Ads 720 x 90

12 Pengamatan Deteksi Kelemahan Energi dan Darah


12 Pengamatan Deteksi Kelemahan Energi dan Darah - Cara yang cepat dan tepat menjadi "Dokter" bagi diri sendiri.

1. Mengamati Mata

Pengamatan pada mata terutama ditujukan pada bagian mata yang berwarna putih. Ada ungkapan umum yang mengatakan,
Jika bola mata menguning, menandakan pemiliknya sudah tua.
Menurut pandangan ilmu Pengobatan Tradisional Tiongkok( PTT), jika bagian mata bagian putih berubah menjadi kuning, keruh dan sedikit memerah, ini menandakan Qi Xue kurang. Selanjutnya pengamatan dilakukan pada kelompak mata. Jika kelopak mata dapat dibuka selebar-lebarnya kapan saja kita inginkan, artinya Qi Xue cukup. Namun sebaliknya jika kantung mata sangat besar, kelopak mata terasa berat dan mata terasa kering, lengket dan tidak enak, ini semua menandakan Qi Xue kurang.

2. Mengamati Kulit

Kulit berwarna putih kemerahan, berseri-seri, kenyal, tanpa keriput dan tanpa flek menandakan Qi Xue cukup. Sebaliknya jika kulit kasar, tidak bercahaya, gelap dan kekuning-kuningan, serta wajah tampak pucat, kehijauan, atau kemerahan dan berbintik-bintik, menandakan kondisi tubuh kurang baik, kekurangan Qi Xue.

3. Mengamati Rambut

Rambut yang hitam, lebat dan lembut menandakan Qi Xue cukup. Bila rambut kusut, rontok, bercabang atau tumbuh helaian rambut yang berwarna kuning atau putih menandakan Qi Xue kurang cukup.

4. Mengamati Telinga

Kualitas kesehatan masyarakat modern kini semakin menurun dibanding masa lampau. Jika kita amati dengan teliti, bentuk telinga orang zaman sekarang umumnya kecil, lebih keras dan sedikit berubah dibanding bentuk telinga orang zaman dulu. Bentuk telinga yang besar, berisi dan empuk sudah sangat jarang terlihat pada anak-anak atau anak muda zaman sekarang. Sedangkan telinga yang besar sering ditemukan di kalangan orang lanjut usia, ini menandakan kualitas kesehatan orang dulu lebih baik daripada orang zaman sekarang. Pada anak kecil, pengamatan terutama dilakukan pada bentuk telinga, sedangkan pada orang dewasa, selain mengamati bentuk juga perlu melihat warna dan kilaunya.

Apakah ada rasa nyeri atau berbintik-bintik? Bila telinga berwarna merah muda, bercahaya, tanpa bintik, tanpa keriput dan 'berisi,' ini menandakan Qi Xue cukup. Bila telinga berwarna gelap, tidak bercahaya, menandakan Qi Xue sudah menurun. Bila telinga telah berubah kisut, kering, berbintik-bintik, banyak keriput, ini menandakan fungsi ginjal orang tersebut sudah sangat lemah, Anda harus menaruh perhatian.

5. Mengamati Suhu Tangan

Jika sepanjang tahun, suhu tangan selalu hangat, tandanya Qi Xue cukup, bila telapak tangan cendrung panas atau tangan sangat dingin, semua ini menandakan kekurangan Qi Xue. Kondisi ini terutama tercermin pada perempuan.

6. Mengamati Seluruh Ujung Jari

Baik orang dewasa maupun anak-anak, bila ujung jari (di bagian telapak tangan) berbentuk pipih, halus dan lembek, menandakan kekurangan Qi Xue , namun bila ujung jari berbentuk elastis dan berisi menandakan Qi Xue cukup.

7. Mengamati Pembuluh Darah (yang terlihat) Biru

Bila urat pembuluh darah terlihat biru pada jari telunjuk orang dewasa, menunjukkan saat kecil fungsi pencernaan tidak baik dan kondisi ini terus berlanjut hingga dewasa. Orang yang masuk dalam golongan tersebut terbukti fisiknya lemah, Qi Xue sangat kurang. Bila pembuluh darah biru terlihat pada jari kelingking, menandakan kurangnya Qi ginjal. Bila bagian bawah telapak tangan yang mendekati pergelangan tangan terdapat banyak kerutan mendalam, menandakan saat kecil kekurangan gizi, fisik lemah, kekurangan Qi Xue. Setelah tumbuh dewasa, perempuan yang termasuk dalam kategori tersebut mudah menderita penyakit perempuan, sedangkan pria mudah menderita pembesaran prostat, gout (penyakit metabolisme) dan gejala lain.

8. Mengamati Bentuk Bulan Sabit pada Kuku Jari

Pada kondisi normal, kecuali jari kelingking, seharusnya setiap kuku memiliki bentuk bulan sabit pada kuku jarinya. Pada kuku ibu jari, seharusnya luas bulan sabit menempati kira-kira seperempat sampai seperlima bagian dari seluruh kuku ibu jari. Selain jari kelingking, luas bulan sabit pada kuku jari lainnya tidak melebihi seperlima bagian. Bila kuku jari tidak nampak bentuk bulan sabit atau hanya terdapat pada kuku ibu jari, ini artinya dalam tubuh mengendap Qi dingin yang cukup berat, Qi Xue tidak memadai, sehingga darah tidak bisa mencapai ujung jari, bila luas bulan sabit terlalu besar, maka mudah menderita hipertiroid, hipertensi dan lain-lain.

9. Mengamati Kerut Membujur pada Kuku Jari

Kondisi ini hanya terjadi pada orang dewasa, anak kecil tidak pernah ada. Perlu diwaspadai bila muncul kerutan membujur pada kuku orang dewasa. Ini menunjukkan bahwa Qi Xue dalam tubuh sangat kurang. Diumpamakan menarik cek lebih dari uang simpaman, melambangkan tubuh sudah tua dan lemah.

10. Mengamati Gusi

Pada anak kecil, kondisi tersebut tidak jelas, terjadi pada orang dewasa. Gusi mengerut menandakan kekurangan Qi Xue. Bila jarak antar gigi melebar, makanan akan makin mudah menyisip diantara gigi. Ini perlu perhatian. Kesehatan tubuh sudah menurun, proses penuaan sedang dipercepat.

11. Mengamati Keadaan Tidur

Bila orang dewasa mudah tertidur, nyenyak, napas teratur dan begitu tertidur tidak bangun-bangun sampai saatnya bangun secara alami seperti pada anak kecil, ini menandakan Qi Xue sangat baik. Sebaliknya, bila sulit tidur, mudah terkejut, mudah terbangun, sering merasa ingin kencing selama tidur, suara napas besar, atau mendengkur, menandakan Xue sangat kurang.

12. Mengamati Saat Berolah Raga

Saat berolahraga, bila nafas terasa pengap, pendek, sulit pulih dari keadaan capai, menandakan Qi Xue kurang. Bila setelah olahraga penuh semangat, sekujur tubuh ringan, ini menandakan keadaan yang sangat baik.

Seorang dokter tradisional Tiongkok yang memiliki keahlian dapat menilai dengan cepat dan menemukan masalah yang terjadi pada penderita. Pemeriksaan melalui pengamatan tubuh merupakan bagian utama dari empat pemeriksaan yang dilakukan pada Pengobatan Tradisional Tiongkok. Inilah yang membedakan dan membuat orang-orang merasakan keajaiban

Pengobatan Tradisional Tiongkok. Saat memasuki ruang praktek, sebelum Anda duduk berkonsultasi dengan dokter, umumnya dokter tersebut telah sangat lama mengamati Anda. Maka setelah Anda duduk, dokter dapat menunjukkan banyak hal kurang enak yang telah Anda alami.

Menurut 12 Pengamatan Deteksi Kelemahan Energi dan Darah di atas, sedikitnya 5 macam cara dapat diketahui oleh orang lain pada saat Anda tidak merasakannya. Anda dapat memeriksa diri sendiri. Inti pemahaman dan jiwa pokok dari Pengobatan Tradisional Tiongkok adalah
Mengambil tindakan pencegahan sebelum sakit.
Bukan setelah sakit parah baru diobati, bila Anda telah mendeteksi secara dini hal-hal kecil tersebut, Anda dapat mencegah sebelumnya. Sama halnya, Anda dapat mencegah gejala kanker atau penyakit kritis lainnya sebelum terjadi. Penyakit yang parah selalu terjadi akibat akumulasi dari banyak penyakit ringan. Jangan sampai terlambat ketika penyakit mulai membesar dan parah. Kendalikan pada saat penyakit masih dalam tahap ringan.

Hanya dengan 12 Pengamatan Deteksi Kelemahan Energi dan Darah, sudah dapat mengajak Anda mencari jejak atau mendapatkan sumber penyakit secara dini, mengapa tidak digunakan?

Semoga Bermanfaat.

Telah hadir Apk Acupoint Azdah Petunjuk Praktis Akupunktur dengan kelebihan :

  • 361 Titik Akupunktur
  • List daftar titik yang informatif
  • Mudah digunakan
  • Apk Offline
  • Fitur Pencari

Unduh Sekarang!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI