Titik Akupunktur Meridian Shen Ginjal


Shen (Ginjal) – Kidney (KI)

Elemen Air | Takut | Utara | Dingin | Biru
Meridian Shao Yin Kaki Ginjal

Istilah lain Meridian Shen Ginjal :

Ada beberapa istilah berbeda yang mungkin anda temukan untuk nama Meridian Ginjal dan semua mengacu pada meridian yang sama, di antaranya :
  • Zu Shao Yin Shen Jing 
  • Meridian Sao Yin Kaki, Ginjal atau 
  • Meridian Ginjal dari Kaki Shaoyin 
  • Kidney Meridian (Ki) atau 
  • Kidney Meridian of Foot – Shaoyin 
  • Meridian of FootShaoyin 
Nama Jalur Meridian : Shaoyin Kaki Ginjal
Fungsi : Penggerak (sumbu) organ YIN

Singkatan Standar Internesional Meridian Shen Ginjal : KI / Ki / G

Secara Internasional, Meridian Ginjal biasa disingkat KI / Ki (dari kata Kidney). Di Indonesia beberapa Akupunkturis menggunakan singkatan lokal untuk Meridian Ginjal dengan huruf “G” dari kata Ginjal.
Jumlah Titik Acopoint : 27 pasang titik, kanan dan kiri
Pasangan Organ : Kandung Kemih
Elemen : Air
Panca Indra : Telinga
Jaringan Tubuh : Tulang, Rambut
Perjalanan Hidup : Mati
Emosi : Takut
Cuaca : Dingin
Musim : Dingin
Arah angin : Utara
Rasa : Asin
Warna : Hitam atau Biru
Suara : Rintih
Sikap : Berdiri
Jam Organ : 17.00-19.00
Titik Mu : Kantung Empedu 25 (GB. 25 Jing Men / Gerbang Ibu Kota)
Titik Shu : Kandung Kemih 23 (BL. 23 Shen Shu / Titik Shu Ginjal)
Khasiat / khasiat : Penyakit-penyakit yang terkai dengan Ginjal, tenggorokan, penyakit-penyakit gineokologi, keterunan dan sistem urin, gangguan seksual, kecerdasan, gangguan tulang, pencernaan dan Paru-Paru.

Sindrom Meridian Kelainan Ginjal :

Akan menyebabkan mulut terasa panas, lidah kering, tenggorokan bengkak dan nyeri, batuk darah, gelisah, tulang belakang sampai pantat nyeri, telapak kaki panas dan nyeri.

Perjalanan Meridian Meridian Shen Ginjal

  • Dimulai dari bagian bawah, jari kelingking kaki, menyeberang menuju tenah telapak kaki melewati titik Yongquan / Yung Chien (Ki 1) 
  • Keluar pada tulang tumit, melingkar di tumit, kemudian ke atas berjalan pada bagian dalam betis. 
  • Keluar pada lipatan lutut bagian dalam, terus ke atas menuju daerah pinggul bagian dalam. 
  • Melewati ujung tulang ekor dan selanjutnya meridian berjalan menembus tulang belakang untuk berhubungan dengan organnya, yaitu Ginjal serta berhubungan dengan Kandung Kemih. 
  • Satu cabang keluar dari Ginjal, melalui hati dan menembus diafragma, masuk ke dalam Paru. Kemudian menelusuri tenggorokan dan menyebar pada lidah. 
  • Cabang yang lain keluar dari Paru, berhubungan dengan Jantung dan menyebar di dada. 

Penyakit atau gejala abnormal pada Meridian Shaoyin Kaki Ginjal

· Penyakit atau gejala abnormal pada Meridian :

Punggung bagian atas dan bawah serta tulang punggung terasa nyeri, pinggul, dan paha bagian belakang juga terasa nyeri, nyerti tumit, kaki dingin sekali, kaki lemah, mulut kering, tenggorokan nyeri, paha dalam bagian atas dan belakang terasa nyeri, demikian juga telapak kaki kadang-kadang terasa nyeri.

· Penyakit atau gejala abnormal pada organ :

Pusing-pusing, wajah bengkak dan berwarna kehitam-hitaman, pandangan kabur, nafas pendek atau sesak, selalu terasa mengantuk, gelisah, kototran tidak berbentuk atau diare yang kronis, namun kadang-kadang konstipasi atau susah buang air besar, impotensi, perut terasa kembung dan disertai muntah-muntah.

Fungsi Shen / Ginjal

1. Menyimpan Jing, Menguasai Pertumbuhan dan Regenerasi

Jing adalah partikel dasar yang membentuk tubuh dan sebaggai materi dasar dalam menunjang segala aktivitas fungsional tubuh.
Jing terbagi 2 bagian :

- Jing Bawaan (Congenital)

Jing bawaan ini diperoleh dari ayah dan ibu, pada dasarnya adalah jing yang diturunkan kepada janin, didalamnya tersimpan Cengqi bawaan atau Mingmen, selain itu jing bawaan merupakan materi yang berfungsi dalam reproduksi

- Jing Perolehan

Jing bawaan mempersiapkan materi dasar untuk jing yang didapat setelah lahir, jing perolehan terbentuk dari makanan dan minuman yang setelah dicerna dan di olah oleh Lambung akan ditranportasi dan ditransformasi menjadi jing oleh Pi/Limpa kemudian jing ini dipadukan dengan Qi (energi) dari Fei/Paru menjadi jing baru dan disimpan didalam Shen/Ginjal.

Jing yang telah disimpan Shen/Ginjal akan dikeluarkan ketika 5 Zang dan 6 fu membutuhkannya, sehingga pada satu sisi Shen/Ginjal menyimpan jing dan satu sisi lain Shen/Ginjal mengeluarkan jing untuk memasok keperluan zangfu/organ dalam. Dengan suburnya jing di 5 zang dan 6 fu maka Shen/Ginjal memiliki jing yang cukup, selain jing perolehan ini memenuhi keperluan seluruh zangfu/organ dalam, ketika jing cukup pada Shen/Ginjal maka jing perolehan dapat memelihara jing bawaan (congenital).

Shen/Ginjal menyimpan jing yang dapat ditransformasikan menjadi qi, Qi (energi) yang berasal dari Shen/Ginjal disebut Shenqi. Dimana Shenjing dan Shenqi pada Ginjal menentukan kemampuan reproduksi dan perkembangan tubuh seseorang.

Keadaan tubuh seseorang berubah mengikuti perkembangan Shenjing dan Shenqi, misalnya pada masa Shenjing dan Shenqi baru berkembang, tumbulah gigi sedangkan permulaan terbentuknya sperma pada laki-laki dan datangnya haid pada wanita merupakan pertanda Shenjingtelah matang,Shenjing dan Shenqi yang disebut Tiankui(dibaca Thienkhui) sedangkan pada usia lanjut dimana Shenjing dan Shenqi sudah lemah maka gerakan tubuh akan menjadi lamban, daya reproduksi menjadi turun bahkan hilang sama sekali.

Melalui pemanasan dari Shenyang, Shenjing dapat ditranformasikan menjadi Shenqi. Sedangkan Shenyin dan Shenyang keduanya mengandalkan materi dasar yang sama yaitu jing yang tersimpan didalam Shen/Ginjal dengan demikian jingqi(dibaca cingchi) yang tersimpan didalam Shen/Ginjal mempunyai 2 aspek yaitu Shenyang dan Shenyin.

Shenyin disebut juga Yuanyin atau Zhenyin (dibaca cenyin), Shenyin merupakan pangkal dari semua Yinye didalam tubuh dan berfungsi memberi segala nutrisi yang bersifat Yin kepada organ tubuh. Misalnya untuk menjalankan fungsinya dengan baik, api dari Xin/Jantung perlu dibatasi oleh Shenyin.

Shenyang disebut juga sebagai Yuanyang atau Zhenyang. Shenyang merupakan pokok dari semua Yang dalam tubuh dan juga merupakan kekuatan penggerak dari Shen/Ginjal. Shenyang sebagai sumber energi yang memanaskan tubuh juga menjadi sumber tenaga dari segala perubahan di dalam tubuh. Misalnya untuk menjalankan fungsinya lebih baik, Pi/Limpa dan Wei/Lambung perlu pemanasan dari Shen/Ginjal.

Apabila ditinjau dari segi penggolongan Yinyang, maka Jing digolongkan ke dalam Yin, sedangkan Shenqi digolongkan kepada Yang. Karena itu Shenjing disebut juga sebagai Shenyin sedangkan Shenqi disebut juga Shenyang. Untuk memeliha keseimbangan tubuh, Shenyin dan Shenyang saling membatasi dan saling membutuhkan. Apabila fungsi Shen/Ginjal terganggu, maka sering memanifestasikan hilangnya keseimbangan antara shenyin dan shenyang.

Apabila Shenyang lemah sehingga tidak dapat memanaskan dan memberi tenaga pada tubuh, Qi (energi) tidak dapat mentransformasikan dan tidak dapat menyimpan jing, maka akan timbul gejala berupa tubuh lemah, tidak bersemangat, pinggang dan lutut terasa dingin, patogen cairan membanjir atau odeme, sering kencing, terlalu cepat ejakulasi dan pada wanita akan sulit hamil.

Apabila Shenyin tidak cukup dan Zangfu/Organ dalam tidak mendapat pasokan nutrisi bersifat Yin, sehingga Yang tidak ada yang membatasi dan tidak mendapatkan nutrisi maka akan timbul gejala pusing-pusing, tinitus (telinga berdenging), insomnia, cepat lupa pinggang dan lutut pegal dan tidak bertenaga, kurus, tenggorokkan dan lidah kering,dada dan telapak tangan terasa panas, berkeringat pada waktu tidur, pipi merah, emisi sperma, darah haid berkurang bahkan amenorhoe,tetapi kadang-kadang terjadi juga pendarahan kandungan.

Shenyin dan Shenyang mempunyai hubungan intern yang sangat erat. Apabila kekurangan Shenyin sampai pada taraf tertentu, maka Shenyang akan mengikuti jejak Shenyin menjadi kurang juga. Sebaliknya demikian juga halnya dengan Shenyang. Hal tersebut akan menimbulkan sindroma Shenyin dan Shenyang kurang bersamaan. Karena Shen/Ginjal menguasai pertumbuhan tubuh maka kelainan pertumbuhan atau kelainan pada sistem reproduksi umumnya berhubungan dengan Shen/Ginjal. Misalnya keadaan ini terdapat pada balita yang terlambat berdiri, berjalan, terlambat tumbuh gigi, terlambat berbicara, lemah leher, tangan dan kaki, otot yang tidak bertenaga dll. Pada orang dewasa apabila terdapat gerakan yang lamban, impotensi, kecerdasan menurun dll, umumnya mempunyai ikatan dengan Shen/Ginjal.

2. Mengendalikan Jinye / Cairan Tubuh

Shen/Ginjal berperan penting terhadap transportasi dan pengaturan cairan tubuh, cairan dari makanan dan minuman yang diserap oleh Wei/Lambung, diangkut dan dikirimkan ke seluruh tubuh oleh Pi/Limpa. Kemudian Fei/Paru mengatur dan menurunkannya ke Shen/Ginjal. Lalu oleh Shen/Ginjal dipisahkan menjadi 2 bagian, cairan yang pertama dirubah menjadi jin/cairan berguna dan dikirimkan kembali ke Fei/Paru, sedangkan cairan yang kedua yaitu cairan kotor dikirimkan ke Pangguang/Kandung Kemih.

Meskipun penyerapan, pengangkutan dan pengaturan cairan tubuh bersangkutan dengan organ Wei/Lambung, Pi/Limpa, Xiaochang/ Usus Kecil, Fei/Paru, Pangguang/Kandung Kemih, Sanciao dan organ lainnya, tetapi Shen/Ginjal memiliki peranan yang sangat penting untuk mengendalikan cairan dengan cara memanaskan seluruh Zangfu/Organ Dalam, ketika shenyang dalam keadaan lemah dan shenqi tidak dapat mendorong fungsi Zangfu (organ dalam) maka cairan tubuh tertahan, timbul gejala dysuria (sulit kencing), oedema, dan lain-lain, tetapi pada sisi lain, apabila shenqi kurang sehingga tidak dapat menahan cairan tubuh, maka dapat juga timbul gejala sering kencing, bahkan kadang-kadang ngompol.

3. Menampung Qi (Energi)

Organ yang melakukan pernafasan adalah Fei/Paru. Namun dalam menjalankan fungsinya memerlukan bantuan dari Shen/Ginjal yang berfungsi sebagai penampung qi. Dalam keadaan shenqi yang cukup, Qi (energi) dapat ditampung dengan baik, maka pernafasan akan teratur dan panjang. Sebaliknya jika keadaan shenqi lemah sehingga tidak dapat menampung qi, maka orang tersebut hanya dapat menghirup sedikit udara tetapi banyak mengeluarkan. Keadaan tersebut dapat menimbulkan sesak nafas walaupun hanya melakukan aktivitas ringan.

4. Menguasai Tulang Belulang, Menumbuhkan Sumsum Tulang Belakang, Berhubungan Dengan Otak Dan Kesuburannya Tampak Pada Rambut

Untuk menumbuhkan tulang-belulang dan sumsum, Shen/Ginjal menggunakan jing yang tersimpan di dalamnya. Apabila jing didalam Shen/Ginjal cukup, sehingga sumsum mempunyai sumber penunjang yang baik dan tulang-belulang pun mendapat pemeliharaan yang baik, maka akan kuat dan kokoh.

Disamping itu Shen/Ginjal memiliki hubungan erat dengan otak. Karena shenjing menunjang kecerdasan, kelincahan dan stamina seseorang. Karena pertumbuhan dan kecemerlangan rambut mengandalkan pemeliharaan dari shenjing, maka kesuburan Shen/Ginjal akan tampak pada penampilan rambut. Pada usia muda yang masih memiliki cukup shenjing, rambut tumbuh subur dan bercahaya. Tetapi pada usia lanjut, shenjing semakin berkurang, rambutpun mulai rontok dan menjadi putih.

5. Berpintu pada Telinga, Lubang Dubur dan Kelamin

Fungsi pendengaran ditunjang oleh shenqi, maka telinga dikuasai oleh Shen/Ginjal. Dalam keadaan jing dan Qi (energi) pada Shen/Ginjal penuh, fungsi telinga mendapat tunjangan yang baik maka pendengarannya pun jelas dan tajam. Sebaliknya apabila jing dan Qi (energi) tidak cukup maka akan timbuh gejala tinitus (telinga berdenging) dengan disertai daya pendengaran turun. Shenjing dari orang yang lanjut usia semakin berkurang, oleh sebab itu umumnya pendengarannya pun semakin jelek.

Pembuangan air besar juga memiliki hubungan dengan Shen/Ginjal. Dalam keadaan shenyang tidak cukup dapat terjadi konstipasi (sembelit) atau diare yang hanya terjadi pada pagi hari disertai impotensi pada laki-laki. Shenyin yang kurang dapat juga mengakibatkan terjadinya konstipasi dengan kotoran yang kering dan keras.

Apendiks Mingmen

Mingmeng berarti “Pintu Nyawa” atau “Yang penting sekali untuk kelangsungan hidup”. Dalam sejarah pengobatan tradisional Tionghoa, pengertian Mingmen sering tidak sama, tetapi yang paling sering digunakan ialah Mingmen yang mempunyai arti yang sama dengan Shenyang, yaitu Yang dari Shen/Ginjal. Shenyang diberi nama Mingmen dengan maksud memberi tekanan pada pentingnya fungsi organ itu untuk kelangsungan hidup seseorang
Ming Men – The Moving qi (energi) between the Kidney
“Masing masing dari 12 meredian mempunyai ikatan dengan sumber dari Vital Qi (energi) ( Living Qi). Sumber dari Vital Qi (energi) ini adalah akar dari 12 meridian dan sumbernya itu adalah The Moving Qi (energi) between the Kidney (Qi yang bergerak diantara 2 Ginjal ). Hal ini berarti bahwa sumber dari Vital Qi (energi) ini adalah fondasi dari 5 Zang dan 6 Fu akar dari 12 meridian bisa juga disebut The Gate of Breathing ( Pintu pernafasan ). The Moving Qi (energi) between the Kidney adalah cikal bakal dari Sanjiao. ( Nan Jing 8)

Dalam komentarnya di Nanjing pasal 8, Wang Su He berkata :
“Ginjal adalah Air (Yin) , Ming Men adalah Api (Yang), interaksi dari Air – Api ini menghasilkan Qi. Dan Qi (energi) inilah yang titik awal Sanjiao. MingMen adalah aspek energetic tubuh yang terdalam , dimana The Moving Qi (energi) termanifestasi.”

Dengan kata lain, Mingmen adalah wujud manifestasi dari The Moving Qi, Sosen Hirooka, seorang Praktisi Legendaris di Jepang dari abad pertengahan memberikan pandangan yang sama dengan Wang Su He tentang Ming Men :
“Bagaimanakah seseorang membedakan Ming Men dan The Moving Qi (energi) ? Ketika kita berbicara dalam context meteril, maka Ming Men mempunyai bentuk dan wujud , namun The Moving Qi (energi) tidak berbentuk dan tidak berwujud “.

Jadi dari beberapa statement diatas, Jelas sekali bisa kita tangkap bahwa Mingmen = The moving Qi (energi) between the Kidney.
Zhang Jie Bin , salah seorang praktisi legendaries berkata :
“ MingMen secara total mengkontrol ke dua Ginjal. Mingmen adalah Rumah dari YIN-YANG dan MingMen adalah Lautan dari Jing Qi (energi) dan SHEN”.
Menurut Nan Jing 66 dikatakan bahwa Yuan Qi (energi) ( Source Qi (energi) ) dibentuk ketika pernafasan terhubung dengan MingMen (The gate of Breathing). Dikatakan Juga bahwa Mingmen adalah tempat penampungan dari JING dan SHEN.

Pembahasan tentang Mingmen tidak bisa dilepaskan dari konsep pembuahan pada masa pembentukan Janin (embryo). Keindahan TCM dalam hal penciptaan, khususnya bagi kita orang-orang yang beriman adalah bahwa TCM mengenal konsep San Cai Yaitu 3 komponen keharmonisan universal yang masing-masing terdiri dari Langit, Bumi dan Manusia (Heaven, Earth and Man). Ketiga konsep ini termanifestasi dalam 3 komponen pembentuk kehidupan manusia yaitu SHEN, JING dan Qi.

Dalam kitab Tao Te Ching , pasal 1 dikatakan bahwa :
Dao menciptakan Satu, Satu menciptakan Dua, Dua menciptakan Tiga Lalu Tiga menciptakan berjuta”.

Maksudnya disini adalah bahwa interaksi dari Langit, Bumi dan Manusia akan menghasilkan banyak hal dengan kata lain bahwa interaksi SHEN, JING dan Qi (energi) akan menghasilkan dinamika aktivitas kehidupan dalam tubuh manusia. Jadi dalam konsep pembentukan kehidupan dari janin, maka SHEN(spirit/Roh) yang berasal dari langit akan berinteraksi dengan JING ( benih kehidupan ) dan menghasilkan Qi (energi) (Yuan Qi)

Jadi kembali pada pembahasan Mingmen, seperti dikatakan dalam Nan Jing 66 bahwa Mingmen adalah tempat berkumpulnya SHEN dan JING (tempat berinteraksi) , maka pada saat seorang bayi lahir, terjadilah tarikan nafas yang pertama, dimana pintu pernafasan terhubung maka Yuan Qi (energi) mulai aktif.

Yuan Qi (energi) inilah yang menjadi Sumber aktivitas dari 12 meridian, 5 Zang dan 6 Fu, jadi dari pembahasan diatas bahwa Mingmen lebih superior dari pada Ginjal Yang (Kid Yang), Mingmen mengcover semua aktivitas YIN-YANG dalam tubuh manusia dan merupakan representasi dari Dao di dalam tubuh manusia. Titik Mingmen ( DU4 ) dalam titik akupunktur hanyalah merepresentasikan sebagian kecil dari keseluruhan konsep Mingmen dalam system tubuh kita.


Download Titik Akupunktur Meridian Shen Ginjal
File Type : PDF | Size : 1.4mb

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI