Ads 720 x 90

4 Keunikan Sifat dan Hubungan Yin Yang

Teori Yin-Yang dengan dua sifat polaritas itu mendeskripsikan sifat segala hal dengan hubungan timbal-baliknya. Teori Yin-Yang mencoba menjelaskan timbulnya fenomena di alam beserta perubahannya secara dinamis.

1. Yin-Yang saling beroposisi dan mengekang ﹝陰陽互相對立並 互相制約﹞

Segala hal memiliki dua aspek yang saling beroposisi – yaitu Yin dan Yang. Kedua aspek itu saling menghambat, saling mengekang dalam keseimbangan dinamis, misalnya, panas dapat mengusir dingin, dingin dapat menurunkan panas. Jika tidak memiliki panas yang memadai, tubuh akan menjadi sangat dingin. Pada tubuh kita, fungsi perangsangan yang dan penghambatan yin saling mengekang secara seimbang dinamis. Jika keseimbangan itu hilang, salah satu pihak akan hiperaktif dan timbullah masalah kesehatan.

2. Yin-yang saling menghasilkan dan saling memanfaatkan ﹝陰陽 互為根據及互相為用﹞

Yin dan Yang tidak dapat berada sendiri, dan tidak dapat terlepas dari hubungan dengan yang lain. Satu pihak memerlukan dan mengandalkan pihak lain untuk dapat eksis secara relatif. Itulah hubungan saling menghasilkan. Jika kita tak tahu tentang dingin (Yin), maka tidak dapat tahu tentang panas (Yang). Jika tak mengerti rendah (Yin), juga tak akan mengerti tinggi (Yang). Satu dibandingkan dengan yang lain barulah dapat diketahui keberadaannya, dengan kata lain yang satu “menghasilkan” yang lainnya. Jadi, disebutkan saling memanfaatkan. Menurut teori yin-yang, tubuh kita sebagai satu kesatuan berkaitan erat dengan fungsi dari setiap bagian tubuh. Di satu pihak aktivitas tubuh (Yang) dipelihara oleh materi tubuh (Yin). Di pihak lain, wujud materi tubuh (Yin) menghasilkan aktivitas tubuh (Yang). Itulah hubungan saling menghasilkan dan memanfaatkan untuk mencapai kondisi keseimbangan atau balans yang sehat.

3. Yin-yang hilang-timbul secara imbang ﹝陰陽消長平衡﹞

Keseimbangan Yin-Yang tidak statis tetapi berubah dalam rentang dan batasan tertentu. Pada saat tertentu Yin “tumbuh” danYang “susut”; di saat lain, Yang “tumbuh” dan Yin “susut”. Hal ini jelas pada peralihan 4 musim, yaitu dari musim dingin ke musim semi, musim semi ke musim panas, dingin (Yin) berkurang atau susut, dan Yang (panas) bertambah atau tumbuh, dan hal sebaliknya dari musim panas ke musim gugur, dan musim gugur ke musim dingin. Namun, secara makro keseimbangan Yang (panas) dan Yin (dingin) tetap sama.

4. Yin-yang saling bertransformasi (陰陽相互轉化)

Pada saat Yin atau Yang bergerak ke arah ekstrem, akan berubah arah dan bertransformasi menjadi sifat pihak lainnya. Kondisi “hal ekstrem pasti berbalik” hanya terjadi pada situasi sangat ekstrem. Misalnya, saat musim panas mencapai puncaknya maka cuaca tidak akan bertambah panas lagi melainkan berbalik menjadi makin sejuk. Demikian pula apabila musim dingin mencapai puncaknya, akan berbalik menjadi makin hangat. Ini merupakan awal dari energi transformasi. Pertukaran antara eksitasi (perangsangan) dan inhibisi (penghambatan) pada faal tubuh kita juga mencerminkan transformasi ini.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dapatkan pulsa gratis All Operator di androidmu
hanya dengan klik tombol dibawah ini

Telah hadir Apk Acupoint Azdah Petunjuk Praktis Akupunktur dengan kelebihan :

  • 361 Titik Akupunktur
  • List daftar titik yang informatif
  • Mudah digunakan
  • Apk Offline
  • Fitur Pencari

Unduh Sekarang!!!
Lebih baru Terlama

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI