Titik Akupunktur Meridian Wei Lambung

Wei (Lambung) – Stomach (St)

Elemen Tanah | Peduli | Tengah | Lembab | Kuning atau Coklat
Meridian Yang Ming Kaki Lambung

Istilah Lain :

Ada beberapa istilah berbeda yang mungkin akan ditemukan untuk nama Meridian Lambung, diantaranya :
  • Zu Yang Ming Wei Jing 
  • Meridian Yang Ming Kaki Lambung 
  • Meidian Lambung atau Meridian Perut 
  • Stomach Meridian (St) 
  • Meridian of foot Yangming 
Nama Jalur Meridian : Yangming Kaki Lambung
Fungsi : Menahan dan fermentasi sari makanan

Singkatan Standar Internasional : ST / St Meridian Lambung

Secara Internasional Meridian Lambung biasa disingkat ST/St (dari kata Stomach). Di Indonesia ada yang menyingkat LB dari kata Lambung. Dibuku ini Meridian Lambung disingkat dengan ST (dua huruf besar), karena lebih familiar. Misalnya ada tulisan : ST 8 maka artinya adalah Meridian Lambung no. 8 yaitu Touwei / Teu Wei / To Wei.
Jumlah titik acupoint : 45 pasang titik, kanan kiri.
Pasangan Organ : Limpa
Elemen : Tanah
Panca Indra : Bibir
Jaringan Tubuh : Otot
Perjalanan Hidup : Dewasa
Emosi : Rindu
Cuaca : Lembab
Musim : Panas Panjang
Arah angin : Tengah
Rasa : Manis
Warna : Kuning / Coklat
Suara : Nyanyi
Sikap : Duduk
Jam Organ : 07.00-09.00
Titik MU : Ren 12 (Zhong Wang / Perut Bagian Tengah)
Titik Shu : BL 21 (Wei Shu / Titik Shu Lambung)
Khasiat / khasiat : Mengatasi gangguan perut, pencernaan dan Usus, mengatasi gangguan otot, gangguan muka, kepala, dahi, mulut dan gigi.

Sindrom Kelainan Meridian Lambung :

Menyebabkan Paralyse Facial (kelumpuhan muka), sakit pada leher, epitaxsis (mimisan), febris (demam), gangguan mental, sakit sepanjang Meridian.

Perjalanan Meridian Lambung

  • Dimulai dari sisi hidung (titik Yingxiang / Ying Siang – Li 20). 
  • Naik ke atas sampai ke pangkal hidung, kemudian naik lagi ke ujung mata terus turun melalui sudut bibir menyusuri rahang, sampai dengan telinga terus ke atas berakhir di sudut rambut dahi. 
  • Dari rahang keluar cabang turun ke leher, sampai ke tenggorokan, ke samping, ke tengah-tengah tulang selangka, terus turun melewati puting susu ke bawah. 
  • Sampai diafragma (sekat perut) berbelok ke dalam, turun menyusuri batas tiga jari dari tengah-tengah belahan perut, sampai di atas kemaluan. 
  • Setelah itu berbelok lagi ke samping luar pada turun menyusuri paha depan luar, lutut, tulang kering, punggung telapak kaki, berakhir di pangkal kuku jari kedua 

Penyakit atau gejala abnormal pada Meridian Yang Ming Kaki Lambung

Penyakit atau gejala abnormal pada Meridian :

Suhu badan tinggi sekali, muka merah sekali, banyak mengeluarkan keringat, delirium (kesadaran menurun agak ngaco), skizofrenia (sakit kejiwaan disorientasi waktu, tempat dan ruang) disertai takut dingin, nyeri mata, hidung kering, epistidaksis (pendarahan dari hidung), sariawan pada bibir, nyeri tenggorok, kelenjar gondok membengkak, bell’s palsy (kelainan syaraf pada wajah), dada terasa nyeri anggota badan bagian bawah nyeri dan inflamasi (peradangan) atau terasa dingin.

Penyakit atau gejala abnormal pada organ dalam :

Perut terasa kembung membengkak atau terdapat asites (cairan tidak normal pada rongga perut), gelisah, kelainan jiwa, makan banyak sekali dan cepat lapar, air seni berwarna coklat.

PENJELASAN LAIN TENTANG LAMBUNG

Fungsi Organ Lambung - Mengendalikan 'Penerimaan'

Makanan dan minuman masuk ke dalam mulut dan kemudian mencapai Lambung dengan melewati kerongkongan dan oesophagus. Lalu Lambung 'menerima' makanan dan minuman serta menyimpannya. 'Penerimaan' disini tidak berarti hanya mengindikasikan bahwa Lambung menerima makanan yang telah dicerna, namun juga berarti menahan makanan dan 'meneruskan'nya ke bawah. Karena Lambung menerima makanan dan minuman, maka Lambung dikatakan sebagai 'Lautan Makanan dan Minuman' sebagaimana yang disebutkan dalam Ling Shu Jing (Spiritual Axis, bab 60),
"Human beings receive Qi (energi) from food and food received by the stomach, hence the stomach is the sea of Qi (energi) and blood and of food and drink"
Berkenaan dengan fungsi 'penerimaan' maka Lambung berhubungan dengan nafsu makan. Nafsu makan yang baik mengindikasikan Lambung yang baik. Nafsu makan yang buruk maka fungsi 'penerimaan' Lambung pun lemah. Tidak ada nafsu makan makan, maka mengindikasikan fungsi 'penerimaan' Lambung yang sangat buruk. Sendawa, mual dan muntah juga mengindikasikan fungsi 'penerimaan' Lambung yang lemah

Fungsi Organ Lambung - Mengendalikan Proses Fermentasi Makanan

Organ Lambung mentransformasikan makanan dan minuman yang telah dicerna melalui suatu proses fermentasi yang disebut sebagai 'pembusukan dan pematangan'. Disebutkan dalam Nan Jing Jiao Shi (A Revised Explanation of the Classic of Difficulties, 1979),

"The middle burner is in the stomach ... and controls the rotting and ripening of food and drink"

Aktivitas yang dilakukan oleh organ Lambung ini menyiapkan tempat untuk organ Limpa untuk memisahkan dan mengekstraksi sari makanan dari makanan. Maka itu transformasi makanan yang dilakukan oleh Lambung, kemudian Limpa yang merubahnya menjadi Gu-Qi (energi makanan) menyebabkan organ Limpa dan Lambung disebut sebagai sumber Qi (energi) dan Xue (darah) di dalam tubuh. Su Wen (Simple Question, bab 19) menyebutkan,
"The 5 Yin organs all derive Qi (energi) from the stomach, and thus the stomach is the root of the 5 Yin organs"

Fungsi Organ Lambung - Mengendalikan Transportasi Sari Makanan

Lambung bersama dengan Limpa bertanggung jawab atas transportasi sari makanan ke seluruh tubuh terutama ke seluruh alat gerak. Dari sudut pandang ini, fungsi Limpa dan Lambung tidak terpisahkan.

Jika Lambung kuat dan memiliki cukup Qi (energi) untuk mengekstrak dan membawa sari makanan ke seluruh tubuh maka orang tersebut akan merasa kuat dan penuh energi.

Sebaliknya, jika Lambung defisien maka orang tersebut akan sering merasa lelah dan otot tubuhnya akan lemah. Defisiensi Limpa dan Lambung sering dijumpai pada kegiatan klinis.

Fungsi Organ Lambung - Mengendalikan Gerak Turun Qi

Lambung mengirimkan hasil ekstraksi makanan ke Usus Kecil, organ yang terletak di bawahnya. Maka itu Qi-Lambung yang sehat arah pergerakannya adalah ke bawah atau turun.

Jika Qi-Lambung bergerak turun maka proses pencernaan akan berlangsung dengan baik, namun demikian jika Qi-Lambung gagal bergerak turun maka akan terjadi stagnasi makanan di Lambung yang menyebabkan gejala perut terasa penuh. distensi (zhang atau sebah), rasa asam, sendawa, cegukan, mual dan muntah.

Organ Liver membantu gerak turun Qi-Lambung pada kondisi normal, artinya Qi-Liver berkontribusi terhadap gerak turun Qi-Lambung serta membantu proses pencernaan. Jika Qi-Liver mengalami stagnasi pada Jiao tengah maka akan berpengaruh terhadap gerak turunnya Qi-Lambung sehingga dapat menyebabkan sendawa, cegukan, mual dan muntah.

Fungsi Organ Lambung - Sumber Cairan

Untuk mencerna makanan, maka Lambung membutuhkan cairan dalam jumlah yang cukup banyak dan sebagaimana diketahui cairan tubuh di dalam tubuh diperoleh dari makanan dan minuman serta masuk ke dalam tubuh melalui Lambung.

Maka itu dikatakan bahwa Lambung menyukai kelembaban dan tidak menyukai kering. Hal ini berkebalikan dengan Limpa yang menyukai kering dan hangat.

Jika cairan di dalam Lambung berlimpah, pencernaan akan baik dan cita rasa akan normal. Sebaliknya, jika cairan di dalam Lambung defisien, maka seseorang akan merasa haus, lidah terasa kering dan muncul tanda 'crack' serta pencernaan akan kurang baik. Salah satu alasan defisiensi cairan di Lambung adalah makan malam yang terlalu malam.

Fungsi Lambung sebagai sumber cairan sangat berhubungan erat dengan Ginjal. Organ-Ginjal sering kali disebut sebagai 'Gerbangnya Lambung'. Jika fungsi Ginjal bermasalah, cairan akan terstagnasi pada Jiao bawah dan kemudian mengalir deras menuju Lambung, dimana hal ini akan menganggu proses pencernaan. Juga sebaliknya defisiensi Lambung dalam jangka waktu lama akan mengakibatkan defisiensi Yin-Ginjal.

Fungsi Organ Lambung – Hubungannya dengan Limpa

Dalam Wuxing organ Lambung dan Limpa merupakan bagian dari elemen bumi, dimana Lambung merupakan unsur Yang dan Limpa merupakan unsur Yin. Hubungan keduanya pun sangatlah dekat, sehingga sering kali kedua organ tersebut dianggap merupakan satu sistem organ yang sama.

Pada kenyataannya, fungsi Lambung dalam mencerna makanan berhubungan erat dengan fungsi Limpa dalam proses transportasi dan transformasi sari makanan serta fungsi Limpa dalam proses transportasi gu-qi (energi makanan) berkaitan dengan kondisi dari Qi-Lambung. Sebaliknya Lambung sebagai sumber dari cairan bergantung dari fungsi Limpa mentranformasi dan menseparasi cairan tubuh.

Jika Lambung terlalu kering, Qi-Lambung tidak dapat bergerak turun, sehingga makanan tidak dapat menuju ke Usus Kecil, dan jika Limpa terlalu lembab Qi-Limpa tidak dapat bergerak naik serta cairan dan makan tidak dapat ditransformasikan. Lambung cenderung terkena sindrom ekses dan Limpa cenderung terkena sindrom defisien.

Download Titik Akupunktur Meridian Wei Lambung
File Type : PDF | Size : 1.5mb

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI