Apa Itu Qi atau Chi dalam Kesehatan Tubuh Manusia

Qi merupakan unsur dasar dari segala fungsi organ-organ tubuh. Oleh karena fungsi yang dilaksanakan oleh tubuh begitu banyak maka Qi sendiri akan mencakup pengertian yang luas, diantaranya :
  • Qi merupakan partikel renik yang membentuk tubuh manusia. Selain itu Qi juga memelihara semua aktivitas tubuh agar tubuh menjadi bernyawa
  • Qi mempunyai perngertian yang sama dengan pengatur dan penggerak aktivitas fungsional dari organ dan jaringan, misalnya Xinqi (Qi dari Xin/Jantung), Feiqi (Qi dari Fei/Paru), Ganqi (Qi dari Gan/Hati), dan lainya. Dalam hal ini Qi berada dalam Zangfu/organ dalam, jaringan, meridian dan lain-lain. Kemudian keberadaan Qi tersebut dapat terlihat dalam aktivitas Zangfu/organ dalam, jaringan dan meridian. 
Dalam keadaan patologis, Qi dapat mengalami berbagai gangguan sehingga menimbulkan bermacam-macam sindroma, misalnya sindroma Qizhi yang mempunyai arti peredaran Qi tidak lancar, sindrom Qiyu yaitu Qi tertekan, sindroma Qini yaitu Qi mengalir ke arah yang salah, sindroma Qixu, yaitu kekurangan Qi, sindroma Qixian (baca chisien) yaitu Qi melorot ke bawah. Dalam terapi terdapat bermacam-macam cara yang didasarkan atas menghilangkan gangguan Qi tersebut, antara lain melancarkan Qi dapat mengobati Qizhi dengan menurunkan Qi dapat mengobati Qini, dengan menambah kekuatan qi dapat mengobati Qixu. Di bawah ini diuraikan lebih terperinci mengenai Qi.

Bermacam-macam Qi dan sumbernya :

Karena Qi tersebar pada berbagai tempat, maka terdapat bermacam-macam sumber, fungsi dan bentuk Qi di antaranya Yuanqi, Zong Qi, Yingqi, Wei Qi.

Yuanqi
Yuanqi disebut juga Zhengqi. Yuanqi merupakan Qi terpenting di antara semua bentuk Qi. Yuanqi dihasilkan dari Jing kongenital yang terletak pada Shen/Ginjal. Setelah lahir, Yuanqi mengandalkan penambahan dan pemeliharaannya dari Jing makanan dan minuman. Dalam buku Neijing dikatakan bahwa Yuanqi berakar pada Shen/Ginjal yang melalui organ Sanjiao disebarkan ke seluruh tubuh. Fungsi Yuanqi ialah mendorong, memotori dan memberi energi agar berbagai organ dapat menjalankan aktivitas fungsionalnya. Maka Yuanqi dianggap sebagai sumber daya dari kehidupan atau nyawa manusia. Bila Yuanqi cukup, maka fungsi semua Zangfu/organ dalam dan jaringan akan berjalan dengan baik sehingga orang itu dalam keadaan sehat dan kuat. Sebaliknya apabila Shenjing tidak cukup, baik disebabkan oleh pembawaan atau karena terlalu lama mengidap penyakit, maka akan timbul sindroma kekurangan Yuanqi, sehingga orang tersebut mudah terserang berbagai macam penyakit yang datang dari luar maupun dari dalam.

Zongqi (baca cungchi)
Zongqi berarti qi dasar atau qi pokok. Zongqi dihasilkan dari perpaduan antara udara bersih yang dihisap oleh Fei/Paru dengan jing makanan dan minuman yang diolah dan diangkut oleh Pi/Limpa. Zongqi yang mengalir dalam saluran pernapasan dimaksudkan untuk menguasai fungsi pernapasan. Kuat lemahnya suara seseorang banyak ditentukan oleh kekuatan Zongqi. Kemudian Zongqi yang mengalir dalam Xin/Jantung dan pembuluh darah berfungsi mendorong Xueqi (Qi dari Xue/darah), Qi tersebut berfungsi dalam pemanasan tubuh dan anggota gerak tubuh. Aktivitas organ Xin/Jantung dan Fei/Paru serta organ lainnya umumnya berhubungan dengan Zongqi.

Yingqi
Yingqi berasal dari Jingqi (baca cingchi, artinya Qi inti sari) makanan dan minuman yang diolah oleh Wei/Lambung dan diangkut oleh Pi/Limpa. Yingqi bersifat lemah lembut dan beredar di dalam pembuluh darah. Dari Yingqi dapat dihasilkan Xue/darah. Disamping itu, Yingqi juga bekerja sama dengan Xue/darah sendiri agar dapat memelihara, menunjang, seperti menumbuhkan organ dalam dan bagian tubuh lainnya. Oleh karena Yingqi mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Xue/darah, sampai sukar dipisahkan, maka keduanya sering disebut sebagai Yingxue. Weiqi/daya tahan, Wei sendiri mempunyai arti mempertahankan atau pertahanan, sedangkan Weiqi mempunyai arti Qi yang berfungsi mempertahankan tubuh dari serangan patogen luar. Weiqi/daya tahan juga berasal dari Jingqi bawaan dan Jingqi (cingchi) makanan dan minuman. Selain itu Weiqi/daya tahan merupakan Yangqi tubuh, makan Weiqi/daya tahan disebut juga Weiyang.
Di samping Wei/daya tahan mempunyai mobilitas yang sangat tinggi, juga dapat mengalir ke seluruh tubuh, maka Weiqi/daya tahan dapat bergerak dengan cepat. Fungsi utama Weiqi/daya tahan ialah memelihara dan menghangatkan kulit dan otot, mengatur pembukaan dan penutupan pori-pori, mengatur suhu badan, melindungi bagian Biao/permukaan tubuh dan yang terpenting ialah menahan serangan patogen luar. Lemahnya Weiqi/daya tahan dapat tercermin pada lemahnya daya tahan tubuh. Apabila Weiqi/daya tahan lemah, maka tubuh akan mudah terserang patogen luar, di samping itu dapat timbul gejala banyak mengeluarkan keringat atau takut dingin. Meskipun Qi mempunyai lokasi, sumber dan bentuk yang berlainan, namun secara keseluruhan dapat digolongkan ke dalam tiga kategori, yaitu :

  1. Jingqi (cingchi) yang disimpan dalam Shen/Ginjal
  2. Qi yang dihirup dari alam
  3. Qi makanan dan minuman
Jingqi (cingchi) dari Shen/Ginjal berasal dari ayah dan ibu, meerupakan Jingqi (cingchi) kongenital, sedang Qi makanan dan minuman merupakan inti dari makanan dan minuman yang diolah dan diserap oleh lambunng dan Limpa. Kemudian Qi bersih di alam semesta dihirup melalui Fei/Paru yang kemudian disebarkan ke seluruh tubuh manusia. Dengan demikian, kuat atau lemahnya seseorang ditentukan oleh Jing kongenital, keadaan gizi dan keadaan lingkungan sekitarnya. Selain itu, Qi berhubungan erat secara langsung dengan tiga Zang penting, yaitu Shen/Ginjal, Pi/Limpa dan Fei/Paru. Maka untuk terapi sindroma kekurangan Qi yang diutamakan ialah penguatan fungsi organ Shen/Ginjal, Pi/Limpa dan Fei/Paru.

Beberapa fungsi Qi :

  1. Qi berfungsi sebagai motor
  2. Qi berfungsi menahan serangaan patogen luar
  3. Qi berfungsi sebagai pemanas
  4. Qi berfungsi membentuk Jing, Xue dan Jinye
  5. Qi berfungsi mengatur peredaran darah, sekresi keringat, air seni dan air mani.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter