Sifat Enam Faktor Iklim Dalam Menyebabkan Penyakit


Penyebab penyakit oleh enam faktor iklim biasanya terkait dengan perubahan kondisi hidup musiman. Enam faktor iklim dapat secara tunggal atau secara kolektif menyerang seseorang misalnya, angin patogenik dapat bergabung dengan dingin, lembab, kekeringan dan panas untuk menyerang orang dan menyebabkan sindrom angin dingin, sindrom kelembapan angin, sindrom angin kering dan sindrom angin-panas.

Sifat penyakit yang disebabkan oleh enam faktor iklim mungkin sama atau berbeda dari enam faktor iklim. misalnya invasi dingin patogenik dapat berubah secara internal bertransformasi menjadi panas dan begitu juga akumulasi kelembaban patogen.

Kadang-kadang sifat dari penyakit yang disebabkan oleh berbagai faktor patogen mungkin bervariasi karena perbedaan dalam konstitusi, yang disebut "transformasi sekunder". Misalnya, kelimpahan Yang atau defisiensi YIN dapat berubah menjadi panas setelah invasi faktor patogen dari luar ; kelimpahan YIN atau defisiensi YANG sering dapat berubah menjadi dingin setelah invasi faktor patogen eksogen; kelimpahan kelembaban atau defisiensi limpa yang sering dapat menyebabkan transformasi kelembaban, dll.

Keenam faktor iklim biasanya menyerang orang-orang dari kulit ke otot atau dari mulut dan hidung ke paru-paru dan Wei Qi/Qi pertahanan. Itulah sebabnya sindrom eksternal cenderung muncul pada tahap awal penyakit yang disebabkan oleh enam faktor iklim dan secara bertahap masuk ke internal.

Selain itu, secara klinis ada beberapa penyakit karena disfungsi visera yang muncul mirip dengan perubahan patologis yang disebabkan oleh patogen angin, patogen dingin, patogen kelembaban, kekeringan patogen dan panas patogen (api), yang dikenal sebagai "lima faktor patogen endogen", seperti sebagai endogen angin, endogen dingin, lembab endogen, kering endogen dan panas (api) endogen sebagai contoh, serangan oleh angin patogen eksogen dapat menggerakkan angin patogen endogen dan kelembaban patogen eksogen dapat menginduksi kelembaban patogen endogen.

ANGIN

Angin adalah faktor iklim utama di musim semi. Itu sebabnya angin cenderung menyebabkan penyakit di musim semi.

Namun di musim lain angin juga bisa menyebabkan penyakit. Angin dicirikan oleh fitur-fitur berikut:

1. ANGIN CENDERUNG MENGAMBANG

Angin adalah faktor patogenik dari sifat YANG, yang dicirikan oleh mengambang dan menyebar karena ringan. Itulah sebabnya angin menyerang bagian atas (kepala dan wajah) dan kulit ketika menyerang tubuh. Jadi penyakit yang disebabkan oleh angin terutama melibatkan permukaan tubuh, kepala dan wajah dengan manifestasi dari sakit kepala, hidung meler, berkeringat dan tidak menyukai dingin, dll.

2. ANGIN CENDERUNG BERGERAK

Angin adalah mobile/selalu bergerak dan penyakit yang disebabkan oleh angin juga bergerak (seperti rasa sakit berpindah anggota badan dalam sindrom angin bi), tremor anggota badan (seperti kejang, kejang karena beberapa faktor patogen khusus angin) dan pusing (seperti perasaan subjektif gemetar atau pingsan atau seperti terasa duduk di perahu atau mobil). Pusing biasanya disebabkan oleh disfungsi visera yang rumit oleh angin hati. Angin patogen eksogen sering merupakan faktor yang menginduksi angin endogen

3. ANGIN CENDERUNG BERUBAH

Jadi penyakit yang disebabkan oleh angin sering ditandai dengan serangan tiba-tiba, transmisi dan perubahan segera serta penyembuhan cepat.

4. ANGIN CENDERUNG MENJADI RUMIT OLEH FAKTOR-FAKTOR PATOGEN LAINNYA

Karena lebih mudah bagi angin untuk menyerang tubuh, faktor lain dalam enam faktor eksogen sering menempelkan diri ke angin ketika mereka menyerang tubuh, sering mengarah ke sindrom angin dingin eksogen, sindrom angin-panas eksogen, sindrom kelembaban-angin eksogen dan sindrom angin kering eksogen.

Itulah mengapa TCM berpendapat bahwa "angin adalah penyebab utama semua penyakit".

DINGIN

Dingin adalah faktor iklim yang dominan di musim dingin. Jadi penyakit dingin, meskipun mungkin terjadi di musim lain, biasanya muncul di musim dingin. Invasi dingin ke dalam tubuh biasanya karena cuaca dingin dan kurangnya langkah-langkah pengontrolan dingin.

Kadang-kadang terjadi karena basah kuyup, berjalan di air dan paparan angin saat berkeringat.

Invasi angin bersifat superfisial/di permukaan tubuh atau internal.

Yang pertama mengacu pada sindrom dingin eksternal yang disebabkan oleh dingin menyerang permukaan tubuh dan stagnan qi defensif/Wei Qi sementara yang terakhirmengacu pada serangan langsung internal tubuh dan merusak yang-qi organ.

SIFAT DINGIN PATOGEN DAN KARAKTERISTIKNYA DALAM MENYEBABKAN PENYAKIT.

1. DINGIN CENDERUNG MERUSAK YANG

Dingin berkaitan dengan YIN dan cenderung merusak Yang.

Ketika dingin menyerang permukaan tubuh, maka akan merusak Yang di superficial/permukaan tubuh ketika menyerang bagian dalam tubuh, maka akan merusak Yang Organ.

Jika yang-qi terganggu dan tidak dapat menghangatkan dan tidak dapat mentransformasi qi, maka akan mengarah ke sindrom dingin karena penurunan fungsional.

Jika dingin merusak superficies/permukaan tubuh, maka qi defensif/Wei Qi akan stagnan, menyebabkan keengganan terhadap dingin dan anhidrosis/tidak berkeringat;

Jika dingin langsung menyerang limpa dan perut, limpa-yang akan Lambung, maka menyebabkan rasa dingin di lambung dan perut, muntah dan diare;

Jika dingin langsung menyerang shaoyin, maka akan merusak Yang jantung dan Yang ginjal, menyebabkan keengganan/tidak suka dingin, berbaring dengan lutut ditekuk, putus asa, tangan dan kaki dingin, diare dengan makanan yang tidak tercerna, urin banyak dan bening, dan nadi lambat.

2. DINGIN CENDERUNG MEMBEKUKAN

Qi, darah dan cairan tubuh mengalir terus menerus di dalam tubuh karena mereka terus-menerus dipanaskan dan didorong oleh yang-qi.

Jika patogen dingin menghalangi yang-qi, maka qi, darah dan cairan tubuh tidak dapat mengalir dengan bebas dan akan mengental di dalam pembuluh, maka timbullah rasa sakit.

Jika dingin menyerang organ dalam, qi organ dan darah akan stagnan, menyebabkan sakit perut;

jika dingin menyerang otot dan persendian, maka qi dan darah di otot dan persendian akan menggumpal, mengakibatkan nyeri pada otot dan persendian.

3. DINGIN CENDERUNG MENIMBULKAN KONTRAKSI

Dingin berkaitan dengan YIN dan cenderung menahan aktivitas qi, yang menyebabkan kontraktur/mengkerutnya otot, tendon dan pembuluh darah.

Jika serangan dingin superficies/permukaan, maka qi otot akan stagnan, otot akan berkontraksi dan qi defensif/Wei Qi tidak dapat menyebar, menyebabkan keengganan terhadap dingin, anhidrosis/tidak berkeringat;

jika dingin menyerang anggota tubuh dan persendian, tendon dan pembuluh darah akan menjadi berkontraksi/mengkerut, menimbulkan rasa nyeri, sakit kepala dan spasme/kejang/kaku anggota badan.

PANAS MUSIM PANAS

Musim panas berubah dari panas dan api di musim panas.

Musim panas berhubungan dengan Yang dan biasanya muncul setelah titik balik matahari musim panas dan sebelum titik balik matahari musim gugur.

Serangan oleh musim panas adalah karena cuaca panas atau karena kemampuan beradaptasi yang rendah terhadap lingkungan.

SIFAT PANAS PATOGEN DAN KARAKTERISTIKNYA DALAM MENYEBABKAN PENYAKIT.

1. PANAS MUSIM PANAS BERSIFAT PANAS, MERUSAK YIN

Panas musim panas berhubungan dengan Yang dan panas di alam. Jadi penyakit yang disebabkan oleh musim panas biasanya ditandai oleh serangkaian gejala seperti demam tinggi, gelisah, kulit kemerahan, haus dengan keinginan untuk minum dingin dan nadi besar dan penuh.

2. PANAS MUSIM PANAS CENDERUNG MENYEBARKAN

Panas musim panas berkaitan dengan Yang dan cenderung menyebarkan dan naik ke atas.

Panas musim panas mengganggu pikiran ketika naik ke atas, menyebabkan gelisah dan pusing atau bahkan koma mendadak dan tidak sadarkan diri dalam kasus-kasus berat.

Panas musim panas meningkatkan pengeluaran keringat dan mengkonsumsi cairan tubuh ketika menyebar, menyebabkan rasa haus dengan keinginan untuk minum dan air kemih sedikit dan berwarna kemerahan.

Jika ada banyak berkeringat, qi akan ikut lepas/keluar, akhirnya menimbulkan napas pendek dan kelesuan karena kekurangan Qi.

3. PANAS MUSIM PANAS SERING BERGABUNG DENGAN LEMBAB

Di musim panas, kondisi panas memicu timbulnya kelembaban.

Itulah mengapa kelembaban sangat subur di musim panas dan sering bergabung dengan panas untuk menyerang.

Jadi penyakit yang disebabkan oleh panas-lembab seringnya berupa demam dan rasa haus yang ekstrim, ditandai dengan kelelahan/kelemahan dari empat anggota badan, rasa tertekan di dada, muntah dan buang air besar encer, dll.

KELEMBABAN

Kelembaban dominan pada akhir musim panas tetapi juga dapat ditemui di musim lainnya.

Karena panas di akhir musim panas, kelembaban merembes ke mana-mana dan sering menyebabkan penyakit.

Terkadang memakai baju basah atau hidup di daerah lembab juga menyebabkan penyakit lembab.

SIFAT DAN KARAKTERISTIK KELEMBABAN DALAM MENYEBABKAN PENYAKIT:

1. KELEMBABAN BERSIFAT BERAT DAN KERUH

Kelembaban berkaitan dengan Yin, jadi berat. Serangan oleh kelembapan akan menyebabkan gejala seperti badan atau empat anggota badan terasa berat, kepala seperti terikat, atau rasa berat dan kelesuan seluruh tubuh.

Kelembaban mirip dengan air dan sering bercampur dengan air. Itu sebabnya keruh.

Invasi kelembapan ke dalam tubuh sering membawa pada gejala-gejala sekresi dan ekskresi keruh, kulit kotor, sekresi berlebihan seperti permen karet di mata, feses encer, disentri mukosa dan berdarah, urin keruh, leukorrhea/keputihan dan eczema.

2. KELEMBABAN CENDERUNG MEMBLOKIR QI

Kelembaban bergerak lambat karena berat.

Jadi cenderung untuk menahan organ dan meridian, menghambat aliran qi dan mengganggu aktivitas qi, sering menyebabkan rasa tertekan di dada dan rasa penuh, sedikit buang air kecil dan buang air kecil yang tidak lancar dan menghambat buang air besar.

Di sisi lain, kelembaban berhubungan dengan YIN dan cenderung merusak Yang-qi.

Jadi penyumbatan qi yang berkepanjangan oleh kelembaban akan mencegah yang-qi mengalir, sering menyebabkan kelembaban berlebihan dan penurunan dari Yang.

Karena kelembaban berhubungan dengan tanah dalam lima unsur dan terkait dengan limpa, maka cenderung merusak limpa, mengakibatkan pembebanan limpa oleh kelembaban dan stagnasi qi di Jiao tengah.

Jika kelembaban merusak Yang, maka akan menonaktifkan Yang limpa dan selanjutnya mengumpulkan air dan kelembaban, menyebabkan diare, urin sedikit, edema, dan asites/perut besar berisi air.

3. KELEMBABAN BERSIFAT LENGKET DAN STAGNAN

Karakteristik kelembaban ini biasanya mempengaruhi orang dalam dua cara.

Salah satunya adalah penyakit yang disebabkan oleh kelembaban sifatnya lambat. Misalnya, secreta dan ekskreta terlalu lengket untuk diekskresikan.

Yang kedua adalah bahwa penyakit yang disebabkan oleh kelembaban adalah keras kepala dan berulang dengan durasi yang lama/kumat2an, seperti sindrom bi lembab (sindrom penyumbatan lembab), eksim dan sindrom lembab-panas

4. KELEMBABAN MIRIP AIR, CENDERUNG TURUN dan MENYERANG LOKASI YIN

Kelembaban mirip dengan air dan karakteristiknya turun dan cenderung menyerang bagian bawah tubuh. Misalnya, edema yang disebabkan oleh kelembaban biasanya terlihat di kaki;

keputihan, urin keruh, diare, disentri, dan pembusukan kaki biasanya disebabkan oleh turunnya kelembapan.

KEKERINGAN

Kekeringan dominan di musim gugur. Jadi penyakit yang disebabkan oleh kekeringan sebagian besar muncul di musim gugur.

Pada akhir musim panas, kelembapan meresap. Tapi di musim gugur, kelembaban menghilang dan cuacanya menjadi dingin dan kering.

Kekeringan dapat dibagi menjadi hangat-kering dan dingin-kering karena perbedaan cuaca. Penyakit yang terjadi pada tahap awal musim gugur adalah jenis kekeringan hangat karena masih ada beberapa musim panas yang tersisa; penyakit yang terjadi pada tahap akhir musim gugur adalah sejenis sindrom kekeringan-dingin karena cuaca sudah dingin di akhir musim gugur.

SIFAT DAN KARAKTERISTIK KEKERINGAN DALAM MENYEBABKAN PENYAKIT:

1. KARAKTERISTIK KEKERINGAN YANG KERING DAN BERKERUT DAN CENDERUNG MERUSAK CAIRAN

Ketika menyerang tubuh, kekeringan paling cenderung merusak cairan, sehingga berbagai gejala seperti kulit kering kasar, mulut kering, hidung dan tenggorokan atau bahkan bab kering, rambut tidak bercahaya, feses kering dan urin sedikit dan sebagainya.

2. KEKERINGAN CENDERUNG MELUKAI PARU-PARU

Sebagai organ dalam yang lunak, paru-paru mengatur qi dan respirasi.

Paru-paru membuka ke hidung dan secara eksternal terhubung dengan kulit dan rambut. Paru-paru menyukai kemurnian dan lembab dan menolak kekeringan.

Patogen kekeringan sering menyerang tubuh manusia melalui mulut dan hidung dan menyerang paru-paru, menyebabkan batuk kering, lendir yang sedikit atau lengket, rasa sakit terengah-engah di dada; ketika merusak pembuluh paru-paru, maka muncul sputum/dahak berdarah.

Paru-paru dan usus besar berada dalam hubungan eksterior dan interior, sehingga kegagalan qi paru-paru untuk menyebarkan dan turun dan habisnya cairan tubuh akan mengakibatkan kurang bisa melembabkan usus besar dan disfungsi transportasi, dimanifestasikan sebagai feses kering.

PANAS (API)

Panas (api) adalah faktor iklim utama di musim panas. Jadi penyakit karena panas patogen (api) biasanya terjadi di musim panas. Namun itu juga bisa ditemui di musim lain.

Karena ada dua cara untuk menggambarkan urutan faktor patogen di Huangdi Neijing , yaitu "angin, dingin, panas musim panas, kelembaban, kekeringan dan panas api", jadi "api" dan "panas sering disebutkan dalam napas yang sama.

Jika kita membuat perbandingan antara api dan panas, kita dapat mengatakan bahwa panas adalah manifestasi dari api dan api adalah sifat dari panas.
Keduanya , pada tingkat tertentu, berbeda satu sama lain tetapi secara intrinsik terkait satu sama lain.

SIFAT DAN KARAKTERISTIK PANAS (API) DALAM MENYEBABKAN PENYAKIT:

1. PANAS (API) CENDERUNG MENYALA

Panas (api) berhubungan dengan Yang dan cenderung menyala. Jadi penyakit yang disebabkan oleh panas patogen (api) ditandai dengan demam tinggi, tidak suka panas, haus ekstrim, berkeringat dan nadi penuh.

Ketika panas patogenik (api) menyerang tubuh, maka dapat mengganggu pikiran, yang mengarah ke gelisah, insomnia/sulit tidur, mania, koma dan delirium, dll.

Karena panas patogenik bertanggung jawab untuk iritabilitas/mudah tersinggung dan gerakan cepat, penyakit yang disebabkan oleh itu ditandai oleh perkembangan penyakit akut dan cepat.

Delirium adalah gangguan mental serius yang menyebabkan penderita mengalami kebingungan parah dan berkurangnya kesadaran terhadap lingkungan sekitar.

2. PANAS (API) CENDERUNG MENGKONSUMSI QI DAN MERUSAK CAIRAN TUBUH

Panas (api) berhubungan dengan Yang dan cenderung mengkonsumsi cairan Yin. Jika ada panas sangat berlebihan, maka akan mendorong cairan tubuh keluar dari tubuh dalam bentuk keringat.

Jadi penyakit yang disebabkan oleh panas patogen, selain dari manifestasi panas, sering disertai dengan rasa haus dengan kesukaan untuk minum, tenggorokan dan lidah kering, urin gelap dan sedikit serta retensi/tertahannya feses kering karena konsumsi dan gangguan cairan tubuh.

3. PANAS (API) CENDERUNG MENYEBABKAN KEJANG DAN PENDARAHAN

Konvulsi/kejang berarti bahwa ketika api panas menyerang tubuh, membakar dan membakar meridian hati, membuang cairan, menyebabkan hilangnya nutrisi tendon dan otot, mengakibatkan sindrom angin hati yang mengaduk secara internal.

Jadi hal itu juga disebut "panas ekstrem yang menyebabkan angin", termanifestasi secara klinis sebagai demam tinggi, koma, spasme/kaku kejang anggota badan, mata mendelik ke atas dan opisthotonus ( Opistonus mewakili kondisi di mana seseorang memperoleh pose yang tidak alami dan kejang yang ditandai dengan kram otot leher dan punggung) dll

Pendarahan berarti bahwa ketika api memasuki pembuluh darah, ia mempercepat aliran darah dan membakar pembuluh darah, menyebabkan aliran darah abnormal, dimanifestasikan sebagai berbagai perdarahan, seperti hemoptisis/batuk berdarah, epistaksis/mimisan, hematochezia/feses berdarah dan hematuria/urin berdarah, echymosis, menstruasi berlebihan, metrorrhagia dan metrostaxis dll. .

4. PANAS (API) CENDERUNG MENYEBABKAN LUKA DAN ABSES

Api menyerang darah, mandeg di daerah setempat, menyebabkan erosi otot dan nanah, yang disebut sebagai luka, bisul atau abses.

Secara klinis, ditandai dengan kemerahan, bengkak, terbakar dan sensasi nyeri di daerah setempat.

Sumber : Channel Telegram Teori Dianosa TCM

Related Posts

Subscribe Our Newsletter