Hubungan Antara Darah Dengan Cairan Tubuh


Hubungan antara darah dan cairan tubuh dapat digeneralisasikan sebagai homogenitas cairan tubuh dan darah. Pertama, keduanya dihasilkan dari esensi makanan melalui pencernaan dan penyerapan limpa dan lambung; juga cairan tubuh adalah bagian dari darah untuk cairan tubuh yang dihasilkan oleh limpa dan lambung naik ke jantung dan paru-paru menjadi darah yang dikombinasikan dengan qi nutrisi. Kedua, cairan tubuh dan darah bisa saling bertransformasi. Cairan tubuh di luar pembuluh dapat meresap ke dalam pembuluh darah untuk menjadi bagian dari darah sementara cairan tubuh yang terdiri dari darah dapat menembus pembuluh untuk menjadi cairan tubuh. Jadi, keduanya bergantung satu sama lain dan saling bertransformasi.

Secara patologis, darah dan cairan tubuh dapat saling memengaruhi. Misalnya, pendarahan yang berlebihan dapat menyebabkan cairan tubuh di luar pembuluh untuk meresap ke dalam pembuluh darah untuk menambah volume darah. Oleh karena itu, pasien dengan pendarahan yang berlebihan biasanya dengan gejala mulut kering, tenggorokan kering, urine jarang, kulit kering karena kekurangan cairan tubuh. Kehilangan cairan tubuh yang berlebihan dapat menyebabkan cairan tubuh di dalam pembuluh untuk menembus pembuluh luar untuk menambah cairan tubuh di luar pembuluh darah, yang menyebabkan pembuluh darah kosong atau kekurangan cairan tubuh dan darah kering. Oleh karena itu, pasien dengan perdarahan berat harus menghindari diaphoresis dan diuresis; pasien kehilangan cairan tubuh berat seperti berkeringat berat, muntah, diare, harus menghindari obat atau formula untuk menghilangkan stasis darah, sehingga untuk menghindari kerusakan lebih lanjut cairan tubuh dan darah,

PENYAKIT DALAM PANDANGAN TCM

TCM (Pengobatan Tradisional Cina), sumber ilmu yang hebat, adalah bagian tidak terpisahkan dari budaya Tiongkok klasik yang luar biasa.

Dalam perkembangannya yang panjang, TCM telah menyerap intisari pandangan, budaya, dan sains klasik Tiongkok, dan merangkum pengalaman orang-orang Tiongkok dalam memerangi penyakit.

TCM kaya teori dan praktek dalam perawatan. Hari ini, obat modern cukup maju, tetapi TCM masih banyak digunakan karena efek kuratif klinisnya yang signifikan.

Dalam beberapa dekade terakhir, TCM dipahami dan diadopsi di lebih banyak negara dan wilayah di dunia.

TCM berpendapat bahwa terjadinya penyakit adalah kondisi khusus dari Qi anti-patogen/Qi pertahanan/Wei Qi dengan semua jenis Qi patogen.

PENYEBAB PENYAKIT PANDANGAN TCM

Penyebab penyakit mengacu pada berbagai faktor patogen, diferensiasi sindrom dan pemilihan metode terapi yang benar.

Bahkan, pengobatan penyakit dalam TCM adalah diferensiasi kausal sindrom, yang dikenal sebagai diferensiasi sindrom untuk menemukan penyebab, analisis gejala untuk menemukan penyebab dan analisis penyebab yang akan membuat dasar bentuk pengobatan .

Faktor-faktor patogen di TCM dapat dibagi menjadi 4 kategori:

  1. Faktor patogen eksogen/penyebab penyakit dari luar, termasuk enam faktor iklim dan wabah.
  2. Faktor-faktor patogen endogen termasuk tujuh emosi , diet yang tidak benar , terlalu banyak bekerja dan terlalu banyak istirahat dan terlalu banyak berlatih, dll.
  3. Faktor patogen sekunder termasuk dahak/phlegm , retensi cairan dan stasis darah .
  4. Faktor patogen lainnya termasuk berbagai cedera traumatis, cedera karena faktor fisik dan kimia, serta cedera yang disebabkan oleh serangga dan hewan.

FAKTOR PATOGEN UMUM

KETIDAKCUKUPAN JING/ESENSI

Esensi disimpan di ginjal, dan "ginjal dianggap sebagai fondasi bawaan".

Jika esensi ginjal dalam kondisi kekurangan dan bersama dengan kekurangan Qi anti patogen/Wei Qi, penyakit dengan mudah menyerang manusia.

Faktor penyebab ketidakcukupan esensi terutama meliputi insufisiensi kongenital (defisiensi yang terjadi sejak ketika di dalam kandungan ibu), kehidupan seksual yang berlebihan, terkonsumsi karena penyakit yang lama, tekanan berlebihan dan stres, dan lain-lain.

MALNUTRISI /KURANG GIZI

Diet adalah sumber nutrisi bagi manusia. Malnutrisi mencakup dua aspek:
  1. Asupan makanan yang tidak mencukupi 
  2. Malabsorpsi/buruknya penyerapan di usus. 
Jika nutrisi yang diperlukan untuk tubuh manusia tidak dapat ditambah, maka akan mempengaruhi kesehatan tubuh, mengakibatkan gangguan, dan mempercepat penuaan, bahkan menimbulkan kemungkinan kematian.

CEDERA PADA 5 ZANG

Jantung adalah rumahnya Shen/ jiwa, mendominasi pembuluh darah, dan merupakan komandan aktivitas vital. Begitu Jantung sakit, maka hal itu akan mempengaruhi sirkulasi darah dan aktivitas mental.

Hati menyimpan darah, mempertahankan aliran bebas Qi, mengatur emosi, membantu pencernaan, juga memiliki fungsi menyimpan darah dan mengatur volume darah yang beredar. Ketika hati sakit, maka akan mempengaruhi fungsi fisiologis dalam berbagai aspek seperti darah, emosi, pencernaan, dan lain-lain.

Paru-paru mendominasi Qi tubuh umum, jika ada defisiensi Qi paru atau gangguan, maka aktivitas fungsional tubuh umum akan terpengaruh, dan itu akan menghasilkan gangguan sistem pernapasan.

STRES EMOSIONAL

Jika rangsangan mental jangka panjang atau serangan tiba-tiba dari cedera mental yang lebih berat melebihi batasan yang dapat menyesuaikan aktivitas fisiologis manusia, maka hal itu akan mempercepat disfungsi YIN dan Yang, Qi dan darah di dalam tubuh, dan gangguan fungsional Zang- fu dan meridian, dan kemudian menghasilkan semua jenis gangguan.

TERLALU BANYAK BEKERJA ATAU KURANGNYA LATIHAN FISIK

Ini mengacu pada kondisi gaya hidup yang tidak normal.

Senilisme/penuaan memiliki hubungan erat dengan gaya hidup, lingkungan hidup, kondisi kerja.

Ketegangan dan stres yang berlebihan atau kurangnya aktivitas fisik sama-sama merugikan kesehatan, dan kemudian menjadi faktor penyebab penyakit.

Ketegangan dan stres yang berlebihan tidak hanya mengacu pada kerja otak yang berat dan pekerjaan fisik, tetapi juga termasuk gaya hidup yang tidak normal, seperti kehidupan seksual yang terlalu sering, asupan makanan yang berlebihan, dll

Dan sebaliknya, hiburan dan hidup nyaman yang berlebihan juga merugikan kesehatan dan umur panjang.

LINGKUNGAN SOSIAL

Perubahan status sosial yang tiba-tiba akan membawa gangguan pada pikiran dan tubuh manusia, menghasilkan "penyakit mental dan fisik".

Perubahan dari kaya menjadi miskin, dari yang terhormat menjadi rendahan, akan mengakibatkan gangguan psikologis dan gangguan sistem kardiovaskular dan endokrin.

Sistem sosial yang tidak masuk akal, kebiasaan sosial yang buruk, ideologi yang tidak tercerahkan, ketegangan dan persaingan yang drastis untuk eksistensi dan hubungan publik yang kompleks, semua dapat membawa gangguan fungsional metabolisme manusia, biasanya mengakibatkan terjadinya penyakit.

Dari pandangan umum tentang penyakit, TCM berpendapat bahwa penyakit adalah hasil dari gangguan keseimbangan dinamis YIN dan Yang. Ketika faktor-faktor patogen eksogen dan endogen menyerang tubuh manusia, itu akan melemahkan dan merusak mekanisme penyesuaian tubuh, atau ketika intensitas melebihi batasan yang bisa disesuaikan, akan sangat sulit bagi tubuh manusia untuk mempertahankan keseimbangan dinamis, dan akhirnya menghasilkan penyakit.

Sumber : Channel Telegram Teori Dianosa TCM

Related Posts

Subscribe Our Newsletter