahan, sayur-sayuran, herbal bahkan rempah-rempah selama 1-12 jam.

Saking nge-trend-nya Infused Water ini dikalangan masyarakat dengan manfaatnya yang luar biasa ternyata minuman Infused Water ini merupakan minuman kesukaan Baginda Nabi Muhammad Saw., Al Hulwa Al Barid atau minuman yang manis dan dingin, sebagaimana hadist berikut dari Aisyah Ra.,

كَانَ أَحَبُّ الشَّرَابِ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْحُلْوَ الْبَارِدَ

“Sesungguhnya minuman yang paling disukai oleh Rasulullah SAW adalah Al Hulwa Al Barid (minuman manis yang dingin).” (H.R. Tirmidzi)

Abu Abdillah Al Maqdisi menguraikan tentang air dingin yang dimaksud dengan menyebut hadis dari Jabir RA, bahwasannya Nabi Muhammad Saw., pernah masuk ke rumah seseorang dari kalangan Anshar bersama seorang sahabatnya. Lalu beliau Nabi Muhammad Saw., bersabda kepadanya, “Jika kamu punya air yang malam ini menginap di dalam sebuah gentong, (maka berikanlah kepada kami). Jika tidak, maka kami akan minum langsung dari telaga dengan mulut tanpa wadah.” (H.R. Bukhari)

Dari kutipan diatas adalah bahwa Nabi Muhammad Saw., menyukai air minum yang didiamkan dan didinginkan semalaman oleh hawa udara atau suhu alam disekitarnya atau yang disebut dalam kitab At-Tabikh karya Ibnu Sayyar dengan ma’ mubarad bil hawa.’

Air Dingin yang dijadikan sebagai bahan baku utama dalam pembuatan air Nabidz atau naqi' yang kita kenal sekarang sebagai Infused Water.

Bagaimana Cara Membuat Air Nabidz Kurma atau Kurma Infused Water

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tentang pembuatan Infused Water, air Nabidz pun dibuat dengan cara merendamkan kurma kering atau yang biasa disebut Tamr kedalam air yang masak dan segar selama 12 jam bahkan bisa sampai 3 hari dengan kondisi air rendaman tertutup rapat. Jika lebih dari 3 hari maka Air rendaman tersebut haram untuk di minum karena sudah berubah menjadi khamr.

Berapa Jumlah Kurma Kering (Tamr) yang Harus Direndam dalam Membuat Air Nabidz

Untuk membuat Air Nabidz Kurma dibutuhkan  kurma kering (Tamr) secukupnya saja tapi disini ditekankan dengan jumlah ganjil yaitu 3, 5, 7 dst. Untuk volume air rendamannya dilakukan secukupnya sehingga kurma dapat terendam sempurna.
Lalu adakah manfaat air Nabidz ini? Tentu ada, berikut 7 Manfaat Luar Biasa Air Nabidz Kurma (Kurma Infused Water)
  1. Pemberi & pemulih tenaga (inilah sebab mengapa kita di sunahkan untuk memakan buah pada saat berbuka puasa).
  2. Tinggi kandungan fiber yang dapat menghilangkan kolestrol jahat yang terkumpul di dalam tubuh. Hal ini sangat baik untuk menghilangkan sembelit.
  3. Pemberi zat besi yang sangat bagus dan lengkap dengan 15 mineral dalam kurma yang dapat memberikan nutrisi baik dan meningkatkan probiotik yaitu bakteri baik dalam tubuh
  4. Kaya akan pottassium yang penting dalam menjaga jantung dan menyetabilkan tekanan darah.
  5. Beberapa ibu menyusui membuktikan bahwa air Nabidz membuat ASI mereka melimpah ruah.
  6. Bagi ibu hamil muda yang susah makan karena mual atau yang baru sembuh dari sakit, konsumsi air Nabidz menjaga nutrisi tetap masuk ke tubuh karena bentuknya cair dan mudah dikonsumsi.
  7. Aman bagi penderita Diabetes, karena gula yang ada pada kurma merupakan gula yang berbeda selain dari itu kurma memiliki serat larut yang tinggi.

Sumber :
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/4-manfaat-minum-infused-water/
https://m.eramuslim.com/konsultasi/thibbun-nabawi/sirup-kesukaan-rasulullah-saw.htm
https://web.facebook.com/komunitasmuslimahkreatif/posts/1067845563236317:0?_rdc=1&_rdr
http://aceh.tribunnews.com/amp/2018/05/20/ini-yang-akan-terjadi-pada-tubuh-jika-rutin-makan-3-kurma-sehari-selama-berpuasa

Telah hadir Apk Acupoint Azdah Petunjuk Praktis Akupunktur dengan kelebihan :

  • 361 Titik Akupunktur
  • List daftar titik yang informatif
  • Mudah digunakan
  • Apk Offline
  • Fitur Pencari

Unduh Sekarang!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI