Ads 720 x 90

Titik Akupunktur Meridian Xin Jantung


Xin (Jantung) – Heart (Ht)

Elemen Api | Gembira | Selatan | Panas | Merah
Meridian Shao Yin Tangan Jantung

Istilah lain Titik Akupunktur Meridian Xin Jantung :

Ada beberapa istilah berbeda untuk nama MeridianJantung, diantaranya :
  • Shou ShaoYin Xin Jing 
  • Meridian Sao Yin Tangan, Jantung 
  • Heart Meridian (Ht) 
  • Meridian of Hand – Shaoyin 
Nama Jalur Meridian : Shaoyin Tangan Jantung
Fungsi : Penggerak (sumbu) organ YIN

Singkatan Standar Internasional : HT / Ht Titik Akupunktur Meridian Xin Jantung

Secara internasional, MeridianJantung biasa disingkat HT/ht (dari kata Heart). Di Indonesia ada yang menyingkat dengan huruf “J” dari kata Jantung.Di buku ini MeridianJantung disingkat HT (dua hururf besar). Misalnya ada tulisan HT 7, maka artinya MeridianJantung no. 7 yaitu Shenmen.
Jumlah Titik Acopoint : 9 pasang titik, kanan dan kiri
Pasangan Organ : Usus Kecil
Elemen : Api
Panca Indra : Lidah
Jaringan Tubuh : Pembuluh Darah
Perjalanan Hidup : Tumbuh
Emosi : Gembira
Cuaca : Panas
Musim : Panas
Arah angin : Selatan
Rasa : Pahit
Warna : Merah
Suara : Tawa
Sikap : Lihat
Jam Organ : 11.00-13.00
Titik Mu : Ren 14 (RN/CV 14 Ju Que / Kota Raja yang Agung)
Titik Shu : Kandung Kemih 15 (BL. 15 Xin Shu / Titik Shu Jantung)
Khasiat / khasiat : Penyakit-penyakit yang terkait dengan gangguan mental / emosi, syaraf dan kesedaran, mengatasi gangguan pembuluh darah, peredaran darah, Jantung dan dada.

Sindrom Meridian Jantung :

Menyebabkan kesulitan bicara, tenggorokan terasa kering, gelisah, nyeri Jantung, dada terasa penuh, rasa dingin merambat ke lengan, telapak tangan terasa panas dan nyeri.

Perjalanan Titik Akupunktur Meridian Xin Jantung 

  • Meridian muncul dari Jantung, menyebar ke sistem Jantung (bagian Jantung dan organ-organ lain yang berhubungan) 
  • Melintas ke bawah melalui diafragma (sekat yang membagi perut dan rongga dada, terletak di bawah Paru dan di atas Hati) untuk terhubung dengan Usus Kecil. 
  • Satu cabang keluar dari sistem Jantung, naik ke atas berjalan di sisi esofagus (saluran makanan yang membentang dari faring/rongga tenggrokan ke Lambung), melewati leher dan bibir, lalu berhubungan dengan sistem mata (bagian yang menghubungkan bola mata dan otak). 
  • Cabang yang lain keluar dari sistem Jantung, berjalan ke Paru-Paru, kemudian keluar dari ketiak (axilla), berjalan terus menelusuri lengan bagian bawah, sampai sisi pergelangan tangan dan meneruskan perjalanan sampai ke sisi radial ujung kelingking. 

Penyakit atau gejala abnormal pada Meridian Shaoyin Tangan Jantung

Penyakit atau gejala abnormal pada Meridian :

Suhu badan naik, nyeri kepala, nyeri mata, dada dan punggung terasa sakit, tenggorokan kering, haus, telapak tangan panas, dapat juga kaki dan tangan dingin sekali, sisi ulnar tangan terasa nyeri.

Penyakit atau gejala abnormal pada organ :

Nyeri daerah Jantung, dada terasa nyeri dan tertekan, nyeri daerah hipokondrium, gelisah, susah nafas, tidur tidak tenang, pada kasus berat penderita dapat jatuh dan tidak sadar secara mendadak atau timbul kelainan jiwa.

Keterangan Lain Tentang Jantung :

Pengobatan tradisional Cina, memandang Jantung mempunyai hubungan dengan mental dan kecerdasan (selain Limpa). Jantung dikatakan sebagai rumahnya atau tempat tinggalnya sen (semangat, cita-cita dan pikiran). Jadi pemilihan titik meridian Jantung bermanfaat untuk mengatasi gangguan mental, syaraf, emosi, pembuluh darah dan peredaran darah. Pegobatan Cina juga memandang bahwa selain tidak yang membentuk kecerdasan adalah Jantung tapi proses berpikir ada di Limpa. Kalau proses yang berjalan di Jantung atau Limpa baik maka kecerdasan juga akan membaik. Jadi jika ada masalah dengan kecerdasan, daya ingat, titik Jantung (terutama titik Jantung no.7) dan Limpa (terutama titik Limpa no. 2) bisa membantu. Selain itu Ginjal juga berhubungan dengan otak dan Ginjal juga berhubungan dengan Jantung. Kerena itu pemilihan titik Meridian Ginjal juga bermanfaat.

Fungsi Organ Jantung-Mengatur Xue (Darah)

Dalam hal ini fungsi Jantung adalah,
  • Mentransformasi Gu-Qi (energi makanan) dalam bentuk Xue
  • Bertanggung jawab atas sirkulasi darah. 
Jika organ Jantung kuat maka sirkulasi darah akan berlangsung dengan baik, serta sebaliknya. Lemah Jantung biasanya dimanifestasikan pada bentuk lidah yang tipis, panjang dan terdapat 'crack' di tengah.

Organ Jantung juga secara tidak langsung berpengaruh pada proses menstruasi. Walau Xue (darah) yang disimpan dalam uterus, namun organ Jantung mengatur pergerakan ke bawah Qi (energi) dan Xue (darah) sehingga menstruasi terjadi. Titik yang dapat mentonifikasi Xue-Jantung adalah CV-15 Jiuwei, HT-07 Shenmen dan BL-15 Xinshu.

Fungsi Organ Jantung-Mengendalikan Pembuluh Darah

Energi Jantung direfleksikan oleh pembuluh darah, dimana pembuluh darah bergantung kepada Qi (energi) dan Xue (darah) Jantung.Jika Qi-Jantung kuat, maka pembuluh darah akan termanifestasikan dengan baik dan denyut nadi akan penuh dan normal, demikian sebaliknya jika Qi-Jantung lemah. Pada orang dewasa yang memiliki denyut nadi yang kuat (mengarah ke arteriosclerosis) dapat menunjukan kondisi Xue-Jantung yang stasis.

Fungsi Organ Jantung-Termanifestasi pada Rona Wajah

Jantung mengatur Xue (darah) dan pembuluh darah serta mendistribusikan Xue (darah) ke seluruh tubuh. Maka itu Jantung dan Xue (darah) dapat termanifestasi pada rona wajah. Jika Xue (darah) meLimpah dan organ Jantung kuat maka rona wajah menampakan kemerahan dan cerah. Sebaliknya jika terjadi Xue-Xu, wajah akan tampak pucat (jika terjadi sindrom Yang-Jantung defisien, wajah akan akan cenderung berwarna putih) serta jika Jantung dalam kondisi panas, rona wajah akan nampak sangat merah.

Namun demikian warna pada wajah juga menunjukan ke arah organ lain seperti pipi berwarna merah dapat mengindikasikan Paru-Panas ataupun Panas organ Liver.

Fungsi Organ Jantung adalah Rumah dari Shen

TCM menjelaskan bahwa Jantung adalah rumah dari shen. Kata 'shen' sendiri menurut pengobatan Cina paling tidak memiliki 2 konteks.

Pertama, shen mengindikasikan sebagai kumpulan unsur mental yang kompleks yang 'bertempat-tinggal' di organ Jantung. Konteks ini mengarahkan Shen kepada 'pikiran (the mind)' dan berhubungan dengan organ Jantung.

Kedua, shen digunakan untuk menggambarkan kondisi mental dan spiritual dari manusia. Konteks ini menjelaskan bahwa shen tidak hanya berhubungan dengan organ Jantung, namun juga dengan organ lainnya dan merupakan satu dari '5 aspek spiritual' dimana keempat lainnya adalah Gan (Hati), Fei (Paru), Shen (Ginjal) dan Pi/Limpa.

Jika Jantung kuat dan Xue (darah) melimpah, maka aktivitas mental berjalan dengan normal, kesadaran jelas, ingatan baik, berfikir jelas dan tidur pun nyenyak. Sebaliknya jika Jantung lemah dan Xue (darah) defisien (Xue-Xu), maka akan menimbulkan permasalahan emosi, tidak bisa tidur ataupun somnolens. Maka itu dikatakan dalam Buku Su Wen (Simple Question),

"The heart is the root of life and the origin of mental life"
(Clinical Note : HT-07 Shenmen dan RN-15 Jiuwei merupakan titik Akupunktur yang dapat digunakan untuk menutrisi Xue-Jantung ketika seseorang terkena masalah emosional). 

Organ Jantung Berhubungan dengan Emosi Gembira

Dalam Buku Huang Ti Nei Jing Su Wen (terbit pertama kali kl tahun 100 SM) disebutkan,
"The heart ... control joy, joy injures heart"
Yang dimaksud dengan emosi gembira adalah emosi gembira yang berlebihan dan tiba-tiba bukan emosi gembira yang normal, karena emosi gembira yang normal melancarkan kerja wei-qi dan ying-qi serta secara umum merelaksasi qi.

Fei Bo Xiong (1800-1879 M) dalam Buku Meng He Si Jia Yi Ji (Medical Collection from Four Families from Meng He) mengatakan,
"Joy injures the heart ... [it causes] yang-qi to float and the blood vessel to become too open and dilated"
Beberapa manifestasi klinis akibat kegembiraan yang berlebihan adalah : Jantung berdebar, insomnia, merah pada ujung lidah dan sebagainya.

Organ Jantung Bermuara pada Lidah

Jantung mengatur warna dan bentuk lidah khususnya pada ujung lidah. Jantung juga mengatur rasa pada lidah. Jika organ Jatung normal, maka lidah akan memilki warna dan rasa yang normal pula.

Jika Jantung terserang patogen panas, maka lidah akan kering dan berwarna merah, ujung lidah akan berwarna lebih merah lagi serta lidah akan terasa pahit. Jika patogen panas semakin membara maka di lidah akan terdapat sariawan dan terasa sakit. Jika organ Jantung lemah serta Xue (darah) dalam kondisi xu, maka lidah akan terlihat pucat dan tipis.

Kondisi Jantung akan berpengaruh pula kepada kondisi bicara seseorang dan abnormalitas yang mungkin diderita seperti kondisi aphasia. Disamping merupakan bagian dari kesulitan berbicara, Jantung juga mempengaruhi proses tertawa. Disharmoni pada organ Jantung (baik dalam kondisi shi atau xu) dapat menyebabkan seseorang bicara tiada henti dan tertawa secara berlebihan.

Organ Jantung Mengendalikan Keringat

Keringat adalah bagian dari Jinye dan berasal dari tempat yang berada diantara kulit dan otot. Xue (darah) dan keringat saling berhubungan. Ketika Xue (darah) terlalu kental, cairan tubuh masuk ke dalam pembuluh darah dan mengencerkannya. Buku 'Classic of the Jade Letter of the Golden Shrine' menyebutkan,
"Body fluids enter the blood vessels and change into blood"
Karena salah satu fungsi utama organ-Jantung adalah mengatur Xue, maka Organ-Jantung juga berhubungan dengan keringat. Defisiensi pada Qi-Jantung atau Yang-Jantung akan menyebabkan tubuh berkeringat secara spontan (perhatikan juga jika Qi-Paru defisien dan sindrom lainnya dapat menyebabkan berkeringat spontan, maka itu perlu memperhatikan fenomena tubuh yang lain) dan jika Yin-Jantung defisien akan menyebabkan berkeringat pada malam hari sebaliknya iklim yang panas atau tinggal di ruang yang panas akan menyebabkan Yang-Jantung terluka.

Karena hubungan Xue (darah) dan keringat sangat kuat, maka pasien yang mengalami pendarahan jangan dibuat berkeringat (misalnya diberikan herba peluruh keringat) dan pasien yang berkeringat cukup banyak jangan diterapi dengan menggunakan teknik 'bleeding'. Dalam buku 'Ling Shu Jing' (Spiritual Axis, terbit pertama kali tahun 100 SM) disebutkan,
"Big bleeding, do not cause sweat, big sweat, do not cause bleeding"

Fungsi Organ Jatung - Hubungan Lain-lain

a) Berbau hangus.

Bau hangus menandakan disharmoni organ-Jantung terutama sindrom api Jantung. Namun demikian bau hangus ini sangat jarang ditemui pada praktek klinis.

b) Berwarna merah.

Warna rona wajah yang merah menandakan adanya proses patologis organ-Jantung dan biasanya adalah sindrom api-Jantung. Namun demikian patogen panas pada organ lain dapat pula menyebabkan rona wajah memerah.

c) Terasa pahit di lidah.

Rasa pahit di lidah dapat diakibatkan oleh sindrom pada organ Jantung. Rasa pahit yang berhubungan dengan sindrom api-Jantung biasanya disebabkan oleh meningkatnya faktor permasalahan emosi seperti : frustasi, kebencian, kecemburuan, rasa bersalah dan lainnya. Namun demikian rasa pahit juga dapat disebabkan oleh sindrom api-hati, perbedaannya rasa pahit di pagi hari akibat gangguan tidur di malam hari disebabkan oleh gangguan api-Jantung dan jika terjadi sepanjang hari biasanya disebabkan oleh api-hati.

d) Beriklim panas.

Panas mempengaruhi Jantung secara negatif. Patogen panas tidak menyerang Jantung secara langsung namun terlebih dahulu menyerang perikardium (selaput Jantung). Panas juga melukai Jantung melalui keringat, terlalu banyak berkeringat akan melemahkan Yang-Jantung.

e) "Its sound laughing".

Tertawa yang tidak 'normal' biasanya berhubungan dengan organ Jantung. Pada saat berbicara, seringkali seseorang yang mengalami disharmoni pada organ Jantung menyelingi pembicaraan dengan organ Jantung juga seseorang yang sangat gembira atau tertawa sangat keras dapat mengarah ke organ Jantung.

Organ Jantung dengan Tidur & Mimpi

Organ Jantung adalah rumah bagi shen, maka itu organ Jantung sangat berkorelasi dengan pola tidur. Shen bertempat tinggal di organ Jantung dan jika organ Jantung (terutama Xue-Jantung) kuat maka seseorang akan mudah tertidur dan sebaliknya jika Xue (darah) Jantung defisien maka shen tidak memiliki 'rumah' serta menyebabkan sulit tidur, mengalami gangguan tidur dan mengalami mimpi buruk.

Maka itu secara umum gangguan tidur berhubungan dengan disharmoni organ Jantung. Huang Ti Nei Jing Su Wen (Simple Question, 100 SM) menyebutkan,

"When the heart is weak, one dreams of fires, if the dream take place in summertime, one dreams of volcanic eruptions"

Download Titik Akupunktur Meridian Xin Jantung
File Type : PDF | Size : 1.0mb

Telah hadir Apk Acupoint Azdah Petunjuk Praktis Akupunktur dengan kelebihan :

  • 361 Titik Akupunktur
  • List daftar titik yang informatif
  • Mudah digunakan
  • Apk Offline
  • Fitur Pencari

Unduh Sekarang!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI