Ads 720 x 90

Titik Akupunktur Meridian Fei Paru-paru


Fei (Paru-Paru) – Lung (LU)

Elemen Logam | Sedih | Barat | Kering | Putih
Meridian Taiyin Tangan Paru

Istilah Lain Meridian Paru-Paru :

Ada beberapa istilah berbeda yang mungkin anda temukan untuk nama Meridian Paru-Paru diantaranya :
  • Shou Tai Yin Jing
  • Meridian Thay Yin Tangan Paru-Paru 
  • Meridian Paru-Paru dari tangan Taiyin 
  • Lung Meridian (LU) 
  • Meridian Of Hand Taiyin 
Nama Jalur Meridian : Taiyin Tangan Paru

Fungsi : Menghasilkan aspek nutrisi dan proteksi

Singkatan Standar Internasional : LU

Secara internasional, Meridian Paru-Paru biasa disingkat LU/Lu (dari kata Lung). Di Indonesia ada yang menyingkat dengan singkatan PR/Pr dari kata Paru-Paru.
Jumlah titik acupoint : 11 pasang titik, kanan kiri.
Pasangan Organ : Usus Besar
Elemen : Logam
Panca Indra : Hidung
Jaringan Tubuh : Kulit, bulu
Perjalanan Hidup : Tua
Emosi : Sedih
Cuaca : Kering
Musim : Gugur
Arah angin : Barat
Rasa : Pedas
Warna : Putih
Suara : Tangis
Sikap : Baring
Jam Organ : 03.00-05.00
Titik MU : Lu 1 (Zhong Fu / Gedung Tengah)
Titik Shu : BL 13 (FeiShu / Titik Shu Paru-Paru)
Khasiat / khasiat : Penyakit-penyakit yang terkait dengan Paru-Paru, tenggorokan dan dada.

Sindrom Kelainan Meridian Paru-Paru :

Akan menyebabkan dada terasa penuh sesak, sesak nafas, batuk-batuk, gangguan keringat, nyeri daerah Supraklavikuler (sekitar tulang selangka), daerah bahu, lengan atas dan nyeri sepanjang aliran meredianya.

Perjalanan Meridian Paru-paru

  • Meridian Paru-Paru dimulai dari daerah Lambung. 
  • Berjalan ke bawah berhubungan dengan Usus Besar. 
  • Lalu kembali ke atas, kembali ke Lambung, menembus Diagfragma (sekat perut) dan masuk ke Paru-Paru. 
  • Naik ke tenggorokan lalu turun ke bagian dada atas dan keluar dari titik Zhongfu 
  • Kemudian menuju lengan, menyusuri bagian dalam tangan sebelah atas dan berakhir di ujung ibu jari 

Cabang Meridian Paru-paru

Dari lengan bagian belakang (posterior radialis) tepatnya pada pergelangan tangan (titik LU 7 Lieque/Lie Cie) keluar satu cabang, langsung turun ke sisi lengan menuju ujung telunjuk, bertemu dengan titik Shangyang/Sang Yang yang merupakan titik ke 1 dari Meridian Usus Besar (Li 1)

Penyakit atau gejala abnormal pada Meridian Thay Yin Tangan Paru-Paru.

Penyakit atau gejala abnormal pada Meridian :
Demam, tidak berkeringat atau berkeringat, pilek, nyeri kepala, nyeri pada daerah dada bagian atas atau seluruh dada, nyeri punggung bagian atas, anggota badan bagian atas terasa nyeri dan dingin.

Penyakit atau gejala abnormal pada organ dalam :
Batuk, bahkan batuk mengeluarkan dahak, asthma, nafas pendek, dada terasa penuh dan sesak, mengeluarkan banyak dahak, tenggorokan kering, warna air seni tidak normal, gelisah, telapak tangan terasa panas, kadang-kadang perut Teresa kembung, diare atau kotoran tidak berbentuk.

Fungsi Fei / Paru-Paru :

1. Bernafas dan menguasai qi (energi) seluruh tubuh

Fei menghirup udara bersih yang mengandung oksigen, yang kemudian disusul dengan mengeluarkan udara kotor, sehingga fei merupakan organ penting dalam pertukaran udara, dalam fungsinya menguasai Qi (energi) seluruh tubuh, terdapat dua aspek. Aspek pertama menghirup Qi (energi) bersih dari alam semesta sedangkan aspek kedua ialah menerima Kuqi (dibaca kuchi) dari makanan dan minuman yang ditransportasikan oleh Wei (Lambung) dan Pi/Limpa.

2. Menguasai Xuan Fa (dibaca sienfa) dan Sujiang (dibaca suciang)

Xuanfa berarti menyebarkan dan membagikan. Fei/ Paru-Paru mendorong dan menyebarkan Jinye, sehingga seluruh bagian tubuh yang meliputi lima Zang, enam Fu, otot, kulit dan lainnya mendapatkan nutrisi dan Jingqi(cingchi)

Sujiang berarti membersihkan dan menurunkan. Karena Fei/ Paru-Paru berada di posisi paling atas pada rongga dada, makan Qi (energi) dari Fei/ Paru-Paruharus turun ke bawah agar Qi (energi) dan Jinyedapat menyebar dengan baik. Selain itu Qi (energi) dari Fei / Paru-Paru juga dapat membersihkan Qi (energi) dan Jinyeyang kotor. Fungsi Xuanfa dan fungsi Sujiang selain saling membatasi juga saling menunjang, Xuanfa menyebarluaskan, sedangkan Sujiang mengumpulkan.

Fungsi fisiologi apabila Fei/ Paru-Paru dapat Xuanfa dan Sujiang sebagai berikut:
  • Qi dapat masuk dan keluar dengan lancar, nafas teratur, sehingga pertukaran udara dapat dilakukan dengan baik. 
  • Seluruh bagian tubuh mendapatkan nutrisi dari qi, Xue, jinye dan terhindar dari serangan berbagai macam patogen, antara lain patogen lembab dan udara yang tercemar. 
  • Qi dapat berfungsi dengan baik, hingga tidak terjadi pemborosan qi, hal tersebut mnyebabkan tubuh mempunyai Qi (energi) yang cukup dan terhindar dari sindroma qixu (chi tidak cukup). 
  • Kebersihan Qi (energi) didalam tubuh dapat terpelihara. 

Jika Fei Tidak Dapat Menjalankan Fungsi Xuanfa

Jika terdapat patogen yang menyerang Fei/Paru-Paru sehingga mengakibatkan Qi (energi) tertimbun didalam dada, maka timbullah gejala dada terasa penuh, hidung tersumbat, batuk, sesak, banyak dahak. Akibat dari tertimbunnya Feiqi (energi Paru) di dalam dada adalah kulit dan bulu roma tidak mendapatkan nutrisi, maka orang tersebut mudah terserang patogen luar.

Jika Fei Tidak Dapat Menjalankan Fungsi Sujiang

Jika terdapat patogen luar menyerang Fei/ Paru-Paru, hingga menyebabkan Feiqi tidak dapat turun ke bawah, maka akan timbul gejala sesak nafas, di samping itu karena Fei/ Paru-Paru mempunyai hubungan Biao dan Li dengan Usus Besar, maka apabila terdapat kelainan pada fungsi Sujiang dari Fei/ Paru-Paru, maka hal tersebut dapat mengganggu kelancaran pergerakan Usus Besar, hingga menyebabkan gejala konstipasi

3. Mengatur dan Menyalurkan Jinye

Fei turut serta dalam pengaturan dan penyaluran jinye. Pengaturan dan metabolisme jinye diperlukan kerja sama antara organ-organ Fei(Paru), Pi(Limpa), Shen(Ginjal), Pangguang (Kandung Kemih) dan Sanjiao(Tripemanas). Melalui fungsi xuanfa dan sujiang, jinye dapat disalurkan ke seluruh tubuh dan limbahnya dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk keringat dan air seni. Apabila Fei tidak dapat menjalan fungsi xuanfa dan sujiang, maka jinye dapat berubah menjadi patogen dahak dan timbullah gejala nafas pendek, batuk, sesak, air seni berkurang, odem dll

4. Menguasai Kulit dan Bulu Roma

Kulit dan bulu roma serta kelenjar keringat merupakan bagian Biao / permukaan dari tubuh. Semua jaringan tersebut berfungsi melindungi tubuh dari serangan patogen luar, mengekskresi keringat serta memlihara kelembaban kulit. Fungsi dari bagian biao tubuh itu dikuasai weiqi / pertahanan. Feiqi mengadakan xuanfa, menyebarkan qi, Xue (darah) dan jinye untuk digunakan Weiqi / daya tahan. Karena itu apabila feiqi cukup, maka weiqi / daya tahan juga kuat dan daya tahan pun berada dalam keadaan prima.

5. Berhubungan dengan dunia luar melalui hidung dan menguasai suara


Download Titik Akupunktur Meridian Fei Paru-Paru
File Type : PDF | Size : 1.1mb

Telah hadir Apk Acupoint Azdah Petunjuk Praktis Akupunktur dengan kelebihan :

  • 361 Titik Akupunktur
  • List daftar titik yang informatif
  • Mudah digunakan
  • Apk Offline
  • Fitur Pencari

Unduh Sekarang!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI